Key points:
• Ide kreatif TikTok content untuk marketing bisnis: a day in the life, tutorial, video edukasi, cara menggunakan produk, Q&A, serta proses pembuatan produk;
• Kriteria konten TikTok yang engaging: sejalan dengan core values bisnis, dikemas sesuai target pasar, relevan dengan tren, dan mampu menjawa pain points konsumen
Hampir 5 juta pelaku bisnis memanfaatkan TikTok content untuk marketing. Bukan tanpa alasan, TikTok merupakan salah satu media sosial untuk marketing dengan return on investment (ROI) yang cukup besar. Data dari Statista menunjukkan bahwa per Oktober 2022 lalu, TikTok menduduki posisi kedua sebagai media sosial dengan ROI tertinggi.
Tidak mengejutkan jika Anda ikut tertarik untuk melakukan marketing melalui TikTok. Nah, supaya marketing campaign tersebut berjalan efektif, Anda perlu membuat creative TikTok posts. Jika bingung harus membuat jenis konten seperti apa, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari tulisan ini.
Ide Creative TikTok Posts untuk Masuk FYP
TikTok memiliki fitur bernama For Your Page (FYP), yakni sebuah halaman yang menampilkan beragam rekomendasi video bagi pemilik akun. Rekomendasi ini didasarkan pada aktivitas dan preferensi konten yang disukai pengguna.
Saat suatu video berhasil masuk FYP, video tersebut punya peluang lebih besar untuk ditonton lebih banyak orang, sehingga dapat meningkatkan awareness terhadap brand Anda. Namun, video seperti apa yang harus Anda buat agar bisa masuk FYP? Berikut beberapa ide untuk Anda!
• A Day in the Life of…
Konten behind-the-scene dapat menjadi ide engaging TikTok videos untuk marketing. Melalui tipe konten seperti ini, Anda dapat menunjukkan sisi “human” dari bisnis Anda. Salah satu bentuknya adalah melalui video daily routine atau “a day in the life”.
Sebagai contoh, Anda bisa membuat video berisi keseharian sebagai pemilik bisnis. Ajak audiens untuk mengikuti aktivitas Anda seperti menyeduh kopi setiap pagi, olahraga, meeting dengan tim, tes produk, hingga akhirnya mematikan laptop.
• Tutorial singkat
Ide konten TikTok satu ini cocok bagi Anda yang menjual produk dalam bentuk barang. Anda bisa memberikan video tutorial yang masih berhubungan dengan produk Anda.
Sebagai contoh, katakanlah Anda menjual piring dan gelas keramik. Maka, buatlah video tutorial plating makanan secara cantik menggunakan piring tersebut. Alternatifnya, Anda juga dapat membuat tutorial resep makanan yang mudah, lalu sajikan hasilnya di atas piring jualan Anda.
• Video edukasi
Adakah pertanyaan atau feedback yang sering diajukan oleh target audiens Anda? Kumpulkan pertanyaan dan feedback tersebut, lalu kembangkan menjadi konten video edukasi di TikTok.
Kembali pada contoh produk piring dan gelas keramik di atas, ternyata Anda menemukan cukup banyak feedback yang mengatakan bahwa gelas keramik jadi menguning karena sering dipakai minum kopi atau teh. Untuk menjawab feedback tersebut, buatlah video edukasi tentang cara membersihkan gelas keramik hingga kembali kinclong.
• Cara unik menggunakan produk
Ingin menunjukkan bahwa produk Anda memiliki kegunaan yang multifungsi? Buatlah TikTok video creation tentang cara unik menggunakan produk Anda. Tentunya, Anda perlu mengerahkan kreativitas agar cara unik ini tetap applicable bagi audiens.
Kalau untuk produk piring dan gelas keramik seperti di atas, salah satu cara unik yang bisa Anda tunjukkan adalah menjadikan gelas sebagai vas bunga. Jika perlu, sediakan pula video merangkai bunga menggunakan gelas keramik Anda.
• Tanya jawab dengan fitur Q&A
Selain FYP, masih banyak fitur lain yang bisa Anda temukan di TikTok, salah satunya adalah fitur Q&A. Menggunakan fitur ini, Anda bisa membuat TikTok content bersifat tanya-jawab yang dapat menjawab rasa penasaran audiens.
Luangkan waktu untuk membuka sesi Q&A dan ajak audiens untuk memberikan pertanyaan seputar produk atau brand Anda. Kemudian, jawab pertanyaan tersebut dengan membuat video untuk setiap jawaban atau melakukan live stream untuk menjawab seluruh pertanyaan sekaligus.
• Proses pembuatan produk
Ingin membuat engaging TikTok videos bersifat behind-the-scene, tapi selain konten “a day in my life”? Anda bisa menunjukkan proses pembuatan produk kepada audiens. Bagi yang memproduksi barang di pabrik, misalnya, Anda dapat menunjukkan kecanggihan mesin yang Anda gunakan, serta tingginya standar yang diterapkan dalam proses produksi.
Dengan video TikTok seperti ini, secara tidak langsung Anda menunjukkan bahwa bisnis Anda transparan dan dapat dipercaya. Alhasil, kredibilitas brand Anda pun akan ikut meningkat.
Ciri-ciri Utama dari Engaging TikTok Videos
Dari berbagai ide di atas, tipe konten mana yang akan Anda buat setelah ini? Apapun pilihannya, pastikan konten tersebut bersifat engaging agar disukai oleh target audiens di TikTok, sehingga berpeluang menjadi viral TikTok trends. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal ini:
• Konten sesuai dengan core values bisnis
Anda punya banyak saingan di TikTok. Agar bisa unggul dari mereka, buatlah konten yang tak hanya sekadar kreatif, tapi juga sejalan dengan core values bisnis Anda. Katakanlah value utama Anda adalah menyediakan produk yang terjangkau dan bermanfaat bagi Gen Z. Maka, kombinasikan berbagai jenis TikTok video creation untuk mewujudkan hal tersebut.
• Pengemasan yang menarik sesuai selera target pasar
Kerahkan kreativitas untuk mengemas TikTok content yang tak hanya menarik, tapi juga sesuai dengan selera target pasar. Misalnya untuk konten yang menyasar Gen Z, umumnya mereka menyukai konten bersifat fun, lucu, dan menghibur. Jadi, Anda bisa membuat video dengan menambahkan unsur humor.
• Relevan dengan tren terkini
Di TikTok, Anda bisa melihat hal apa saja yang sedang trending, mulai dari lagu, tipe konten, hingga aneka challenge menarik. Tidak ada salahnya Anda membuat konten yang relevan dengan tren tersebut.
Misalnya, Anda bisa membuat video dengan backsound dari lagu yang sedang trending atau ikut challenge yang sedang ramai dilakukan. Dengan mengikuti tren, brand Anda akan dikenal sebagai bisnis yang up-to-date.
• Mampu menjawab pain point konsumen
Masalah atau pain point apa yang selama ini dialami oleh target konsumen Anda? Sediakan solusinya melalui video TikTok.
Konten seputar finansial dapat menjadi contoh yang oke. Video-video mereka biasanya mampu menjawab pertanyaan konsumen secara to the point, seperti cara mengatur keuangan untuk gaji sekian juta, langkah awal investasi saham, dan sebagainya.
Creative Agency Terbaik untuk Bantu Produksi TikTok Content
Di balik video singkat suatu konten TikTok, tersimpan banyak perencanaan dan hal yang perlu diperhatikan. Jadi, wajar apabila Anda butuh bantuan untuk melakukannya. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa bekerja sama dengan creative agency terbaik seperti IDEOWORKS untuk membuat konten marketing di TikTok.
Mulai dari tahap penyusunan strategi, eksekusi, hingga evaluasi, tim IDEOWORKS siap mengoptimalkan TikTok marketing Anda dengan konten yang engaging dan tepat sasaran. Kami juga menyediakan layanan Influencer and KOL bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan audiens.
Ada banyak ide TikTok content yang bisa Anda eksplor agar masuk FYP dan menjangkau lebih banyak target audiens. Supaya konten TikTok Anda lebih efektif dalam memasarkan produk, serahkan pengelolaannya kepada creative agency berpengalaman, IDEOWORKS. Konsultasikan kebutuhan konten TikTok Anda bersama IDEOWORKS sekarang juga!