Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Mulai dari scrolling feed Instagram untuk hiburan hingga menggunakannya untuk berkomunikasi dan memperluas jaringan, social media management telah menjadi alat yang ampuh untuk individu dan bisnis.
Menurut penelitian terbaru, sekitar 4,76 miliar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, yang mewakili 59,4% populasi dunia. Dengan pengguna sebanyak itu, tak heran jika media sosial menjadi ladang baru untuk bisnis. Media sosial terbukti menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan, membangun brand awareness, dan berinteraksi dengan pelanggan.
Mengingat peran media sosial dalam lanskap digital bagi bisnis, penting bagi setiap brand untuk membangun social media presence yang kuat. Namun, mengelola beberapa akun media sosial, menyusun konten yang menarik, dan menganalisis metrik media sosial dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk bisnis yang tidak memiliki keahlian dan sumber daya yang diperlukan. Di sinilah peran social media management diperlukan.
Apa Itu Social Media Management?
Bisnis yang belum memiliki keahlian dan sumber daya dalam media sosial sering kali mempertimbangkan untuk menggunakan jasa social media management. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih social media management agency, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu social media management.
Kegiatan manajemen media sosial melingkupi berbagai tugas, yakni membuat strategi yang disesuaikan dengan bisnis, mengembangkan dan membuat konten, memantau percakapan audiens secara online, terlibat dengan Influencer, menyediakan customer service, dan mengukur serta melaporkan kinerja media sosial dan ROI.
Evolusi Fungsi Social Media
Media sosial telah berkembang jauh sejak diciptakan sebagai alat komunikasi pribadi. Pada awalnya, platform media sosial kebanyakan digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, berbagi foto dan update kehidupan, serta mengikuti berita dan tren terkini. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial telah berkembang menjadi komponen utama dari strategi pemasaran dan bisnis.
Saat ini, berbagai jenis dan ukuran bisnis memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan mereka, dan membangun brand awareness.
Platform media sosial menawarkan peluang unik bagi bisnis untuk terhubung dengan target audiens mereka secara personal dan menciptakan komunitas pelanggan setia. Dengan munculnya sistem perdagangan seperti ini, bisnis sekarang dapat memanfaatkan media sosial untuk mendorong penjualan dan pendapatan langsung dari saluran media sosial mereka.
Seiring dengan media sosial yang terus berkembang, manajemen media sosial yang efektif menjadi semakin dibutuhkan. Mengelola saluran media sosial secara efektif membutuhkan kreativitas dan pemahaman tentang tren terbaru, serta kemampuan untuk cepat tanggap dalam hal teknologi dan strategi yang efektif. Di sinilah social media management agency bisa membantu.
Apa Itu Social Media Management Agency?
Social media management agency merupakan perusahaan atau agensi yang berspesialisasi dalam mengelola akun media sosial atas nama bisnis atau organisasi. Agensi ini menyediakan berbagai layanan yang dirancang untuk membantu bisnis memaksimalkan kehadiran media sosial, engage dengan audiens, dan mencapai tujuan pemasaran mereka.
Mengenai kualitas jasa sudah tidak perlu diragukan, sebab agensi mempekerjakan tim ahli dalam pemasaran dan manajemen media sosial, termasuk pembuat konten, manajer media sosial, desainer grafis, dan data analyst. Para profesional ini bekerja sama untuk mengembangkan dan menjalankan strategi media sosial yang efektif dalam membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran dan mengembangkan kehadiran online mereka.
Tugas Social Media Management Agency
Setelah mengetahui apa itu social media management agency, saatnya Anda mengetahui beberapa tugas utamanya. Apa saja?
-
Menyusun strategi social media
Setiap klien yang datang ke agensi memiliki tujuan berbeda-beda. Ada yang ingin meningkatkan penjualan melalui media sosial, tetapi ada juga yang ingin meningkatkan brand awareness. Tugas agensi adalah berdiskusi dengan klien mengenai tujuan tersebut dan menyusun strategi yang sejalan dengan tujuan dan bisnis klien.
-
Meriset target audiens
Untuk menyempurnakan strategi yang disusun, agensi juga perlu melakukan riset target audiens. Sebab, setiap brand memiliki target audiens yang berbeda-beda. Tentunya, setiap target audiens membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.
-
Memilih platform yang tepat untuk bisnis
Tidak semua platform media sosial sama. Sebagai contoh, platform seperti TikTok lebih banyak digunakan oleh anak muda daripada Facebook. Tidak hanya dilihat dari sisi umur pengguna, dari segi format pun berbeda. Nah, hal ini perlu disesuaikan dengan tujuan dan jenis bisnis klien.
-
Membuat konten berdasarkan platform social media
Jika sudah memilih platform yang cocok, kini saatnya membuat konten. Agensi bertanggung jawab dalam membuat konten yang menarik untuk target audiens yang sudah ditetapkan.
-
Me-manage akun social media
Tak hanya sampai membuat konten, tugas agensi media sosial juga termasuk mengelola akun media sosial klien. Beberapa kegiatan pengelolaannya berupa menjawab pertanyaan audiens, menjawab komentar, dan lain sebagainya.
-
Memonitor performa akun social media
Tugas lainnya adalah memonitor performa akun media sosial klien menggunakan tool analitik untuk track engagement, reach, followers growth, dan metrik penting lainnya.
Pentingnya Social Media Management untuk Bisnis Anda
Baik untuk bisnis yang baru merintis atau yang sudah besar, social media memainkan peran penting bagi masa depan usaha Anda. Dengan strategi social media management yang tepat, Anda bisa mengembangkan jangkauan secara online secara lebih luas, serta memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.
Platform ini sangat efektif bagi bisnis untuk terlibat dengan audiens Anda dan mempromosikan produk atau layanan Anda dengan cara yang lebih personal. Pada akhirnya, hal ini bisa menghasilkan peningkatan perolehan prospek dan tingkat konversi situs web.
Karena sebagian besar platform bisa digunakan secara bebas, ini juga memungkinkan bisnis kecil untuk bersaing dengan bisnis besar. Selain itu, media sosial juga lebih hemat biaya. Metode pemasaran ini mengurangi biaya pemasaran tradisional, seperti biaya iklan cetak, radio, atau televisi. Selain itu, media sosial juga memberi bisnis data penting yang dapat digunakan untuk menyempurnakan strategi pemasaran Anda.
Apakah Social Media Management Agency Diperlukan?
Banyak bisnis yang merasa sering kekurangan waktu, sumber daya, dan keahlian untuk mengelola media sosial secara efektif. Memposting konten yang menarik dan berkualitas tinggi membutuhkan banyak usaha, yang tidak selalu bisa dilakukan oleh banyak tim pemasaran.
Menggunakan jasa social media management dapat membantu bisnis meningkatkan upaya digital marketing dan meningkatkan followers di media sosial. Dengan waktu, keterampilan, dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola kampanye media sosial secara efektif, manajemen media sosial sudah seharusnya menjadi bagian dari strategi pemasaran digital bisnis.
Social media management menjadi salah satu strategi penting yang dilakukan oleh banyak bisnis yang ingin mengembangkan brand-nya secara digital. Jika Anda salah satu dari bisnis tersebut tapi masih bingung bagaimana caranya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan IDEOWORKS. Sebagai digital agency yang profesional dan memiliki jam terbang tinggi, kami siap membantu menjawab setiap kebutuhan manajemen media sosial Anda.