Teknologi telah mengubah semua, termasuk cara murid mencari tempat pendidikan, baik sekolah, universitas, ataupun tempat kursus. Tahun 2013 Google bersama Compete, Inc menemukan 1 dari 10 murid mencari secara online tentang sekolah dan program yang akan diikuti. Hal ini menjadi kabar baik tiga tahun setelahnya mengingat kaum millennial berteman akrab dengan internet.

Beriklan khususnya pada sektor edukasi bisa dibilang penuh tantangan. Bagaimana tidak? Dengan keterbatasan anggaran dalam urusan promosi, mereka harus mampu menarik banyak khalayak baru setiap tahunnya di tengah persaingan yang semakin kompetitif dan kompleks.

Digital marketing, jadi strategi yang terbilang efektif dalam “menjaring” calon murid. Channel seperti website, email marketing, social networking tak hanya memastikan iklan muncul di calon murid yang tepat, tetapi juga memperkuat merk.

Namun, tentunya ada beberapa hal penting yang harus diketahui.

  1. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memulai digital marketing—yang tentunya harus disesuaikan dengan jadwal kelas baru dan kapan target Anda “online”.
  2. Akrab dengan social media: minimal Anda tahu cara menggunakannya mengingat calon murid menggunakan social media.
  3. Murid dan orang tua menggunakan search engine saat mencari lembaga pendidikan. Pastikan jika website berada di halaman pertama Google dengan bantuan digital marketing seperti SEO dan SEM.

Peran Digital Marketing dalam Sektor Edukasi

Anda tidak bisa menampik jika pengguna internet didominasi oleh kaum muda. Hal ini disampaikan oleh survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mengatakan penetrasi internet 82% dihasilkan oleh pengguna internet usia 20-24.

Bahkan netizen lebih sering akses internet dibandingkan televisi jika dilihat dari data We Are Social. Pengguna internet bisa menghabiskan rata-rata 4 jam 42 menit untuk akses internet di PC/tablet dan 3 jam 33 menit membukanya di smartphone untuk mencari info, media sosial, menonton YouTube, atau shopping online. Semetara televisi sekitar 2 jam 22 menit setiap harinya.

Artinya, ada banyak kalangan muda yang tak segan untuk mencari tahu tentang lembaga atau jurusan yang dituju. Dan memanfaatkan digital marketing memiliki keuntungan tersendiri; biaya lebih efektif, iklan lebih terukur, feedback cepat, tools yang mudah digunakan—bahkan bisa Anda pantau meskipun menggunakan jasa digital marketing, dan conversion tinggi.

Case Study: International Design School (IDS), Jakarta

Challenges: Menempatkan website berada di halaman 1, meningkatkan traffic, dan conversion.

Ideowork.id solution: Selain menambahkan dan menggati meta tag serta keywords, kami juga sudah menjalankan strategi SEM lebih dari 2 tahun.

Results: Keywords yang telah teroptimasi cukup efektif menempatkan website IDS berapa pada peringkat 1 dan 2 di halaman perncarian Google. Untuk service SEO, dalam 3 bulan terakhir ada peningkatkan traffic dan conversion.

“Atmosphere teamwork yang berbeda dapat kami rasakan dari Ideoworks.id. Kami tidak hanya ditempatkan sebagai client yang hanya tahu beres saja, tetapi kami juga ikut serta memantau serta berkonsultasi langsung terkait progress pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis kami.”

  • Roy Adimulyo, Managing Director IDS.

Tentang IDS

International Design School merupakan institusi pendidikan dalam bidang visual communication (desain grafis, animasi, dan film). Saat ini IDS memiliki 4 program, yakni Bachelor Progam, College Program, Short Course, dan Holiday Program.

Pada Bachelor Program, IDS telah bekerja sama dengan universitas di Australia, yakni Griffith University dan JMC Academy dalam International Pathway Program dimana mahasiswa bisa melanjutkan pendidikan setelah sekolah di IDS terlebih dahulu. IDS didukung oleh praktisi yang ahli pada bidangnya masing-masing.

Image Credit : pexels.com

IDEOWORKS.id

Ideoworks.id yang juga mengikuti diskusi bisnis Roadmap Ecommerce Indonesia, selaku Mitra Premium Google AdWords untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pun ambil bagian dalam usaha percepatan perekonomian Indonesia dengan turut andil membantu perkembangan kemajuan UKM melalui produk-produk pemasaran online yang efektif.

Follow on     

Beriklan Dengan Kami