Di pertengahan 2016, social media menjadi salah satu platform paling banyak diakses untuk pengguna internet. Pertanyaannya, bagaimana jasa social media marketing bekerja untuk pebisnis?

Pebisnis dari segala skala—small, medium, large—mencoba memanfaatkan social media sebagai sarana marketing. Terlebih lagi social media mudah digunakan (dan juga gratis!). Namun, tanpa strategi tepat, social media tak akan berdampak maksimal bagi bisnis Anda.

Lalu apa yang dibutuhkan agar social media marketing bekerja untuk bisnis Anda?

Identifikasi Apa Tujuan Bisnis Anda

Setiap strategi social media marketing, pastikan kalau Anda tahu apa goal bisnis yang akan dicapai—membangun brand awareness, menggumpulkan leads, atau menjaga pelanggan. Anda akan jauh lebih mudah menemukan bagaimana strategi yang tepat.

Pilih satu atau dua goal yang pasti akan dicapai, dibandingkan banyak tujuan tetapi tidak satu pun tercapai.

Periksa Bagaimana Social Media Bekerja untuk Anda

Sebelum menggunakan jasa social media marketing, bagaimana Anda memanfaatkan jejaring sosial selama ini? Seperti:

  • Social media apa saja yang Anda gunakan?
  • Social media mana yang memberi efek paling baik untuk bisnis Anda?
  • Bagaimana profile bisnis Anda dibandingkan kompetitor?

Identifikasi Ideal Customers

Buyer personals membantu Anda untuk mengidentifikasi dan menargetkan customer di waktu dan tempat dengan pesan yang tepat.

“Mengidentifikasi target membantu Anda dalam strategi social media marketing jadi lebih mudah. Ada baiknya untuk ketahui usia, pekerjaan, pendapatan, masalah atau hambatan, kebiasaan, interest, dan lainnya.”

Bahkan jika perlu buat target yang lebih spesifik. Misalnya, target Anda adalah wanita muda. Namun, akan lebih spesifik dengan “Wanita muda yang tinggal di Jakarta, usia antara 20-30 tahun, dengan pendapatan di atas Rp5 juta dan memiliki hobi olahraga”, tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam menjangkau mereka.

Research Kompetitor

Meriset kompetitor berarti Anda bisa tahu apa saja aktivitas mereka dan membandingkan dengan bisnis—bahkan mendorong Anda untuk melakukan hal yang beda. Mulailah dengan mencari 5 pesaing utama.

Cari social media apa yang mereka miliki. Perhatikan bagaimana strategi konten yang digunakan (apakah hanya teks, gambar, quote, informasi, atau promosi).

Anda memang tak bisa memperhatikan bagaimana hasil engagement kompetitor. Namun, minimal perhatikan jumlah likes, comments, share di Facebook atau retweet dan favorites untuk Twitter.

Gunakan Social Media yang Tepat

Banyak pebisnis membuat akun disetiap social media populer tanpa meriset platform mana yang paling baik untuk bisnisnya. Pasalnya tidak semua social media bekerja untuk bisnis Anda. Agar tidak membuang waktu Anda, teliti terlebih dahulu social media apa saja yang banyak digunakan oleh target Anda.

Berikut social media yang sebagai perbandingan untuk Anda—dan kami memilih 3 yang paling populer di Indonesia.

1. Facebook

Bisa dibilang, Facebook adalah network paling populer di dunia dengan jumlah 1.44 miliar pengguna terhitung pada data kuartal pertama 2015. Di Indonesia sendiri, pengguna aktif Facebook mencapai 82 juta orang.

Angka tersebut hampir mendekati pengguna internet di Indonesia yang berjumlah 88.1 juta. Itu artinya mayoritas pengguna internet memiliki akun Facebook. Telebih lagi jasa Facebook Ads memudahkan Anda dalam social media marketing saat ini.

2. Twitter

Indonesia menjadi salah satu basis pengguna Twitter terbesar di dunia. Pertengahan tahun 2015, jumlah pengguna 50 juta. Sementara di tahun 2016, 77% merupakan pengguna aktif Twitter.

Paling tidak 4,1 juta tweet berasal dari Indonesia dan 54% setidaknya melakukan 2 tweet per harinya. Melihat datanya, Twitter bisa menjadi salah satu social media marketing yang efektif, apalagi jika dimanfaatkan untuk menjalin hubungan komunikasi dengan audiens.

3. Instagram

Instagram merupakan platform berbasis gambar dan video yang banyak digunakan generasi millenials dalam mengekspresikan ide-ide kreatifnya. Data terakhir yang diungkap Brand Development Lead Instagram APAC Paul Webster, Instagram mampu menjangkau 400 juta pengguna aktif. Dan lagi-lagi Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah paling banyak.

Dengan mayoritas pengguna anak muda dan terdidik, terbilang pengguna Instagram di Indonesia dikuasai wanita sebanyak 63% dan sisanya pria. Sebanyak 59% merupakan pengguna berusia 18-24 tahun, 30% berusia 45-24 tahun, dan 11% berusia 18-24 tahun. Tak ayal jasa Instagram Ads turut berperan dalam strategi marketing secara online pada saat ini.

Tahukah Anda jika jumlah followers di Instagram mempengaruhi kepercayaan suatu brand? Selain itu Anda juga memiliki banyak customer potensial untuk binsis. Sayangnya Anda bukan selebritis yang bisa menambah followers Instagram banyak dalam semalam. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara menambah followers Instagram, seperti:

  • Menggunakan Hashtag,
  • Memiliki Brand Ambassadors,
  • Mencari Komunitas yang sesuai dengan bisnis,
  • Mengupload Video,
  • Likes dan comments di foto akun lain, serta
  • Aktif dan konsisten.

Strategi Konten yang Menarik

Ibarat simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan, konten dan social media sulit dipisahkan. Tanpa konten yang menarik, social media akan kehilangan fungsi. Tanpa media sosial, audiens tak akan tahu konten menarik yang Anda miliki.

Jadi, gunakan secara bersama. Buat konten sesuai dengan audiens dan platform yang digunakan—text, video, image, infographics, quote, atau lainnya.

Social Media Management Tools

Strategi social media marketing terakhir adalah tools. Setiap pebisnis memiliki rahasia management tools untuk memaksimalkan beriklan lewat social media. Beberapa tools memang gratis. Namun, alokasikan budget untuk tools yang berbayar mengingat banyaknya fitur yang memudahkan Anda.

Image Credit : pexels.com

IDEOWORKS.id

Ideoworks.id yang juga mengikuti diskusi bisnis Roadmap Ecommerce Indonesia, selaku Mitra Premium Google AdWords untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pun ambil bagian dalam usaha percepatan perekonomian Indonesia dengan turut andil membantu perkembangan kemajuan UKM melalui produk-produk pemasaran online yang efektif.

Follow on     

Beriklan Dengan Kami