Search engine apa yang terlintas di kepala Anda jika ingin menonton video? Kami menjamin YouTube!

Anda bisa mengakses jutaan video di sana. Apa yang Anda mau? Streaming video klip artis favorit? Mencari tutorial untuk kehidupan sehari-hari? Mengintip trailers film baru? Atau justru ingin tau kehidupan seleb lewat Vlog?

Dengan banyaknya konten video di YouTube, maka jangan heran jika Indonesia didaulat sebagai salah satu negara pengakses terbesar se-Asia Pasifik. Data tersebut diungkapkan Head of Marketing Google Indonesia 2015 silam, dimana Indonesia mengalami kenaikan 130 persen dalam jumlah waktu untuk menonton YouTube.

Data tersebut ternyata hanya untuk pentonton YouTube menggunakan komputer. Jika ditambahkan dengan pengakses YouTube yang menggunakan perangkat smartphone, jumlahnya bertambah hingga 250 persen atau 2,5 kali lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Semakin baiknya kualitas internet di Indonesia—ditambah dengan mudahnya orang mendapatkan smartphone saat ini, membuat masyarakat Indonesia duduk tenang menonton YouTube. Sekitar 23 persen mereka yang akses YouTube dari smartphone menghabiskan waktu sekitar 30 menit, sedangkan 43 pesen selama 15 menit. Jangan lupa juga dengan konten yang semakin baik. Statistik YouTube menyebutkan terjadi peningkatan 600 persen dalam jumlah video yang diunggah oleh masyarakat Indonesia.

Lalu apa yang bisa Anda tarik dari data tersebut? YouTube menjadi strategi yang kuat dalam mengiklankan bisnis Anda—termasuk menaikkan traffic website. Jika dengan strategi yang tepat, ada potensi luar biasa dari YouTube.

  • Konten Anda akan ditemukan dari YouTube itu sendiri. Terbayang berapa banyak orang yang melihat? Bahkan jika dihitung secara dunia, YouTube memiliki miliar pengguna.
  • Konten Anda berpotensi keindeks di halaman search engine Google, blog, dan dibagikan di seluruh platform jejaring sosial.

Untuk mencapai audiens yang potensial, video yang ada harus mampu menarik penonton ke website Anda. Ingatlah bahwa sebenarnya Anda tidak membutuhkan jutaan penonton. Anda hanya butuh visitor yang memang relevan dengan bisnis Anda. Video yang ada harus bisa menciptakan sebuah hubungan kedekatan—baik secara emosional, pengalaman, atau kebutuhan, sehingga penonton mengambil tindakan dengan bisnis Anda.

Bagaimana Anda Membuat Call to Action?

Setiap video harus menginfokan apa yang harus mereka lakukan (seperti “Kunjungi Website Kami”), bagaimana melakukannya (seperti “klik link di bawah ini”), dan kenapa harus mereka lakukan—tentunya dengan judul yang membuat penonton mau mengunjungi website Anda (seperti “Dapatkan cara bisnis dengan budget minim!”).

Intinya adalah semakin menarik tawaran Anda, maka akan ada banyak konversi (yang didapat dari penonton YouTube) ke website Anda. Selain video menarik, tawaran konsultasi, aplikasi gratis bisa membuat orang mengambil tindakan.

Setelah Anda tahu bagaimana membuat call to action yang baik, pelajari kembali tiga hal di bawah ini.

Strategi 1 dalam Mendapatkan Traffic: Katakan Apa yang Harus Mereka Lakukan

Secara khusus berkomunikasilah dengan cara yang menarik dan katakan ke penonton bagaimana cara untuk berkunjung ke website Anda, sekaligus berikan manfaatnya di setiap video yang Anda buat. Dengan adanya manfaat yang tentunya berhubungan dengan mereka, mereka akan terdorong untuk mengambil tindakan dengan Anda.

Strategi 2 dalam Mendapatkan Traffic: Deskripsi Box

Aktifkan kotak deskripsi video Anda lalu tambahkan 6-7 kata call to action di awal disertai dengan URL situs web Anda. Jangan lupa tambahkan juga satu atau dua paragraf yang menggambarkan konten video tersebut.

Strategi 3 dalam Mendapatkan Traffic: Call to Action Overlay

YouTube Ads menjadi strategi untuk menaikkan traffic website Anda. Call to Action Overlay adalah iklan banner sederhana yang berada di sepertiga bagian bawah video Anda. Anda sebenarnya memiliki kontrol penuh salinan, gambar thumbnail, dan tujuan apa yang ingin Anda kirim ke penonton. Iklan akan segera muncul setelah video dimainkan dan dapat ditutup oleh pengguna.

Jadi, pastikan jika Anda menambah ketiga strategi di atas pada setiap video Anda.

Image Credit : pexels.com

IDEOWORKS.id

Ideoworks.id yang juga mengikuti diskusi bisnis Roadmap Ecommerce Indonesia, selaku Mitra Premium Google AdWords untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pun ambil bagian dalam usaha percepatan perekonomian Indonesia dengan turut andil membantu perkembangan kemajuan UKM melalui produk-produk pemasaran online yang efektif.

Follow on     

Beriklan Dengan Kami