Masih berpikir jika marketing secara konvensional atau offline akan berjalan maksimal di era digital saat ini? Dimana saat ini pengguna internet semakin melambung seiring dengan akses internet di Indonesia yang semakin baik.

Setelah mengenal Google sebagai search engine yang paling populer, Google memiliki program PPC Advertising atau Google AdWords. Sekitar 96% dari 88.1 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai search engine. Semenjak itu, iklan Google ini banyak digunakan untuk banyak pebisnis dalam strategi iklanannya. Jika website muncul di halaman pertama Google, tentunya akan membentuk branding yang baik, termasuk menaikkan penjualan.

Fakta ini membuat banyak brand mulai melirik Google AdWords sebagai strategi periklanannya agar mudah ditemukan oleh audiens. Maka tidak heran jika banyak jasa Google AdWords Indonesia yang membantu banyak pebisnis dalam meningkatkan usahanya.

Secara garis besar, AdWords bekerja dengan tiga langkah.

  • Seseorang menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari sebuah produk di search engine Google.
  • Jika keywords yang sudah Anda pilih match, maka iklan AdWords yang Anda gunakan akan muncul di halaman pertama Google.
  • Saat orang mengeklik iklan Anda, mereka akan masuk ke website untuk melakukan pembelian atau mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda (yang tentunya akan menjadi peluang besar di kemudian hari).

Terlepas dari caranya yang mudah, terdapat beberapa alasan mengapa bisnis Anda sebaiknya menggunakan iklan Google AdWords mulai sekarang!

Cost effective

Salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakan AdWords adalah biaya yang lebih efektif. Google AdWords memiliki beberapa sistem pembayaran, sekaligus disesuaikan dengan budget yang tersedia.

  • Pay per Click

Anda hanya perlu membayar saat iklan diklik oleh user di internet.

  • Pay per Million Immpression

Anda harus membayar setiap seribu iklan yang tampil di website yang tergabung dalam Google Display Network.

  • Pay per Conversion

Dengan budget yang sangat terbatas, Anda bahkan bisa mengalokasikan melalui Google AdWords dengan sistem pay per conversion atau biaya per konversi. Dalam artian, Anda hanya akan perlu membayar apabila goal iklan terpenuhi, seperti pendaftaran, pembelian, atau yang lainnya.

Highly targeted

Anda sebenarnya tidak membutuhkan banyak orang yang melihat iklan Anda. Anda hanya butuh user internet atau orang-orang yang relevan dan mencari produk yang Anda jual.

Dengan budget yang dikeluarkan melalui AdWords, Anda bisa menemukan calon pelanggan yang tepat. AdWords menjangkau konsumen sesuai dengan demografi, minat, dan lokasi yang relevan dengan kata kunci yang biasa mereka gunakan. Jadi, iklan hanya tampil ke audiens yang sedang mencari produk Anda.

Show up at the perfect time

Salah satu keuntungan AdWords lainnya Anda bisa mengatur jadwal tayang iklan. Pagi, siang, sore, atau malam hari, pilih menyesuaikan waktu produktif target mengakses internet. Memilih waktu yang tepat, artinya Anda meningkatkan peluang situs terlihat oleh target.

Faster than SEO

Dibandingkan dengan Search Engine Optimization (SEO) membutuhkan proses yang panjang agar website bisa masuk di halaman pertama, Google AdWords bekerja lebih cepat. Iklan bisa langsung muncul di halaman 1 dalam hitungan menit selama Anda menggunakan Google AdWords.

Works in 2 Platform

Anda sudah mengetahui keunggulan dari AdWords, lalu bingung bagaimana memilih jenis AdWords yang sesuai dengan bisnis Anda? Secara garis besar, AdWords memiliki 2 platform dalam beriklan, yakni Google Search dan Google Display Network. Mari, kenali satu per satu.

  • Google Search Network

Lewat Google Search Network, iklan Anda akan muncul di halaman pertama search engine, seperti Google, Google Maps, Google partner search, dan lainnya. Berada di bagian atas, samping kanan, atau bawah. Penempatan lokasi dilihat dari quality score yang dinilai dari relevannya iklan, keywords, dan landing page.

  • Google Display Network

Anda pasti pernah menemukan iklan banner/pop up di sebuah website dengan keterangan “ads by Google”. Google Display Network bekerja dengan memunculkan iklan di banyak situs atau 80% website di seluruh dunia yang telah bekerja sama dengan Google. Iklan Google Display Network berupa teks, gambar, video interaktif yang bisa diakses di semua gadget. Hal ini memberi peluang iklan Anda dilihat lebih luas.

Kesimpulannya, Google AdWords bekerja untuk seluruh bisnis, khususnya Anda yang menginginkan iklan muncul di Google secara instan. Dibantu dengan strategi yang tepat, apa pun tujuan iklan Anda akan tercapai.

Image Credit : pexels.com

IDEOWORKS.id

Ideoworks.id yang juga mengikuti diskusi bisnis Roadmap Ecommerce Indonesia, selaku Mitra Premium Google AdWords untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pun ambil bagian dalam usaha percepatan perekonomian Indonesia dengan turut andil membantu perkembangan kemajuan UKM melalui produk-produk pemasaran online yang efektif.

Follow on     

Beriklan Dengan Kami