Dulu saat akan memasang iklan secara tradisional, dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Anda sebagai pemasang iklan perlu melewati beberapa proses mulai dari negosiasi, lelang, kontrak, hingga pengajuan proposal. Untungnya, saat ini hampir seluruh proses tersebut bisa dilakukan secara otomatis menjadi satu proses yang sering disebut programmatic ads. Memangnya, apa definisinya dan bagaimana hal ini dapat membantu kampanye pemasaran yang direncanakan?
Apa Itu Programmatic Ads?
Singkatnya, programmatic adalah strategi merujuk pada proses pembelian dan penjualan ruang iklan di dunia digital secara real-time, dengan menggunakan bantuan machine learning dan AI. Artinya, seluruh proses negosiasi dan lelang yang sebelumnya memakan waktu lama bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat. Manajemen iklan pada suatu ruang digital pun jadi semakin mudah dan efektif untuk menarik target audiens.
Saat memilih menggunakan iklan jenis ini, pengiklan cukup menentukan beberapa hal terkait tujuan kampanye pemasaran. Beberapa hal yang dimaksud adalah target audiens, budget, platform, media iklan, hingga parameter yang ingin diraih. Lalu, bagaimana cara kerja proses pengiklanan satu ini?
Pertama, pengiklan akan menentukan tujuan dari kampanye pemasaran menggunakan tools yang telah disediakan oleh platform tempat iklan tersebut akan ditayangkan. Saat ada audiens yang masuk, algoritma dari platform tersebut akan menganalisis data dari audiens tersebut.
Setelah itu, algoritma akan melakukan automatic bidding berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pengiklan. Iklan yang dianggap paling cocok dengan audiens kemudian akan ditampilkan pada ruang digital tersebut. Meskipun terlihat ribet, tapi seluruh proses tersebut memakan waktu hanya sepersekian detik saja.
Agar lebih jelas, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja iklan yang termasuk ke dalam jenis programmatic.
3 Jenis Programmatic Ads
Ada banyak jenis programmatic yang bisa Anda temukan di ruang digital dalam bentuk apapun. Mungkin Anda sendiri sudah pernah menemukan iklan tersebut saat sedang menjelajah internet. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis programmatic ads:
1. Iklan media sosial
Jenis iklan yang pertama adalah iklan media sosial. Umumnya, platform ini menjadi pilihan favorit pengiklan karena banyaknya data yang dikumpulkan oleh tiap media sosial mengenai penggunanya.
Itu berarti, program yang bertugas melakukan automatic bidding bisa menganalisa setiap audiens dengan rinci, sehingga iklan yang ditampilkan pada audiens tersebut menjadi lebih relevan. Karena kemampuan menganalisa audiens yang kuat, maka pengiklan di media sosial tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi untuk mendapatkan lead, atau bahkan sales.
Contoh dari iklan media sosial sendiri cukup beragam Untuk Instagram misalnya, Anda bisa menemukan iklan pada bagian story, reels, atau bahkan feed Instagram Anda.
2. Iklan video
Berikutnya, terdapat programmatic ads strategi dalam bentuk video yang umumnya muncul pada setiap platform berbagi video. Beberapa platform yang dimaksud ini adalah YouTube, TikTok, hingga Twitch, salah satu platform streaming terbesar. Umumnya, iklan video ini akan muncul di awal, di tengah, atau di akhir video yang ditonton oleh audiens.
3. Native advertising
Contoh programmatic ads yang terakhir adalah native advertising yang bisa Anda temukan di segala platform digital. Singkatnya, iklan ini merujuk pada bentuk iklan yang menyerupai konten native dari media tersebut. Contohnya bisa dilihat saat Anda sedang membuka google untuk mencari sesuatu.
Pada hasil pencarian, Anda akan menemukan beberapa website yang relevan dengan pertanyaan Anda. Namun dalam beberapa hasil pencarian, Anda juga akan akan menemukan tulisan “Sponsored” yang berarti website tersebut merupakan iklan dari Google. Hanya saja, iklan tersebut dibuat semirip mungkin dengan hasil pencarian lainnya, agar sekilas tidak terlihat seperti iklan.
Manfaat Programmatic Ads Strategi
Saat ini, semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan jasa programmatic ads dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional. Hal ini tidak terlepas dari berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis tersebut. Memang, apa saja manfaatnya?
1. Menjangkau target audiens dengan lebih akurat
Saat Anda memiliki budget pemasaran yang tidak banyak, tentu saja Anda berharap dapat menemukan platform yang mampu menampilkan iklan secara efektif kepada audiens. Untungnya saat ini, Anda dapat dengan mudah melakukannya menggunakan tools yang tersedia saat akan memasang programmatic ads.
Dengan tools tersebut, Anda bisa menentukan secara detail siapa target audiens yang ingin dicapai oleh iklan tersebut. Dibantu dengan teknologi algoritma yang mumpuni, iklan tersebut kemudian akan ditampilkan pada target audiens yang dianggap sesuai dengan kriteria Anda.
2. Menghemat waktu pemasangan dan pengelolaan iklan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, programmatic ads memanfaatkan teknologi machine learning dan AI untuk memilih mana iklan yang akan ditampilkan pada audiens. Itu artinya, Anda sebagai pengiklan tidak perlu melewati proses yang panjang saat ingin memasang iklan, sehingga pengelolaan iklan pun jadi makin menghemat waktu.
3. Mempermudah evaluasi hasil kampanye
Selain bisa dipasang dengan mudah, Anda juga akan mendapatkan laporan mengenai bagaimana performa iklan Anda. Misalnya saja, Anda bisa mengetahui berapa orang yang melihat atau bahkan meng-klik iklan tersebut. Dari data-data yang didapat tersebut, Anda jadi lebih mudah melakukan evaluasi hasil kampanye pemasaran produk.
4. Meningkatkan reach dan engagement rate
Terakhir, Anda bisa memanfaatkan iklan di ruang digital ini untuk meningkatkan reach dan engagement rate terhadap laman produk Anda. Tentu saja, ini adalah manfaat yang terpenting, terutama jika tujuan kampanye Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness.
Rekomendasi Jasa Programmatic Ads Terbaik
Tertarik untuk menjalankan programmatic ads strategi untuk memasarkan produk Anda? Tentu saja, Anda membutuhkan bantuan penyedia jasa programmatic ads profesional. Dengan begitu, kampanye yang Anda rencanakan bisa berjalan dengan efektif, dan goals kampanye pun tercapai.
Kalau Anda bingung mencari agensi marketing yang tepat, coba saja jasa dari IDEOWORKS. IDEOWORKS sendiri merupakan agensi marketing yang telah memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dengan ribuan klien, sehingga kinerjanya tidak perlu diragukan lagi.
Dengan bekerja bersama IDEOWORKS, Anda tidak hanya dibantu untuk melakukan pemasangan iklan dengan programmatic ads, tapi juga perencanaan dan evaluasi dari kampanye pemasaran tersebut.
Jika bisnis Anda belum pernah menggunakan programmatic ads saat menjalankan kampanye pemasaran, maka Anda bisa segera memulainya dari sekarang. Dengan begitu, kampanye bisa berjalan dengan lebih efektif, dan juga efisien. Jangan lupa kalau Anda tidak familiar dengan tools yang ada, konsultasikan dengan IDEOWORKS agar Anda bisa memahami kampanye seperti apa yang harus dilakukan melalui programmatic ads.