Preloader
Social Media Crisis

4 Tips Meredam Social Media Crisis Agar Citra Brand Tidak Rusak

Membangun sebuah citra brand tentu tidaklah mudah. Untuk bisa sampai ke titik ke citra brand yang baik, perusahaan sudah mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Tetapi, apa yang terjadi jika satu postingan ternyata mampu membuat brand yang sudah dibangun seketika rusak? Ini adalah contoh dari social media crisis.

Social media merupakan open platform sehingga Anda tidak bisa mengendalikan audiens di social media. Tidak ada yang sepenuhnya bisa mengendalikan aktivitas dan penilaian audiens di postingan social media channel. Beberapa aktivitas aktivitas di social media seketika dapat mengatarkan kepada social media crisis yang membuat citra brand menjadi negatif.

Tapi tenang, social media crisis bisa diredam. Banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dari kasus-kasus yang sudah terjadi sebelumnya.  Lalu, bagaimana cara meredam social media crisis agar tidak merusak citra brand yang sudah dibangun? IDEOWORKS.id akan memaparkannya di bawah ini.[irp]

Tips Meredam Social Media Crisis yang Efektif untuk Brand Anda

Meskipun social media merupakan tempat yang efektif untuk membangun citra brand. Namun, social media juga merupakan platform yang tidak terduga karena banyak hal yang dapat terjadi di luar planning sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa tips penting dari IDEOWORKS.id dalam menghadapi social media crisis:

  • Bangun Kebijakan Social Media yang Tanggap Krisis

Setiap social media crisis yang dihadapi setiap perusahaan pasti berbeda-beda, begitupun juga dengan kebijakan social media yang dimiliki oleh tiap perusahaan. Tetapi, pastikan bahwa kebijakan social media kamu dapat meredam krisis yang sedang terjadi.

Kebijakan yang tanggap krisis setidaknya meliputi elemen-elemen berikut ini:

  1. Rantai komando dan prosedur persetujuan untuk tanggapan
  2. Langkah-langkah eskalasi
  3. Penanggung jawab atas krisis
  4. Panduan hak cipta dan berbagai konten
  5. Pedoman penggunaan social media perusahaan
  • Beri Jeda untuk Posting

Di situasi krisis, penting untuk dapat membaca keadaan karena respon audiens akan postingan apapun akan menjadi negatif. Penting untuk Anda dapat meredam krisis terlebih dahulu sebelum melakukan postingan terjadwal seperti yang sudah direncanakan. [nextpage title=” “]

Jika krisis sudah mereda, pastikan Anda tetap dapat berinteraksi dengan orang-orang di media sosial. Tetapi, Anda tetap waspada untuk dapat berhati-hati dengan adanya komentar negatif. Jangan sampai terkonfrontasi agar citra brand tidak menjadi semakin buruk.

  • Lindungi Akun Social Media 

Kurangnya perlindungan terhadap akun-akun social media perusahaan dapat menjadi pemicu krisis di social media. Pembobolan akun dapat membuat integritas brand menjadi menurun dan daoat mengancam kerahasiaan perusahaan. Terlebih, jika informasi pentig terkait perusahaan menjadi konsumsi publik. Hal itu dapat membuat citra brand menurun di mata audiens.

Di saat krisis, pastikan semua akun social media terlindungi. Tetapkan kata sandi yang kuatdan abutlah akses atau ubah kata sandi setiap ada seseorang yang meninggalkan perusahaan. 

Beri sanksi berat bagi karyawan yang berpotensi untuk memposting rahasia perusahaan atau hal negatif yang dapat merusak citra brand melalui akun social media official perusahaan Anda.[irp]

  • Buatlah Rencana Komunikasi yang Tepat

Ketika berada di masa krisis dan citra brand terancam rusak, audiens akan sangat sensitif untuk memberikan penilaian kapada brand Anda sehingga komunikasi yang tepat menjadi kuncul untuk dapat menyelamatkan brand. 

Anda harus menetapkan peran dan tanggung jawab untuk dapat menguraikan prosedur komunikasi yang tepat untuk diikuti. Komunikasi yang tepat di masa krisis adalah komunikasi yang dapat meredam kabar negatif mengenai brand Anda.

Social media crisis membutuhkan langkah-langkah yang strategis dan tepat sasaran untuk dapat menyelamatkan citra brand. Karena itu, Anda dapat menghubungi IDEOWORKS.id untuk memastikan bahwa perusahaan Anda mampu untuk meredam social media crisis yang dapat terjadi sewaktu-waktu. IDEOWORKS.id memiliki tim yang ahli dalam merencanakan langkah-langkah yang strategis dan tepat sasaran untuk dapat menyelamatkan brand Anda dari social media crisis. Tak perlu ragu lagi, segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand