ARTICLE

May 29, 2019

Visual Yang Outstanding Meningkatkan Interaksi Target Audience

Di zaman pesatnya informasi, sosial media memiliki peran penting terhadap kesuksesan strategi marketing. Hal ini karena berdasarkan data tahun 2017 ada 2,8 miliar pengguna sosial media aktif di seluruh dunia. Sosial media memberikan kesempatan bagi brand untuk berinteraksi kepada audiens serta membangun koneksi yang sangat luas.

Salah satu poin penting ketika menjalin hubungan dengan audiens melalui sosial media adalah pembuatan konten yang tepat dan menarik. Bagaimana konten tersebut disajikan akan mempengaruhi bagaimana informasi tersebut bisa diterima bagi orang banyak.

Menurut Brainrules.net, orang hanya mampu mengingat 10% dari informasi yang ditangkap setelah tiga hari. Sementara orang yang membaca informasi yang disertai dengan gambar akan mengingat 65% dari keseluruhan informasi tersebut.

Desain grafis serta konten visual memegang peran yang sangat penting. Tidak hanya membuat orang lebih mudah mengingat informasi yang diberikan, namun juga memicu timbulnya interaksi dengan audience.

Dengan begitu, desain grafis untuk keperluan kampanye sosial media harus memiliki tiga hal berikut agar lebih mudah untuk dicerna dan menarik perhatian audience.

  • Mengandung Karakter dan Aturan Desain Perusahaan

Desain grafis adalah seni, butuh fleksibilitas serta ide yang out of the box untuk membuat desain yang outstanding. Namun di saat yang sama, aturan dasar agar konten visual yang dihasilkan mampu mengantarkan key message yang tepat kepada audience juga perlu diterapkan.

Aturan dasar tersebut meliputi:

– Warna, konsisten menggunakan warna yang menjadi ciri khas brand.

– Logo, menyertakan logo ke dalam desain akan membantu meningkatkan brand awareness.

– Konsistensi, menggunakan elemen secara konsisten menjadi salah satu cara yang tepat untuk membangun ciri khas desain.

Tidak ada acuan mutlak dalam memilih aturan dasar di atas. Berbagai warna yang dipilih, ukuran dan bentuk logo, serta konsistensi elemen yang dimunculkan bisa dipilih sesuka hati oleh setiap brand. Meski begitu ada hal yang harus diketahui untuk memaksimalkan ketiga poin di atas:.

  • Pemilihan Warna

Saat memilih warna, yang harus diperhitungkan adalah KONTRAS, seperti tulisan terang berada di depan background gelap. Hal Ini untuk memastikan bahwa pesan bisa tersampaikan dengan jelas.

Sebagai contoh: background penuh dengan warna menjadikan kita kesulitan untuk bisa memilih warna huruf. Solusinya, background bisa dibuat blur dan pilihan warna tulisan harus tajam dan kontras.

Pemilihan warna juga harus mencerminkan persepsi brand. Percaya atau tidak, warna yang dipilih bisa memberikan perbedaan besar terhadap kepribadian yang ingin ditonjolkan.

  • Penyertaan Logo

Memasukkan logo ke dalam desain adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness. Selain penempatan, ukuran logo juga patut diperhitungkan agar tidak mengganggu komposisi desain secara keseluruhan.

  • Konsistensi Elemen Desain

Apabila ingin menjalankan kampanye di sosial media untuk membangun brand awareness, maka konsistensi desain adalah sebuah keharusan. Penggunaan elemen yang konsisten untuk beberapa poin di bawah ini bisa menunjukkan konsistensi desain di media sosial.

– Jenis huruf/font

– Warna

– Pilihan gaya ilustrasi

– Penempatan logo

– Penempatan alamat website dan identitas sosial media

  • Gaya Desain Sesuai Dengan Target Audience

Cara untuk membuat desain yang tepat untuk social media campaign adalah dengan mengenali target audience.

Sosial media adalah platform untuk saling berkomunikasi. Apabila ingin menciptakan desain yang outstanding maka penggunaan bahasa dan materi yang disertakan harus tepat sasaran, terutama jika audience yang dituju adalah generasi Z atau millennials.

Daripada menggunakan metode hard selling, metode pendekatan sebagai ‘teman’ dengan bahasa lebih casual serta dengan desain yang fun akan jauh lebih efektif. Sementara jika campaign ditujukan untuk bisnis atau B2B, desain harus lebih formal dan informatif.

  • Format Desain Sesuai Dengan Platform Social Media

Setiap platform sosial media memiliki karakteristik dan aturan masing-masing. Maka membutuhkan pendekatan berbeda dan satu format desain aja tidaklah cukup untuk bisa tampil maksimal di semua platform.

Insight berikut ini bisa dijadikan acuan format desain konten visual di beberapa platform media sosial saat ini.

– Facebook & Twitter

Sebagian besar orang menggunakan Facebook sebagai tempat melihat konten informatif yang menarik dan menghibur. Dengan begitu, tipe desain serta konten yang cocok digunakan di platform ini adalah informal, ringan, dan lucu. Sementara para pengguna Twitter adalah mereka yang mencari informasi atau berita. Namun tipe konten pada Facebook dapat juga digunakan di Twitter.

– LinkedIn

Sebagai platform bagi para profesional, campaign di Linkedin membutuhkan bahasa dan pendekatan yang formal. Sebaiknya Anda menyertakan logo pada konten serta beberapa informasi perusahaan penting lain. Hal ini dikarenakan audiens B2B lebih peduli kepada pesan yang ingin disampaikan daripada tampilan visual yang terlalu mencolok.

– Pinterest dan Instagram

Sebagai platform kreatif, konten visual pada Pinterest tentu mempunyai standar yang lebih tinggi dibandingkan platform sosial media yang lain.

Konten infografis merupakan pilihan terbaik untuk berkampanye di Pinterest, sebagaimana juga konten visual berisi tutorial. Para blogger yang biasanya menggunakan Pinterest sebagai sarana promosi menggunakan desain konten vertikal dengan font menarik dan beberapa elemen yang atraktif.

Aturan yang sama juga berlaku di Instagram sebagai platform yang mengandalkan visual. Perbedaan hanya terletak pada layout, Pinterest memiliki layout vertikal dan Instagram square dengan rasio 1:1. Tone warna pada row/grid Instagram juga bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk menarik audience.

Desain visual serta kandungan konten pada sosial media menentukan reputasi serta image akan sebuah brand. Seberapa menarik konten pada sosial media bisa menjadi penunjang keberhasilan proses social media campaign untuk brand Anda. Tim  IDEOWORKS juga selalu teliti terhadap konsep desain serta elemen konten yang merupakan bagian dari social media campaign dapat menjadikan bisnis Anda lebih berharga di mata konsumen. IDEOWORKS siap menjadi partner untuk campaign bisnis Anda di sosial media.