Sebagai salah satu cara melepas penat dari rutinitas, traveling menjadi sebuah trend sekaligus lifestyle yang tak lagi masuk dalam kategori tersier. Ditambah lagi platform Online Travel Agent (OTA) memudahkan seseorang bepergian ke suatu tempat, tanpa perlu pusing memikirkan perjalanan, bahkan dengan beragam budget dan “gaya” traveling.

Uniknya, trend traveling dikuasai oleh kaum millennial yang notabene belum semua bebas finansial. Hal ini diungkapkan dalam survei Topdeck Travel di 134 negera, termasuk Australia, Canada, New Zealand, USA, dan UK. Kepada 31.000 responsen, sebanyak 88% mengaku bepergian ke luar negeri hingga 3 kali dalam setahun dan 94% merupakan mereka yang berusia 18-30 tahun. Generasi Y mendominasi dalam urusan traveling dibandingkan generasi X.

Mereka berpikir bagaimana caranya tetap bisa bepergian dengan menekan budget. Memburu tiket murah dan akomodasi lewat online, misalnya. Bisa juga menghemat biaya dengan berjalan kaki jika bisa daripada menggunakan transportasi lokal—alasannya sekaligus bersolialisasi dan bebas berekspresi.

Digital Media dalam Sektor Travel

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Traveling menjadi lifestyle benar adanya. Terdapat 255,05 juta perjalanan wisatawan nusantara dan kunjungan 10,017 juta wisawatan mancanegara pada 2015 dan berhasil melampaui target yang ditetapkan.

Platform online travel agent menjadi buruan para wisawatan, khususnya saat mencari informasi hotel, promo tiket penerbangan, rental mobil, dan paket liburan. Jangan lupakan fakta juga kalau generasi millennial mendominasi dalam penggunaan internet.

Wherever travelers go, they're online. Itu artinya, bisnis traveling akan dibutuhkan dan digital marketing menjadi strategi di tengah persaingan OTA yang semakin menjamur.

Case Study: Yuktravel.com, Jakarta

Challenges: Indonesia sebagai negara dengan penetrasi tinggi, membuat Yuktravel ingin melakukan promosi secara online, mendapatkan customer baru, dan brand dikenal sebagai perusahaan tour & travel yang kompetitif.

Ideoworks.id solution: Sejak bergabung pada 2015, Ideoworks.id membantu melalui service Google AdWords. Strategi pertama menggunakan jaringan display Google di portal berita dan lifestyle. Strategi kedua menggunakan Google penelusuran.

Results: Ideoworks.id terus menganalisa performance iklan tanpa henti untuk mengoptimalkannya. Sekarang Yuktravel.com mudah ditemukan tepat ketika customer potensial mencari tentang tour & travel.

“Dengan kita menggunakan jasa Ideoworks.id, dengan jumlah yang sama kita bisa menghasilkan hasil yang jauh lebih bagus daripada kita lakukan sediri atau dengan yang lain.” - Reza Paramita COO Yuktravel

Tentang Yuktravel.com

Yuktravel merupakan online platform travel agent yang berdiri sejak tahun 2011. Hingga saat ini mereka menawarkan paket tour, cruise, dan hotel. Yuktravel menyediakan pilihan tipe liburan yang disesuaikan dengan budget, mulai dari super save, best deal, dan deluxe. Dengan harga final, customer bisa mengetahui harga produk dan layanan langsung tanpa perlu ribet.

Image Credit : pexels.com

IDEOWORKS.id

Ideoworks.id yang juga mengikuti diskusi bisnis Roadmap Ecommerce Indonesia, selaku Mitra Premium Google AdWords untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pun ambil bagian dalam usaha percepatan perekonomian Indonesia dengan turut andil membantu perkembangan kemajuan UKM melalui produk-produk pemasaran online yang efektif.

Follow on     

Beriklan Dengan Kami