4 Manfaat Social Media Live bagi Kesuksesan Bisnis

Key points

  • Lebih dari 30% konsumen di seluruh dunia menonton video di media sosial selama setidaknya 1 jam.
  • Menerapkan social media live bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan dan menghasilkan laba.
  • Contoh konten live di media sosial sangat beragam, di antaranya ada live shopping dan behind the scenes.

Happy woman doing a vlog indoors

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi media sosial, live streaming juga bertambah semakin populer. Bahkan, Indonesia juga termasuk salah satu negara yang paling banyak berbelanja dengan teknologi live shopping, turunan dari live streaming. Terutama, melalui TikTok Shop yang sempat dihentikan operasionalnya dan akhirnya kembali populer setelah bergabung dengan Tokopedia.

Tentunya, fenomena ini sama sekali tidak mengejutkan karena melakukan real-time social media broadcasts memang membawa banyak keuntungan bagi bisnis. Seperti apa contohnya?

Apa Itu Social Media Live?

Sebelum mengetahui manfaat yang bisa dibawakan interactive live content bagi bisnis, ada baiknya Anda memahami konsep dasar social media live terlebih dahulu. Pada dasarnya, ini adalah metode menjalin komunikasi dengan audiens melalui video yang disiarkan secara langsung di media sosial. 

Tentunya, hal ini berbeda dengan mengunggah video seperti biasa karena Anda bisa merekamnya berulang kali dan mengeditnya sebelum diterbitkan untuk khalayak umum. Sementara itu, untuk live streaming di media sosial, Anda harus bersiap di depan kamera pada waktu yang sudah ditentukan.

Manfaat Interactive Live Content untuk Bisnis

Memangnya, apa saja kelebihan dari social media live dan keuntungannya bagi bisnis? Jika Anda sedang mempertimbangkan live streaming on social media, berikut adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan engagement rate

Statistik telah menunjukkan bahwa 82% pengguna media sosial lebih menyukai video yang bersifat live. Alasannya, melalui video yang disiarkan secara langsung, mereka dapat melihat sisi autentik dari sebuah brand dan segera mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Hasilnya, engagement rate Anda akan meningkat pesat dengan banyaknya interaksi yang bisa dihasilkan dari sebuah live video.

2. Mendorong brand awareness

Umumnya, platform media sosial menayangkan video dari pengguna yang sedang melakukan interactive live content di bagian teratas halaman mereka. Keunggulan ini akan membantu calon pengguna Anda menemukan konten yang Anda terbitkan dan memberi mereka kesempatan untuk mengenal brand Anda lebih lanjut. 

Jika mereka menyukai konten live Anda, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia dan mempromosikan bisnis Anda hingga dikenal lebih banyak orang.

3. Meningkatkan conversion rate dan penjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, social media live bisa mencakup pengalaman live shopping atau berbelanja melalui video langsung di media sosial. Strategi ini bisa membantu Anda menghasilkan lebih banyak conversion rate dan penjualan karena host Anda dapat langsung menjawab pertanyaan konsumen, lalu menunjukkan produk yang dijual. Dengan demikian, pelanggan tidak akan mudah merasa ragu-ragu untuk melakukan pembelian.

Contoh Konten yang Cocok untuk Live Streaming on Social Media

Video yang bisa diterbitkan untuk keperluan live streaming di media sosial sangatlah beragam, sehingga Anda bisa memilih jenis yang paling sesuai dengan target bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin memperkenalkan produk baru sekaligus meningkatkan penjualannya, Anda bisa mengadakan sesi tanya jawab secara langsung tentang produk tersebut dan memberi audiens kesempatan untuk membelinya pada saat itu juga.

Sementara itu, kalau Anda lebih ingin memperkuat branding melalui storytelling, tidak ada salahnya Anda menayangkan video live tentang proses pembuatan sebuah produk. Untuk bisnis yang lebih mengandalkan jasa, Anda dapat memberi audiens kesempatan untuk bertanya tentang serba-serbi usaha Anda agar mereka semakin mengenali brand pilihan mereka.

Cara Meningkatkan Live Video Engagement

Keberhasilan live streaming sangat bergantung pada strategi dan eksekusi yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar live video engagement semakin tinggi dan menguntungkan:

1. Buat rencana konten video berdasarkan data

Agar Anda bisa berhasil dengan strategi live streaming, Anda memerlukan konten video yang efektif. Efektif di sini berarti Anda perlu mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai sekaligus preferensi konsumen Anda dari sebuah konten. 

Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat data tentang engagement rate pada video-video sebelumnya dan mempelajari apa saja yang perlu dipertahankan dari video terbaik Anda. Kemudian, terapkan strategi tersebut dan sesuaikan dengan format live content di media sosial.

2. Pilih platform dan orang yang tepat untuk live content

Jika Anda sudah membuat rencana konten yang tepat, sekaranglah saatnya Anda memilih platform untuk menyiarkan video tersebut. Kini, ada banyak media sosial yang mendukung format live streaming, contohnya Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan Twitch. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan manakah platform yang paling banyak digunakan oleh target audiens Anda.

Selain memilih platform yang populer di kalangan audiens, Anda juga perlu live host yang akan membawakan video tersebut. Idealnya, seorang live stream host harus mengenal seluk-beluk bisnis Anda dengan baik, mampu berkomunikasi dan membawakan diri di depan kamera dengan menarik, serta menguasai cara kerja platform yang digunakan.

3. Promosikan live stream seperti produk

Meskipun video live akan lebih mudah ditemukan di halaman khusus atau bagian teratas timeline media sosial, Anda tetap perlu memastikan bahwa audiens yang tepat akan menonton video Anda. 

Untuk mencapainya, jangan lupa mempromosikan ajang live streaming Anda sebagaimana Anda memasarkan produk seperti biasa. Terbitkan pengumuman bahwa Anda akan melakukan live content entah melalui chat, notifikasi, atau post media sosial supaya audiens Anda tidak melewatkan acara tersebut.

4. Evaluasi hasil live stream secara rutin

Terakhir, setiap kali Anda selesai dengan kegiatan live streaming, Anda juga perlu mengetahui seberapa bagus performanya melalui fitur analitik di platform media sosial yang digunakan. Sebab, melalui evaluasi secara berkala, Anda akan mengetahui aspek mana saja yang perlu ditingkatkan supaya live content berikutnya semakin disukai pengguna dan bisa membantu Anda mencapai target bisnis. Untuk mengetahui indikator kesuksesannya, periksalah jumlah interaksi, views, shares, dan conversion rate dari sebuah video.

Agar social media live lebih efektif, tidak ada salahnya mengandalkan bantuan jasa digital marketing profesional untuk memberikan Anda panduan tentang cara melakukan live streaming dan strategi yang bisa diterapkan. Namun, pastikan Anda memilih layanan yang sudah memiliki reputasi baik serta portofolio yang lengkap, contohnya IDEOWORKS. 

Sejak beroperasi selama lebih dari 10 tahun yang lalu, IDEOWORKS telah bekerja sama dengan banyak brand ternama di tanah air untuk keperluan pemasaran sekaligus brand activation mereka. Strategi ini juga mencakup live streaming di media sosial, sehingga Anda bisa lebih yakin. Jadi, tunggu apa lagi? Konsultasikan ide kreatif untuk konten promosi live Anda bersama IDEOWORKS sekarang!

Let’s talk about your brand