Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang pesat, dan bahkan merambah hingga ke dunia bisnis, termasuk dalam digital marketing. Kehadiran teknologi ini membawa banyak kontroversi, namun di saat yang sama, hal tersebut juga menjadi tantangan yang membuktikan kemampuan adaptasi dari sebuah brand. Alih-alih menganggap perkembangan AI sebagai ancaman, brand, melalui agensi bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengembangkan co-creation yang inovatif demi menumbuhkan bisnis Anda. Bagaimana AI bisa memaksimalkan strategi co-creation untuk bisnis Anda?
Manfaat AI dalam Strategi Co-Creation untuk Brand dan Bisnis
Kolaborasi antara brand, agensi, dan teknologi AI menghadirkan berbagai peluang strategis yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis secara signifikan. Dengan memanfaatkan AI tools for marketers and creatives, strategi co-creation dapat dijalankan dengan lebih efektif. Berikut beberapa manfaat utama dari penerapan AI dalam strategi co-creation, yang menjadikan proses pemasaran dan inovasi lebih efisien, tepat sasaran, dan relevan dengan kebutuhan pasar:
1. AI-Driven Customer Insights
Teknologi AI sangat membantu brand dan agensi dalam memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai konsumen beserta kebutuhan dan preferensinya. Algoritma canggih dari teknologi AI mampu mengolah jutaan data customer insights yang diperoleh dari berbagai platform media sosial maupun forum, dan mengolahnya menjadi data insights yang informatif dan akurat sehingga Anda dapat dengan lebih akurat mengidentifikasi layanan maupun produk yang dibutuhkan oleh konsumen.
Selain itu, AI juga mampu memberikan sumbangsih di dalam strategi co-creation dengan membantu mengidentifikasi pola perilaku serta preferensi konsumen yang mempermudah brand membuat segmentasi audiens dan menetapkan layanan serta strategi yang tepat-tepat untuk masing-masing kategori. Pemetaan perjalanan konsumen juga akan terasa semakin mudah dengan memanfaatkan teknologi AI di dalam strategi Anda.
2. Mempercepat Siklus Pengembangan Produk
Strategi co-creation antara agensi dan AI juga dapat memberikan keuntungan bagi brand dalam bentuk proses atau siklus pengembangan produk yang lebih cepat namun juga akurat. Teknologi pintar ini mampu membantu brand dan agensi dalam merumuskan proses ideasi hingga mengembangkan prototipe dengan lebih lebih cepat dan efisien. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat positif bagi brand dalam beradaptasi mengikuti perkembangan dan perubahan pasar maupun kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah-ubah.
3. Scaling Personalization
Personalisasi merupakan salah satu bagian strategi pemasaran yang efektif, dan AI mampu membantu Anda dalam memaksimalkan pendekatan tersebut. Teknologi AI dapat membantu perusahaan menerapkan strategi personalisasi dalam skala yang lebih luas dan dapat memperkuat ikatan emosional antara brand dengan konsumen.
Salah satu bentuk personalisasi dalam skala besar yang bisa diwujudkan berkat kolaborasi dengan AI adalah pembuata konten dan iklan yang bisa disesuaikan dengan preferensi maupun berdasarkan riwayat interaksi sebelumnya dengan konsumen. Automation in content production dan AI-enhanced campaign development memungkinkan tim pemasaran menghemat waktu sekaligus meningkatkan relevansi pesan.
Selain itu, bentuk personalisasi yang didukung dengan teknologi AI juga bisa terealisasikan dalam bentuk smart notifications dan pemasaran melalui email yang dikirimkan dalam frame waktu terbaik. AI tools for marketers and creatives seperti chatbot maupun asisten virtual juga membantu brand dalam memberikan informasi yang dipersonalisasi dan menjawab kebutuhan konsumen.
4. Inovasi Model Bisnis
Untuk memenangkan persaingan bisnis yang semakin sengit, brand harus bisa melahirkan inovasi model bisnis baru yang membuatnya mampu bersaing. Dengan menggunakan teknologi pintar AI, brand, melalui agensi, akan mendapatkan insights yang sangat bermanfaat sebagai ide mengenai inovasi-inovasi bisnis kreatif dan out of the box.
Melalui wawasan yang diperoleh dari AI, brand dapat mengeksplorasi berbagai ide model bisnis, seperti: model bisnis berbasis sistem berlangganan (subscription), platform forum co-creation khusus untuk terhubung dengan konsumen yang memungkinkan mereka ikut andil dalam pengembangan produk dan layanan secara langsung.
5. Customer Experience Improvement
Strategi co-creation bersama teknologi AI juga memungkinkan Anda untuk membuat pengalaman konsumen menjadi lebih baik yang dapat memberikan manfaat berupa kepuasan sekaligus meningkatkan loyalitas. AI dapat membantu memproses data yang diperoleh menjadi insights yang sangat bermanfaat bagi brand dalam memprediksi masalah yang dihadapi konsumen dan memberikan usulan produk maupun layanan yang bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.
6. Fast Prototyping
Kolaborasi antara brand dan agensi yang didukung dengan AI juga dapat membuat proses pembentukan prototipe menjadi lebih cepat dan mudah. Melalui teknologi AI, agensi dapat membantu brand dalam menguji berbagai ide maupun model bisnis baru. Bentuk-bentuk uji coba tersebut bisa hadir dalam bentuk generasi konten otomatis yang membantu proses merangkai dan mengembangkan konten berbentuk deskripsi produk maupun slogan menjadi lebih mengena dan tepat sasaran.
Tim desainer di dalam agensi juga bisa memanfaatkan teknologi alat desain berbasis AI dalam mempercepat proses pembuatan mock up maupun ide visual lainnya dengan lebih cepat. Begitupula dengan pembuatan konten visual berbentuk animasi maupun video, dimana AI bisa memproses dan menghasilkan storyboard yang unik dan engaging.
Kesimpulan
Perkembangan dan penggunaan AI di ranah bisnis sudah bukan lagi hal yang berbau futuristik, melainkan menjadi kenyataan saat ini. Semakin cepat dan handal brand Anda dalam memanfaatkan teknologi ini dalam strategi co-creation, hal tersebut akan menjadi peluang besar bagi bisnis Anda untuk bertumbuh.
Untuk memberikan hasil co-creation yang optimal, tentunya Anda membutuhkan jasa agensi yang familier dengan penerapan AI di dalam bidang digital marketing, yaitu IDEOWORKS. Agensi digital ini memiliki tim ahli yang sangat handal dalam memanfaatkan AI untuk memaksimalkan strategi pemasaran brand. Hubungi kontak yang tertera untuk mengetahui lebih lanjut dan menjalin kerjasama.