Strategi marketing dari brand global yang diterapkan di Indonesia, menjadi kunci kesuksesan mereka dalam mempromosikan produk dan layanannya. Kemampuan untuk localize global campaigns for Southeast Asia, termasuk di pasar Indonesia, menjadi faktor penentu dalam memenangkan hati konsumen lokal. Beberapa brand yang telah terbukti sukses besar dengan marketing mereka adalah McDonald’s, Netflix dan Uniqlo. Apa saja strategi yang sukses mereka terapkan untuk marketing di pasar lokal Indonesia? Berikut ulasannya:
-
McDonald’s
McDonald’s menghadirkan restoran makanan cepat saji yang pertama kali didirikan di California, Amerika Serikat pada 15 Mei 1940. McDonald’s kemudian membuka cabangnya di Indonesia untuk pertama kali pada 23 Februari 1991 di Gedung Sarinah, Jalan M. H. Thamrin No. 11, Jakarta Pusat. Kini, telah ada lebih dari 200 gerai McDonald’s di seluruh Indonesia dengan 14.000 karyawan. Berikut strategi sukses McDonald’s dalam menjaga brand-nya agar tetap eksis:
Membuat Menu Sesuai Kuliner Daerah
Tak hanya menyajikan ayam crispy dan kentang goreng khas Amerika, McDonald’s juga menghadirkan menu kuliner asli dari Indonesia, seperti Nasi Uduk dan Bubur Ayam. Bahkan penyajian McDonald’s selalu memberikan pilihan menu nasi putih dan kentang goreng yang membuatnya mudah diterima oleh orang Indonesia.
Menyajikan Dessert Lokal
Selain menyajikan makanan lokal yang khas, McDonald’s juga menghadirkan minuman dan dessert yang populer dari Indonesia, seperti Teh Botol Sosro dan Jasuke. Teh Botol Sosro adalah minuman teh yang sangat populer di Indonesia dan semua orang menyukainya, sedangkan Jasuke adalah makanan ringan singkatan dari Jagung Susu Keju–menyajikan jagung rebus dengan topping susu kental manis dan keju serut.
Promosi Pada Saat Momen Perayaan
Satu lagi strategi McDonald’s yaitu tak pernah melewatkan promosi di momen perayaan melalui seasonal marketing. Beberapa contohnya seperti promo pada momen ulang tahun kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, serta memberikan menu spesial di momen hari raya Idul Fitri dan juga Natal.
Setelah mampir ke McDonald’s, kita pulang ke rumah untuk menikmati tayangan Netflix.
-
Netflix
Netflix adalah layanan streaming video asal Amerika Serikat yang menayangkan berbagai acara televisi dan film, mereka juga memiliki produksi original dan siaran dari pihak lain. Netflix didirikan pada 16 Januari 2007 di Amerika Serikat. Sejak awal berdiri, Netflix telah empat kali berganti logo dan logo yang keempat muncul pada tahun 2014 dan digunakan hingga kini. Netflix pun hadir di Indonesia sejak bulan Januari 2016. Netflix menayangkan berbagai genre dan siaran tontonan untuk semua kalangan dan usia. Berikut strategi Netflix yang semakin sukses di Indonesia:
Membuat Film dan Series Lokal
Netflix selalu membuat inovasi dengan memproduksi film dan series mereka sendiri, tidak hanya di Amerika, tapi juga di wilayah streaming mereka seperti Indonesia. Karya original Netflix Indonesia yang populer di antaranya Penyalin Cahaya, Kabut Berduri, Guru-Guru Gokil, Setetes Embun Cinta Niyala.
Memberikan Terjemahan dan Subtitle
Netflix tak berhenti sampai di produksi film dan series lokal, tapi juga menyediakan terjemahan dan memberikan subtitle bahasa Indonesia bahkan untuk setiap tayangan yang berbahasa Indonesia. Subtitle memberikan pengalaman menonton yang jauh lebih nyaman dan membuat tayangan lebih mudah dipahami, terutama bagi penonton yang telah berusia lebih.
Dubbing dan Voice-Over
Jika membaca subtitle dirasa cukup merepotkan bagi penonton yang ingin benar-benar meresapi tayangan yang sedang ditonton – contohnya seperti film dan series Barat dan Korea – maka Netflix juga menyediakan dubbing dan voice-over, sehingga audiens tak perlu lagi membaca subtitle. Penonton dapat menikmati tontonan dalam bahasa mereka sendiri, termasuk bahasa Indonesia.
Mengadaptasi Kultur Indonesia di Media Sosial
Tak lupa Netflix berkomunikasi secara langsung dengan penonton melalui media sosial, dengan mengadaptasi kultur Indonesia. Contohnya, membuat meme lucu dengan menyertakan cuplikan adegan film atau series lokal Indonesia. Tujuan Netflix adalah untuk beresonansi dengan audiens Indonesia dan menciptakan atmosfer yang terasa asli Indonesia banget.
Tak hanya Netflix, tapi brand Uniqlo asal Jepang juga sukses dengan marketing mereka di Indonesia.
-
Uniqlo
Uniqlo adalah perusahaan tekstil asal Jepang yang menjual pakaian kasual dengan gaya minimalis. Uniqlo pertama kali didirikan di Prefektur Yamaguchi, Jepang, pada tahun 1949. Untuk pertama kalinya Uniqlo hadir di Indonesia yaitu pada tahun 2013 di Lotte Shopping Avenue yang kini menjadi Lotte Mall. Kini telah ada lebih dari 80 toko Uniqlo di berbagai kota besar di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi. Lantas, seperti apa strategi sukses Uniqlo di Indonesia? Berikut strateginya:
Harga Terjangkau untuk Baju Simpel Minimalis
Pakaian Uniqlo yang simpel dan minimalis juga didesain dengan model yang tak lekang oleh waktu serta memiliki ketahanan yang sangat baik. Untuk kualitasnya yang tinggi ini, Uniqlo menjual pakaiannya dengan harga yang masuk akal bagi masyarakat Indonesia, sehingga Uniqlo dapat memiliki tempat khusus di hati para konsumen dan pelanggan.
Partnership dengan Artis dan Desainer Lokal
Tentu saja Uniqlo tak melewatkan peluang marketing melalui kolaborasi dengan tokoh publik lokal. Sederet selebriti tanah air yang pernah ikut mempromosikan koleksi Uniqlo di antaranya Maudy Ayunda, Jerome Polin, Eva Celia, Reza Rahadian dan Sophia Latjuba. Promosi demikian sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia, karena menampilkan visual lokal yang familiar dan sangat populer.
Aktif Promosi di Media Sosial
Berdasarkan data dari Wikipedia, kehadiran Uniqlo di Indonesia juga sangat kuat khususnya di media sosial. Uniqlo Indonesia di Instagram memiliki lebih dari 2 juta pengikut, sementara di TikTok mereka memiliki lebih dari 900.000 pengikut. Angka tersebut menjadikan akun Uniqlo memiliki pengikut terbanyak di negara ini. Uniqlo membuktikan kesuksesan mereka dengan strategi localize global campaigns for Southeast Asia khususnya di Indonesia.
Kesimpulan
Dengan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kultur Indonesia, brand-brand global sukses menarik minat konsumen dan mempertahankan kepercayaan pelanggan. Bersama IDEOWORKS, brand global Anda akan dapat menemukan strategi yang paling tepat untuk marketing dengan lokalisasi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi IDEOWORKS sekarang melalui kontak yang tersedia.