Dalam industri digital marketing creative agency, platform social media TikTok terus mendapatkan perhatian di kalangan pebisnis. TikTok bukan hanya sekadar platform untuk mencari hiburan, tetapi juga ranah bisnis digital marketing. Dengan algoritma maupun fitur yang efektif membuat marketer semakin mudah memaksimalkan tujuan bisnis. Tak terkecuali para pebisnis memanfaatkan trik konten TikTok untuk menggaet pasar dengan jasa creative digital agency Indonesia.
Semakin besar pengguna TikTok di dunia, akan semakin tepat sasaran brand bisnis menemukan customer potensial di channel social media bisnis mereka. Data terbaru TikTok pada bulan September 2021 mengumumkan, bahwa mereka telah memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan, data yang menempatkan TikTok menjadi platform social media paling aktif di dunia.
Bahkan, berdasarkan jumlah jangkauan audiens iklan (ads) yang diresmikan oleh TikTok’s self-service tools pada April 2022 lalu, menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara ke-2 dengan pengguna TikTok terbanyak dengan 99,1 juta pengguna aktif di atas 18 tahun. Tentu hal ini memberikan peluang bisnis yang efektif memasarkan produknya. Salah satu keutamaan TikTok berbeda dengan social media lain adalah algoritma (cara kerja) aplikasi itu sendiri.
Bagaimana cara kerja algoritma TikTok?
Menurut creative digital agency Indonesia profesional, algoritma TikTok adalah sebuah sistem rekomendasi yang menentukan konten video yang muncul di FYP (For Your Page). Tiada pengguna yang melihat video yang sama di FYP, dan konten tersebut terus berubah dari waktu ke waktu berdasarkan preferensi tontonan pengguna.
Menurut TikTok, FYP mencerminkan preferensi yang unik bagi setiap pengguna. Sistem rekomendasi konten video dengan memberi peringkat pada video berdasarkan kombinasi faktor—mulai dari minat menonton pengguna baru dan menyesuaikan hal-hal yang tidak diminati—untuk membentuk FYP dipersonalisasi.
Apa itu FYP?
FYP (For Your Page) TikTok merupakan istilah untuk konten video yang masuk di halaman utama, sehingga membuat konten TikTok tersebut viral—dilihat oleh banyak orang (pengguna), bahkan yang di luar followers. Salah satu yang biasa digunakan marketer atau jasa creative digital agency Indonesia profesional ketika membuat konten FYP dengan hashtag #ForYourPage #FYP. Kedua hashtag ini memang sering digunakan oleh pemilik akun maupun marketer agar konten video TikTok yang dibuat bisa masuk FYP.
Kenapa konten harus FYP?
Tentunya dengan pencapaian FYP, konten bisnis kamu mendapat engagement, eksposur, bahkan impresi pengunjung yang tertarik melihatnya. Semakin besar engagement berupa view, comment, dan lika pada konten video TikTok, tentu saja dapat memberikan kesempatan menggaet customer potential produk bisnis.
Seiring dengan adaptasi algoritma FYP, produksi konten dengan ciri khas brand yang menggunakan layanan creative digital agency Indonesia profesional, membuat pengunjung aktif lainnya selalu mencari setiap kali ada konten dari produk terbaru.
Apakah ada trik konten auto FYP?
Dalam rumus marketing, tiada satu kegiatan yang konsisten, kreatif dan berpengalaman yang tidak berhasil. Sama halnya konten FYP TikTok, kegiatan digital marketing bisnis seperti membagikan konten yang berhubungan dengan bisnis, memperhatikan prime time postingan, hingga strategi berpengalaman dari marketer jadi solusinya.
Bongkar Trik FYP Konten TikTok Ala Creative Digital Agency Indonesia
Dalam hal ini social media management profesional seperti layanan creative digital agency Indonesia jadi sangat dibutuhkan untuk kamu pertimbangkan sebagai marketer konten TikTok FYP. Selain mengenalkan brand bisnis secara kreatif, mereka dapat meningkatkan penjual dengan konten video FYP. Dengan video pendek berdurasi 1 menit, terdapat trik konten FYP ala creative digital agency Indonesia.
Konten Teaser
Dalam sebuah campaign branding produk, biasanya marketer melakukan proses membuat konten teaser sebagai tanda mendekati kehadiran produk tersebut. Teaser ini dibuat untuk menambah rasa penasaran dan impresi pengunjung yang melihat tayang konten video singkat tersebut. Marketer atau jasa creative digital agency Indonesia profesional dapat menggoda calon customer potensial dengan konten informatif seputar produk yang akan di-launching.
Dengan pengalaman branding di TikTok, mereka akan memamerkan fitur-fitur TikTok dan memanfaatkan tanpa memperlihatkan semua objek produk. Tujuannya, membuat penonton atau pengunjung penasaran dan berkomentar (interaksi) di konten tersebut. Hal ini tentu sangat efektif meningkatkan brand awareness konten produk bila semakin banyak yang berinteraksi.
Konten Tutorial dengan Kualitas Produk
Setelah konten teaser atau setelah launching, trik berikutnya adalah konten tutorial dengan memperlihatkan kualitas produk. Keunggulan produk baru terdapat pada konten berkualitas yang membuat audiens merasa membutuhkannya. Marketer akan membuat konten tutorial dengan memberikan wawasan baru terhadap audiens untuk membeli produk tersebut. Selain itu, mereka juga mengaplikasikan keunggulan atau kualitas produk secara langsung ke publik. Biasanya dengan talent atau BA sebagai figur yang tepat meningkatkan brand awareness produk.
Konten Edukasi Produk
Konten edukasi ini biasanya berisikan pemahaman informatif seputar jenis produk atau jasa bisnis. Kelebihan konten edukasi terdapat pada informasi yang tersedia untuk para pengunjung yang ingin menggunakan produk bisnis. Marketer akan berusaha menampilkan konten edukasi dengan tools digital marketing profesional dengan riset relevan yang bertujuan mencakup market produk agar penasaran terhadap konten tersebut. Semakin banyak yang interest, semakin besar pula FYP.
Unggah Konten saat Prime Time
Hal ini umum dilakukan marketer melakukan kegiatan publish konten di jam-jam berkualitas. Di TikTok, perbedaan waktu terbaik mempublish konten terjadi begitu fleksibel. Istilah yang membedakan TikTok dengan platform lain adalah prime-time—sebuah trik jitu konten masuk FYP selanjutnya. Dengan karakteristik tersendiri yang dimiliki TikTok cukup konsisten akan hal itu.
Berikut jam terbaik unggah konten prime-time TikTok agar konten produk FYP.
- Senin: 12.00 – 13.00
- Selasa: 15.00 – 16.00
- Rabu: 11.00 – 21.00
- Kamis: 12.00 – 13.00, 20.00 – 23.00
- Jumat: 11.00, 13.00, 19.00 – 23.00
- Sabtu: 09.00, 12.00
- Minggu: 09.00, 12.00
Konten yang Konsisten
Agar penilaian FYP konten lebih absolute FYP, lakukan timeline konten yang konsisten. Karena dengan grading system TikTok bisa memberikan penilaian suatu konten layak untuk diviralkan (FYP). Mereka akan menilai konten dari jumlah interaksi dan konsistensi konten secara berkala. Sistem TikTok akan menganggap kreator terpercaya dan layak untuk dipertimbangkan dengan trik yang konsisten.
Optimasi Penulisan Caption
Trik selanjutnya sudah pasti kamu selalu dengar prinsip berjualan di social media dengan caption yang menarik. Yap, cara optimasi penulisan caption di konten video TikTok juga menghasilkan ketertarikan pengunjung lebih banyak. Tapi tenang, dengan jasa creative digital agency Indonesia profesional dapat membuat caption yang menarik dan isi didalamnya menganut sifat rayuan marketing. Dengan teknik clickbait hingga call to Action memastikan pengunjung konten produk melakukan interaksi.
Ikut Konten Trend dan Challenge
Ini menjadi trik yang fenomenal dan belum tergantikan oleh system grading TikTok memviralkan konten video pengguna. Dengan mengikuti konten trend dan challenge—minimal seminggu sekali—pada umumnya masuk kategori trik konten FYP. Hal itu juga dilakukan para marketer profesional ketika membantu pebisnis memviralkan sebuah produk branding bisnis. Mereka mengetahui trend yang sedang terjadi secara cepat di TikTok. Oleh karena itu, peluang untuk masuk dalam FYP TikTok semakin besar.
Trik di atas tentu sangat tepat dilakukan dengan bantuan marketer ahli seperti jasa layanan creative digital agency Indonesia profesional. Selain tepat dan cepat, mereka sudah mengetahui trik konten FYP dunia. Saatnya membuat konten TikTok bisnis kamu masuk FYP dengan layanan creative digital agency Indonesia profesional! Yuk, hubungi creative agency IDEOWORKS sekarang.