Preloader
Integrated Marketing Agency

4 Langkah Membangun Strategi Integrated Marketing Communication

Integrated Marketing Communication adalah fungsi pemasaran strategis, kolaboratif, dan promosi dimana audiens yang ditargetkan menerima pesan yang ingin disampaikan brand yang konsisten dan persuasif melalui berbagai marketing channel secara terintegrasi untuk menggerakkan pembeli melalui proses pengambilan keputusan. Pada tingkat paling dasar,  integrated marketing communication membantu memastikan bahwa marketer menggunakan semua channel yang tersedia bagi mereka untuk memperkuat marketing campaign dan/atau brand message untuk menjangkau audiens target, atau persona pembeli. Anda dapat menggunakan jasa integrated marketing agency untuk menjalankan strategi marketing untuk Anda. Sebuah Integrated marketing agency memiliki tim ahli yang mengerti segala macam strategi integrated marketing dan dapat membantu Anda menentukan strategi mana yang paling tepat untuk bisnis Anda.

4 Langkah Membangun Strategi

Untuk membantu Anda mengembangkan strategi integrated marketing communication Anda, pertimbangkan untuk menggunakan 4 langkah di bawah ini untuk membuat dan menerapkan strategi pemasaran yang kohesif dan terintegrasi dan memulai kesuksesan Anda.

  • Identifikasi Metode Marketing Communication yang Berbeda-Beda

Sebagai bagian dari strategi integrated marketing communication Anda, sangat penting untuk menentukan berbagai metode marketing communication yang ingin Anda manfaatkan sebagai bagian dari rencana. Pertimbangkan audiens target Anda dan bagaimana mereka suka menerima informasi, mengumpulkan fakta, dan melakukan penelitian tentang masalah yang mereka coba pecahkan. Dari sana, tentukan saluran apa yang paling relevan untuk kampanye spesifik Anda. Anda dapat menggunakan jasa integrated marketing agency untuk membantu Anda mendapatkan informasi ini dari berbagai channel yang Anda miliki.
[nextpage title=” “]

  • Bangun Sebuah Rencana Marketing Communication

Setelah Anda menentukan saluran pemasaran yang akan beresonansi dengan audiens Anda, inilah saatnya untuk mengembangkan rencana komprehensif untuk mengeksekusi inisiatif pemasaran Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu fokus pada tiga item utama, yaitu audiens, konten, dan irama.

  • Audiens

    Tentukan persona pembeli untuk setiap metode marketing Anda. Ini akan menentukan channel mana yang Anda gunakan untuk berinteraksi dengan mereka, bukan sebaliknya.

  • Konten

    Tentukan konten yang paling efektif berbicara kepada audiens Anda. Contohnya, Anda dapat membuat sebuah pop-up yang menawarkan penawaran Anda saat orang keluar dari situs Anda. Anda juga dapat memberikan audiens contoh-contoh testimonial video, contoh kasus, dan sebagainya. Ini dapat membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.

  • Irama

    Sangat penting untuk memahami seberapa sering orang suka menerima informasi. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk memastikan bahwa Anda cukup sering mengirimkan konten, tapi tidak terlalu sering sehingga menjadi berlebihan.

  • Pahami Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Pahami apa yang membuat pelanggan memutuskan untuk membeli sebuah produk atau layanan, lalu temukan alasan mereka memutuskan untuk membeli dari Anda. Hal penting di sini adalah memahami masalah yang Anda pecahkan untuk mereka, dan bagaimana membantu mereka dalam perjalanan keputusan itu. Anda akan melihat bahwa beberapa pelanggan menggunakan proses pengambilan keputusan yang diperpanjang, tetapi yang lain menggunakan tingkat keterlibatan yang rendah untuk membuat keputusan yang terbatas, nominal, atau spontan. Itu semua tergantung pada bisnis Anda dan apa yang Anda jual. Sebagian besar keputusan pelanggan mengikuti pola dasar saat terlibat dalam situasi tertentu yang dapat menghasilkan penjualan. Inilah yang disebut dengan proses pengambilan keputusan.

[nextpage title=” “]

 

  • Implementasikan Rencana Marketing Communication Anda

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan implementasi integrated marketing communication Anda memberikan hasil yang diharapkan. Pastikan Anda menggunakan kalender untuk mengetahui konten mana yang dikeluarkan tanggal berapa, dan melalui channel mana. Ini dapat membantu Anda mengatur asset campaign dan komunikasi dengan prospek Anda di tempat dan waktu yang tepat di dalam perjalanan mereka mengambil keputusan. Anda juga dapat menggunakan automation software, karena dengan menggunakan ini, Anda dapat menjangkau audiens secara efektif dan menyajikan pesan yang terintegrasi, mulus, dan konsisten kepada mereka di berbagai channel dengan mudah. Pantau kebutuhan prospek Anda, fokus pada kemampuan produk atau layanan Anda yang memecahkan masalah mereka, dan membangkitkan kegembiraan audiens. Lakukan pantauan engagement dengan campaign Anda, rasio membuka email dan rasio klik, interaksi sosial, permintaan untuk berbicara dengan sales¸ dan penjualan yang berhasil.

Integrated marketing communication adalah hal yang kompleks. Ini tidak hanya membutuhkan pemikiran tentang channel yang akan Anda manfaatkan, tetapi juga audiens target, konten, irama, teknologi, dan pelacakan untuk memastikan campaign Anda benar-benar sukses dan mendorong pendapatan.

IDEOWORKS.id dapat membantu Anda menjalankan semua ini dari kenyamanan rumah Anda. Kami adalah sebuah integrated marketing agency yang memiliki tim ahli dalam menjalankan berbagai strategi integrated marketing communication yang ada. Sebagai sebuah integrated marketing agency, kami dapat membantu Anda menentukan strategi mana yang paling tepat untuk bentuk usaha Anda. Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan mulailah berkolaborasi bersama IDEOWORKS.id!

Let’s talk about your brand