ARTICLE

May 29, 2019

Social Media Analytics Sebagai Parameter Campaign Yang Sukses

Strategi marketing saat ini telah beralih ke metode digital. Salah satu platform yang digunakan oleh kebanyakan perusahaan sebagai sarana digital marketing adalah sosial media.

Ada banyak keuntungan yang didapat jika melakukan campaign di sosial media. Salah satunya adalah adanya social media analytics yang memberikan gambaran aktivitas yang dilakukan user di sosial media.

Performa campaign dapat dengan mudah diukur melalui parameter yang ditunjukkan dalam social media analytics. Kuantitas share, interaksi, hingga komentar dari user adalah informasi penting yang bermanfaat untuk menjalankan campaign yang efektif.

Apa saja manfaat dari data yang disuguhkan oleh social media analytics? Seberapa penting data strategi marketing Anda?

  1. Membantu Dalam Memahami Target Customer

Memahami target customer dapat dilakukan dengan membaca data yang disajikan oleh social media analytics. Contohnya menganalisa beberapa postingan terakhir pada social media bisa memberikan insight akan jam posting ideal untuk mendapatkan respon terbaik dari audience.

Timing adalah faktor penting di social media marketing. Posting ketika banyak follower tengah online akan memberikan efek yang baik pada engagement serta traffic konten social media brand Anda. Beberapa platform sosial media saat ini juga menyediakan data analytics sederhana mengenai jam interaksi terbaik dengan follower.

  1. Memberikan Rekomendasi Platform Social Media Yang Tepat

Tidak semua platform sosial media sesuai untuk marketing campaign yang akan Anda jalankan. Hanya karena Facebook memiliki 2 miliar pengguna dan Instagram memiliki 800 juta user tidak berarti keduanya merupakan platform yang tepat untuk menjalankan campaign digital sebuah brand.

Bisa jadi social media dengan jumlah user lebih sedikit seperti Pinterest, Flickr, atau LinkedIn lebih cocok untuk menjalankan strategi marketing yang sudah Anda persiapkan.

Cara terbaik untuk menentukan platform terbaik adalah dengan bereksperimen dan memanfaatkan insight data untuk menganalisa performa. Cara ini juga dapat menentukan skala prioritas platform yang akan difokuskan untuk menjalankan sebuah campaign.

  1. Menciptakan Konten Yang Lebih Baik Untuk Campaign Selanjutnya

Insight dari sosial media analytics akan menunjukkan postingan terbaik dengan performa di atas rata-rata.

Pada Facebook dan Twitter, Anda mampu membandingkan performa postingan mana yang terbaik, baik berupa gambar, link, atau video. Sedangkan di platform sosial media berbasis gambar seperti Pinterest dan Instagram, Anda bisa melihat tipe gambar seperti apa yang paling menarik bagi audience.

Untuk melihat postingan dengan performa terbaik di Facebook, Anda dapat mendapatkannya melalui tab insight di bagian ‘post’. Tool internal blog juga dapat menampilkan insight mengenai konten yang paling banyak di-share, jumlah kiriman user dari sosial media, berapa banyak waktu yang dihabiskan, hingga berapa persen yang terkonversi ke penjualan.

Sementara data analytics website juga bisa dilihat dengan lebih detail menggunakan Google Analytics yang telah diintegrasikan. Tool ini menyediakan data seperti trafik, waktu kunjungan, jumlah halaman yang dibaca, dan informasi lengkap lainnya.

  1. Memahami Kampanye Kompetitor Secara Detail

Dengan memanfaatkan social media analytics bahkan Anda juga bisa membandingkan data dengan kompetitor supaya memahami lebih detail tentang strategi yang mereka lakukan..

Jika analisa yang dilakukan tepat, Anda bisa memahami strategi apa yang berhasil dan yang tidak dari campaign yang dilakukan kompetitor. Data tersebut dapat menjadi acuan untuk berfokus pada metode yang lebih efektif agar campaign digital brand atau bisnis Anda 100% sempurna,

  1. Membantu Menciptakan Strategi Kampanye Terbaik

Seringkali strategi terbaik didapatkan dari percobaan trial and error. Dengan menggunakan social media analytics, Anda bisa meminimalisir kesalahan sehingga mampu menyusun strategi campaign yang lebih efektif dan efisien.

Tool seperti Digimind misalnya, dapat membantu untuk melacak apa saja yang orang lain katakan tentang brand Anda. Tool ini akan menampilkan data dalam bentuk tabel dan grafis yang teratur. Data analytics yang ditampilkan tool ini bisa digunakan sebagai insight untuk strategi campaign sekaligus menciptakan konten yang lebih baik di masa datang.

  1. Memberikan Laporan Terperinci Campaign Yang Berjalan

Ketika menjalankan campaign di sosial media, seketika itu juga social media analytics menyajikan data performa campaign. Jika ada performa campaign yang kurang maksimal, seketika itu juga bisa dilakukan evaluasi dan perbaikan. Untuk bisa memantau hal ini, ada beragam tool dan cara yang mampu menunjukkan data apakah campaign yang dijalankan sudah maksimal atau belum.

Data dari social media analytics Anda tidak hanya bisa memastikan campaigns yang Anda  jalankan berada di track yang tepat, tetapi juga berguna untuk bahan evaluasi jangka pendek dan jangka panjang strategi marketing perusahaan Anda. Mengkombinasikan penggunaan data analytics serta berbagai strategi digital marketing terbaik, IDEOWORKS siap menjadi partner yang akan memenuhi semua kebutuhan digital marketing Anda demi mencapai business goals yang diinginkan.