4 Langkah Membangun Strategi Integrated Marketing Communication

  • Bangun Sebuah Rencana Marketing Communication

Setelah Anda menentukan saluran pemasaran yang akan beresonansi dengan audiens Anda, inilah saatnya untuk mengembangkan rencana komprehensif untuk mengeksekusi inisiatif pemasaran Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu fokus pada tiga item utama, yaitu audiens, konten, dan irama.

  • Audiens

    Tentukan persona pembeli untuk setiap metode marketing Anda. Ini akan menentukan channel mana yang Anda gunakan untuk berinteraksi dengan mereka, bukan sebaliknya.

  • Konten

    Tentukan konten yang paling efektif berbicara kepada audiens Anda. Contohnya, Anda dapat membuat sebuah pop-up yang menawarkan penawaran Anda saat orang keluar dari situs Anda. Anda juga dapat memberikan audiens contoh-contoh testimonial video, contoh kasus, dan sebagainya. Ini dapat membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.

  • Irama

    Sangat penting untuk memahami seberapa sering orang suka menerima informasi. Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk memastikan bahwa Anda cukup sering mengirimkan konten, tapi tidak terlalu sering sehingga menjadi berlebihan.

  • Pahami Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Pahami apa yang membuat pelanggan memutuskan untuk membeli sebuah produk atau layanan, lalu temukan alasan mereka memutuskan untuk membeli dari Anda. Hal penting di sini adalah memahami masalah yang Anda pecahkan untuk mereka, dan bagaimana membantu mereka dalam perjalanan keputusan itu. Anda akan melihat bahwa beberapa pelanggan menggunakan proses pengambilan keputusan yang diperpanjang, tetapi yang lain menggunakan tingkat keterlibatan yang rendah untuk membuat keputusan yang terbatas, nominal, atau spontan. Itu semua tergantung pada bisnis Anda dan apa yang Anda jual. Sebagian besar keputusan pelanggan mengikuti pola dasar saat terlibat dalam situasi tertentu yang dapat menghasilkan penjualan. Inilah yang disebut dengan proses pengambilan keputusan.

Add comment: