Articles

02 Februari 2021

5 Strategi Optimasi Untuk Memenangkan Peringkat Website di Google

Memiliki peringkat halaman web Anda tinggi dalam daftar pencarian organik Google untuk keyword penting bisa sangat berharga untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Dan sekalipun Google terus mengubah algoritma mesin pencari mereka, masih ada cara-cara atau strategi yang masih efektif dilakukan oleh creative agency Jakarta untuk menaikkan rangking website klien mereka. Beberapa cara diantaranya, akan kita ulas lebih dalam dalam pembahasan di bawah ini.

 

Tentukan Daftar Keyword

 

Tidak masuk akal untuk mengasumsikan bahwa Anda akan mendapatkan peringkat teratas di Google untuk setiap keyword yang berkaitan dengan industri Anda. Tentukan prioritas mengamankan peringkat organik tinggi untuk keyword yang paling Anda inginkan. Pikirkan tentang bagaimana orang akan menelusuri produk dan layanan Anda, membuat daftar keyword ini, dan memeriksa trafik dan persaingan untuk setiap istilah dengan tools seperti google adwords keyword planner. 

 

Keyword dengan volume tinggi dan persaingan rendah hingga menengah adalah yang menjadi target, karena keyword tersebut memiliki potensi trafik tinggi dan lebih mudah untuk mendapat peringkat tinggi di dalam mesin pencari google. Jika kesulitan untuk melakukan ini semua, Anda bisa menggunakan jasa creative agency Jakarta yang bisa memberikan layanan menaikkan ranking website baik secara organik dan berbayar.

 

Buat Konten yang Baik dan Menarik

 

Sebelum Anda menggali beberapa cara yang lebih teknis untuk meningkatkan peringkat SEO, selalu ingat bahwa menulis konten berkualitas tinggi yang menarik menarik minat dan mendorong pengunjung untuk membagikannya dan menautkannya kembali sangat penting. Konten yang bagus memiliki peluang terbaik untuk menjadi konten viral, dan Google sangat menghargai viralitas konten dalam algoritma peringkatnya.

 

Gunakan keyword dan Turunannya di Dalam Konten

 

Maksimalkan keyword dalam konten, Anda harus menyertakan keyword penting di awal judul halaman, judul, dan teks isi, karena penempatan awal dapat menjadi sinyal relevansi. Anda harus sering menggunakan fokus keyword fokus di sepanjang konten secara terukur. Ini karena algoritma Google menandai “penjejalan keyword” yang berlebihan dan mengganggu pembaca untuk kemudian tak lagi menampilkannya di mesin pencari. 

 

Selain keyword utama, Anda juga bisa jejalkan keyword sekunder yang masih relevan dengan keyword utama di dalam konten. Kombinasi penggunaan keyword utama dan sekunder beserta sistem layer link butuh strategi tersendiri. Anda bisa menghubungi creative agency Jakarta untuk membantu menyusun serta mengeksekusi strategi menaikkan ranking halaman website melalui teknik SEO. 

 

Optimalkan Website Anda untuk Seluler

 

Pada tahun 2015, Google pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan mobile friendly sebagai salah satu parameter utama untuk menentukan peringkat. Hal ini memicu “Mobilegeddon” yang terkenal, karena banyak website dengan brand ternama berlomba untuk mengoptimalkan versi seluler situs mereka. Sejak saat itu, Google secara bertahap meningkatkan pentingnya keramahan seluler dalam peringkatnya – dalam pengumuman yang lebih baru, dikatakan akan mengindeks seluruh web dengan model yang mengutamakan seluler pada September 2020.

 

Baca Juga  Mitos-mitos Social Media Marketing yang Harus Anda Tinggalkan Tahun Ini

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler:

  • Uji situs Anda menggunakan tool Google’s mobile-friendly
  • Desain website Anda agar mudah dijelajahi dengan sentuhan jari berbagai ukuran
  • Jadikan tombol CTA Anda dapat diakses oleh pengguna seluler
  • Mendesain ulang tampilan website untuk perangkat seluler
  • Aktifkan Accelerated Mobile Pages (AMP)
  • Menerapkan caching
  • Kompres gambar Anda untuk meningkatkan loading time
  • Gunakan heat maps dan alat pelacak mouse untuk memahami bagaimana orang menggunakan situs web Anda di ponsel dan melakukan pengoptimalan yang sesuai

 

Patuhi Panduan Google EAT

 

Menurut Google, EAT adalah salah satu dari tiga faktor teratas untuk mengukur kualitas halaman. Berikut rincian arti dari akronim tersebut:

 

Expertise (keahlian): Google ingin melihat bahwa situs web menunjukkan keahlian dan spesialisasi di bidang Anda. Ini terutama berkaitan dengan industri medis, keuangan, dan hukum. Anda dapat membangun keahlian dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat dan mengutip sumber terpercaya dalam konten Anda.

 

Authoritativeness (otoritas): Pamerkan otoritas Anda. Ini dapat dibuktikan melalui kredensial, ulasan positif, dan testimonial pelanggan. Anda dapat menyoroti informasi ini di seluruh situs web Anda.

 

Trustworthiness (terpercaya): Pastikan pengguna merasa aman di situs Anda. Penting untuk memiliki situs HTTPS dan sertifikat SSL, terutama jika Anda menerima transaksi moneter apapun secara online. Studi menunjukkan bahwa Google memberi peringkat domain dan situs aman dengan sertifikat SSL lebih tinggi. 75% dari hasil Google halaman pertama memiliki sertifikat SSL.

 

Selain tips di atas, Anda dapat memastikan kepatuhan EAT dengan praktik terbaik berikut:

  • Sertakan biografi penulis jika Anda memiliki blog dan pastikan untuk menyebutkan kredensial apa pun yang menunjukkan keahlian penulis Cari
  • Kejar tautan balik berkualitas tinggi dan tolak tautan balik yang berisi spam
  • Pastikan situs web Anda memiliki informasi yang akurat pada halaman Tentang, Kontak, dan Layanan Pelanggan Anda.
  • Menjamin bahwa semua konten yang terkait langsung dengan uang atau kehidupan pengunjung Anda (seperti nasihat keuangan atau informasi medis) ditulis oleh ahli yang berkualifikasi.
  • Potong atau edit konten EAT berkualitas rendah

 

Optimasi website untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari punya potensi tinggi untuk bisa terkonversi menjadi penjualan atau deal. Hal ini lantaran user dari mesin pencari dianggap punya kualitas lebih baik dibandingkan sumber trafik lainnya, misalkan media sosial. Ini pula yang mendorong banyak perusahaan dan brand untuk terus berlomba-lomba menaikkan ranking website mereka melalui SEO dan juga SEM.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menerapkan strategi SEO dengan benar, hubungi salah satu creative agencyJjakarta, seperti IDEOWORKS.id yang siap menjadi partner yang akan memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital untuk bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top