Di era digitalisasi seperti sekarang ini, cara promosi di Tik Tok sungguh menjadi kunci kesuksesan sebuah brand menggaet pasar. TikTok marketing menjadi aplikasi yang sedang viral dan banyak yang menggunakannya mulai dari remaja hingga dewasa. Selain itu, isi konten video yang mudah ditemukan dari berbagai tema dan lucu, TikTok creator juga sering menjadikan platform TikTok sebagai tempat orang berekreasi sekaligus target market. Apabila Anda seorang bisnisman, sudah saatnya menerapkan strategi marketing trend terkini dengan cara promosi di TikTok untuk mengenalkan brand Anda kepada khalayak.
Fitur Trend Terkini di TikTok
Dengan berkembangnya teknologi, TikTok marketing hadir sebagai suksesor pengguna mempromosikan produknya. Terdapat fitur trend terkini berbelanja online yang bernama TikTok Shop atau TikTok Shopping. Saat ini TikTok Shop memang telah mendedikasikan diri sebagai platform dengan pengguna terbanyak di dunia yang memiliki total jumlah unduhan lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama tahun 2022.
TikTok Shop merupakan fitur social e-commerce yang memungkinkan pengguna seperti TikTok Creator mempromosikan brand atau produk agar lebih terkenal di TikTok. Fitur ini telah tersedia untuk TikTok Creator dengan akun bisnis sejak September 2021 lalu.TikTok Shop hadir sebagai respon terhadap meningkatnya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui tayangan video via TikTok.
Namun, sayangnya masih ada banyak pebisnis yang belum memaksimalkan cara promosi di TikTok agar brand-nya lebih terkenal. Itulah mengapa, tujuannya dibuat artikel ini supaya membantu meringankan pebisnis yang ingin mendapatkan hasil terbaik dari promosi di platform TikTok.
Bagaimana cara promosi di TikTok supaya brand terkenal?
Ada beberapa cara promosi di TikTok yang sedang hype untuk brand menjadi terkenal. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Pelajari Platform TikTok Marketing
Pertama kali sudah pasti Anda harus mempelajari dulu platform social media TikTok tersebut. Mempelajari platform TikTok sama halnya Anda mempelajari strategi marketing tools lainnya untuk mendapatkan sebuah cara yang terbaik. Mulai dari menciptakan konten video, menerapkan TikTok ads, hingga kemasan yang tepat untuk market TikTok.
Selain itu, pelajari tools-tools yang ada di TikTok untuk meng-create video, efek, filterasi, gambar, musik yang cocok untuk mengemas branding via TikTok marketing Anda.
Menurut survei dari GlobalWebIndex, pengguna TikTok saat ini didominasi oleh pengguna muda berusia diantara 16 – 24 tahun. Berhubung mayoritas pengguna muda TikTok, Anda harus memahami selera konten mereka seperti apa.
Hindari konten yang terlalu serius dan membosankan, karena hal tersebut akan membuat penonton skip video Anda. Generasi milenial dan z cenderung memiliki sifat dan karakter yang ceria. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda memberikan sentuhan energik dan sedikit jenaka agar penonton tertarik mengenal produk Anda.
Terapkan TikTok Ads
Dalam mengemas konten baru di TikTok marketing agar lebih memudahkan brand Anda terkenal, pahami dan terapkan berbagai jenis iklan yang bisa Anda manfaatkan. Ini berlaku tidak hanya di TikTok, tetapi semua jenis platform social media marketing yang memiliki layanan iklan untuk penggunaannya. Sebagaimana kini TikTok Ads menjadi senjata pamungkas untuk marketing Anda.
Melansir laman Later, TikTok Ads merupakan sebuah perangkat yang menyediakan fitur targeting, ad creation, insight report dan ad manajemen untuk TikTok creator. Tools ini menawarkan platform TikTok terbaik untuk membantu brand Anda mendapatkan perhatian lebih dari jutaan pengguna random TikTok seluruh dunia.
TikTok ads memiliki dua opsi budgeting, yaitu memanfaatkan iklan harian (daily), atau seumur hidup (lifetime), semua tergantung pengguna. Dimana Anda dapat memanfaatkan fitur “Custom Audiences” dan “Lookalike Audiences” untuk menjangkau audiens baru dengan kebutuhan serupa dengan yang sudah ada.
Sebelum menerapkan TikTok Ads, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis TikTok Ads berikut ini:
- Pre-roll Ads – Jenis iklan yang akan muncuk ketika ada pengguna yang membuka aplikasi TikTok
- In-feed Ads – Jenis iklan yang akan muncul saat pengguna sedang scroll konten dalam feed TikTok.
- Promoted Hastag – Jenis iklan yang meminta pengguna menggunakan hastag khusus iklan. Biasanya hal ini dilakukan untuk kompetisi challenge atau giveaway.
- Brand Effect – Jenis iklan berbentuk filter yang mengandung unsur spesifik dari sebuah brand marketing.
Ciptakan Challenge Hashtag
Challenge Hastag merupakan sebuah kampanye atau tantangan kepada pengguna TikTok (target market Anda) untuk mereka menciptakan kembali konten yang telah Anda buat (me-recreate). Caranya dengan Anda membuat konten video, lalu meminta follower Anda untuk me-recreate konten Anda dengan gaya yang mereka ciptakan sendiri. Semakin banyak pengguna yang me-recreate, maka semakin besar konten marketing brand Anda terkenal (viral).
Anda mesti tahu, dong, kalau TikTok marketing telah banyak sekali yang memaksimalkan challenge hastag ini. Bahkan sudah menjadi trend terkini yang mendunia. So, tidak ada salahnya bila Anda menggunakan cara promosi ini di TikTok pada konten unggahan. Namun, pastikan bahwa isi kontennya relevan dengan tanda pagar tersebut.
Ajak Influencer berpartisipasi
Dengan cara promosi di TikTok ini, memberikan satu credit point untuk brand Anda lebih cepat terkenal karena memaksimalkan follower influencer di TikTok. Meskipun influencer di TikTok belum se-eksis yang di Instagram dan YouTube, setidaknya Anda mengajak influencer berpartisipasi membuat marketing Anda menjadi meningkat dari sebelumnya.
TikTok Ads dan Influencer merupakan metode yang hampir sama dalam meningkatkan promosi. Bedanya, influencer dilakukan oleh tenaga profesional yang memiliki follower besar (terkenal), sedangkan TikTok ads menggunakan tools marketing berbasis teknologi untuk mencari pengguna lewat tayangan iklan.
Konsistensi konten
Hampir di seluruh social media marketing bisa menjangkau banyak audience selama pengguna menampilkan konten secara konsisten. Dengan rajin posting konten video di TikTok, maka brand Anda akan menjadi lebih terlihat di TikTok dan berkesempatan tampil di halaman FYP (For Your Page)—sebuah reward konten di platform TikTok.
Bila konten Anda terdaftar di FYP, maka dipastikan berada di halaman awal saat pengguna membuka aplikasi TikTok. Inilah yang dinamakan reward konten (viral) TikTok. Jaminan FYP, bukan hanya jumlah viewers konten Anda akan melonjak tajam, tetapi meningkatkan promosi ketika Anda sedang berjualan dan mendapat keuntungan (pelanggan) pastinya.
Biasanya konten FYP bagi pengguna yang tepat menerapkan tools marketing TikTok, konsisten bikin konten dengan hastag yang tepat, sehingga viewers selalu penasaran dengan isi dari konten tersebut.
Gunakan fitur stitch
Fitur ini dapat digunakan untuk mengutip video TikTok marketing dari pengguna/konten lain. Fitur Stitch video TikTok jadi trend terkini yang digunakan untuk konten video marketing reaksi dan kutipan informasi di postingan. Video Stitch akan memuat video viral, selanjutnya terdapat video komentar Anda yang muncul setelahnya. Meski terbilang singkat, hanya 5 detik, tetapi exposure banyak di dapat dalam waktu yang singkat nan kreatif. Nah, fitur ini sangat tepat untuk Anda terapkan menjadi trik marketing di TikTok.
Reference :
https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-promosi-bisnis-di-tiktok