Preloader
Social Media Analytics

7 Alasan Penting Memakai Social Media Analytics dalam Social Media Campaign Report

Saat Anda melakukan marketing untuk brand Anda, tentunya Anda mencari, menggunakan, dan mengembangkan berbagai macam strategi dan campaign. Pada 2021, riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 91,9% marketing oleh perusahaan besar dilakukan melalui social media. Social media marketing sudah menjadi hal krusial dalam marketing effort Anda, tapi bagaimana Anda mengetahui bahwa campaign Anda berhasil sesuai dengan perkiraan Anda? Caranya adalah membuat social media campaign report menggunakan social media analytics sebagai tolak ukur dan benchmark efektivitas marketing Anda.

[irp]

Apa Itu Social Media Analytics?

Social media campaign report adalah kegiatan untuk mengumpulkan dan memaparkan seluruh performa dari sebuah marketing campaign. Report tersebut disajikan dengan data dan informasi yang padat serta mudah dibaca dan berguna untuk menilai sebuah campaign dari berbagai sisi.

Berbeda dari campaign report, social media analytics adalah hasil tarikan data dari media sosial yang biasanya bersifat lebih numerik dan grafik. Mengingat pentingnya social media dalam bisnis saat ini, tentu Anda harus mampu membaca seberapa efektif social media dalam tujuan marketing Anda. Isi dalam laporan performa sosial media sebagian besar merupakan data dari social media analytics, dibarengi dengan riset dan evaluasi marketing lainnya.

Agar Anda dapat memahami apa saja pentingnya sebuah social media campaign report, berikut tujuh poin pentingnya sebuah campaign report yang krusial untuk pengembangan strategi marketing Anda yang sudah IDEOWORKS.id rangkum untuk Anda.

[nextpage title=” “]

  • Anda Dapat Mengetahui Strategi Marketing yang Berhasil dan yang Tidak

Salah satu komponen krusial dalam mengetahui berhasilnya suatu strategi marketing adalah melalui campaign report. Biasanya, Anda menggunakan data dari hasil crawl social media analytics atau melihat langsung pergerakan audiens dalam laman web atau media sosial brand Anda.

Ketika suatu strategi marketing berhasil, Anda dapat melihat dari KPI yang ditetapkan ketika menyusun rencana marketing; apakah strategi tersebut berhasil mendapat perhatian audiens atau bahkan audiens menggunakan jasa atau produk Anda.

[irp]

  • Mengetahui Performa Digital Marketing Anda

Apakah performa dari strategi marketing Anda sesuai dengan KPI? Apakah berhasil menyasar audiens yang diinginkan, atau bahkan lebih? Apakah penyebaran iklan di semua platform berhasil menjangkau sasaran? Semua pertanyaan ini akan terjawab dari hasil report yang didapat ketika menggunakan social media analytics.

  • Memilah Performa Social Media Campaign dari Berbagai Medium dan Key Opinion Leader (KOL)

Ketika membuat social media campaign report, Anda dapat memilah dan melihat medium mana saja yang memberikan efek pada brand Anda. Hal ini termasuk apakah marketing tersebar melalui medium media sosial milik Anda maupun melalui pihak yang diajak bekerja sama, misal dari program partnership atau penggunaan Key Opinion Leader (KOL).

  • Mengetahui Campaign yang Potensial untuk Digunakan Ulang

Biasanya, dalam report yang didapat dari social media analytics, Anda dapat mengetahui fluktuasi performa campaign Anda, termasuk campaign jenis apa yang memiliki umur panjang bahkan bisa didaur ulang. Contohnya, campaign Spotify Wrap yang diangkat tiap akhir tahun sehingga pengguna merasa kedekatan personal ketika menggunakan Spotify.

[nextpage title=” “]

  • Mengetahui Bagaimana Audiens Merespon Campaign Anda

Ketika Anda rutin membuat campaign report – baik itu mingguan, bulanan, hingga per periode tergantung kebutuhan Anda – Anda bahkan bisa melihat seperti apa “perasaan” audiens pada sebuah campaign. Hasil sebuah laporan tidak hanya angka dan grafik belaka. Dengan mengartikan sebuah social media analytics dalam campaign report, Anda bisa membaca banyak hal tentang pola pikir konsumen dan bagaimana kebiasaan konsumen ketika menggunakan jasa atau produk Anda.

  • Bahan Refleksi Untuk Strategi Marketing Selanjutnya

Anda dapat menggunakan data laporan dari poin sebelumnya sebagai bahan evaluasi, mulai dari perencanaan strategi marketing, memperkuat medium yang masih “lemah”, hingga penyesuaian budget untuk partnership atau penggunaan KOL. Ini memungkinkan Anda untuk mempersiapkan untuk campaign selanjutnya.

[irp]

  • Membantu Anda Memaparkan Hasil Campaign Kepada Kolega Dan Partner

Dalam sebuah kerjasama marketing, tentu penting untuk membagikan hasil kerjasama untuk mengetahui apakah partnership yang dilakukan menguntungkan atau tidak. Pembuatan campaign report berkala, selain membangun kepercayaan rekan dengan transparansi performa, data tersebut bisa dijadikan nilai jual Anda untuk mengekspansi brand Anda ke calon partner yang ingin diajak bekerja sama atau bahkan menarik brand lain untuk berkolaborasi dengan Anda.

Keuntungan yang IDEOWORKS.id paparkan di atas hanya segelintir dari banyaknya fungsi sebuah media social campaign report. Anda dapat menemukan keuntungan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda dan bagaimana Anda membaca data yang Anda kumpulkan. Anda bisa mengumpulkan data dari social media analytics bersama IDEOWORKS.id yang sudah berpengalaman dalam mengolah social media analytics dan campaign report. Anda juga dapat konsultasi dengan kami untuk meningkatkan performa digital marketing Anda.

Let’s talk about your brand