Di masa sekarang, semakin sedikit konsumen yang loyal terhadap sebuah brand. Tidak heran, karena adanya kemudahan belanja online memberikan pilihan yang tidak terbatas kepada para consumer. Cukup memasukkan kata kunci di mesin telusur pencarian dan muncullah semua pilihan produk atau layanan yang dicari. Belum lagi adanya perang diskon dari semua brand yang menjadikan kompetisi begitu ketat di pasaran. Lantas, bisakah brand membuat consumer menjadi loyal?
Ya, bisa. Asalkan brand Anda memahami celah yang dapat dimanfaatkan, teliti memanfaatkan peluang, membuat strategi pemasaran tidak hanya diskon namun juga digital ads yang menarik, maka, Anda dapat membuat konsumen bahkan pembeli baru menjadi loyal terhadap brand Anda, sehingga mereka menjadi pelanggan setia. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.
Apa Itu Brand Loyalty dan Peranan Pentingnya Bagi Bisnis
Secara sederhana, brand loyalty adalah kesetiaan pelanggan terhadap sebuah brand di mana mereka terus kembali pada brand tersebut untuk membeli produk atau layanan yang disediakannya.
Jika brand memberikan nilai tinggi terhadap produk atau layanan mereka, maka pengalaman konsumen akan tetap bagus dan bisnis mendapat keuntungan customer retention, yaitu kondisi di mana konsumen bertahan dan menjadi pelanggan tetap. Ini artinya, brand Anda membutuhkan lebih sedikit upaya untuk customer acquisition atau mendatangkan pelanggan baru, terlepas dari kenyataan bahwa bisnis harus selalu mencari konsumen baru.
Berikut sejumlah statistik dari Trends Report berdasarkan penelitian Zendesk, terkait pentingnya membangun brand loyalty melalui pelayanan konsumen:
– Konsumen loyal berbelanja lebih banyak
– Konsumen loyal jarang pergi karena kecewa
– Konsumen loyal meningkatkan retention rate
– Konsumen loyal jarang berpindah ke kompetitor
– Konsumen loyal akan senang merekomendasikan brand Anda
Meski demikian, tren belanja online “mengajak” consumer untuk membeli saat ada diskon. Akhirnya, konsumen menjadi terobsesi dengan diskon, tanpa terlibat engagement yang berarti dengan brand dari produk atau layanan yang dibelinya. Mereka pun tidak memiliki alasan untuk loyal kepada satu brand saja.
Namun, Anda tetap bisa mengarahkan consumer untuk menjadi pelanggan yang loyal, dengan menggunakan strategi yang tepat, secara teliti dan cermat. Berikut caranya:
Cara Membangun Brand Loyalty di Tengah Perang Diskon
Persaingan kini semakin ketat apalagi dalam digital marketing, terutama karena setiap brand berlomba-lomba memberikan diskon, sehingga banyak konsumen yang kurang mempertimbangkan brand dari produk atau layanan yang dibeli. Consumer juga tetap puas setelah membeli dengan harga diskon, bahkan dari brand yang kualitasnya biasa saja.
Lantas, bagaimana cara membuat konsumen menjadi pelanggan yang setia dan tak berpindah ke brand lain? Berikut cara membangun brand loyalty:
-
Tetap Menjaga Kualitas Tinggi untuk Produk atau Layanan
Konsumen pasti mengharapkan kualitas yang sesuai dengan harga produk atau layanan yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda harus selalu menjaga kualitas produk atau layanan tersebut agar kualitasnya tetap tinggi. Sebab, konsumen pasti akan kembali jika mereka sudah mengetahui jaminan kualitas brand Anda.
-
Terhubung Melalui Engagement yang Dalam dengan Konsumen
Selalu terhubung dengan target market Anda secara rutin dan konsisten. Biarkan mereka tahu tentang semua update terbaru mengenai brand Anda, karena consumer akan merasa antusias. Bangun momentum melalui komunikasi dan biarkan para konsumen serta pelanggan ikut terlibat dalam aktivitas bisnis Anda.
-
Minta Feedback dari Konsumen Tentang Brand Anda
Jaga interaksi dengan konsumen Anda, mintalah opini mereka tentang brand Anda, cari tahu apakah mereka menyukai pengalaman belanja mereka yang terbaru, apakah mereka puas dengan pelayanan customer service, apakah produk atau layanan Anda sesuai dengan ekspektasi mereka? Dengarkan consumer dan berikan apa yang mereka inginkan.
-
Beri Mereka Alasan Kembali untuk Berbelanja
Sediakan insentif untuk konsumen yang datang kembali untuk berbelanja. Anda dapat melakukannya dengan membuat program yang memberikan apresiasi kepada pelanggan. Misalnya, memberikan akses khusus, status spesial dan penghargaan lainnya yang bukan dalam bentuk uang, karena ini menjadi privilege di mana tidak semua consumer bisa mendapatkannya.
-
Selalu Amati Kompetitor dan Tren yang Sedang Diminati
Bisnis harus tetap relevan untuk produk dan layanan yang disediakan. Lihat strategi apa yang diterapkan oleh kompetitor dan ada tren baru apa saja yang sedang diminati, sehubungan dengan bidang industri Anda. Sebab, jika strategi marketing dan komunikasi Anda tidak relevan dengan tren terkini, promosi Anda cenderung akan diabaikan oleh calon konsumen karena dianggap tidak memiliki poin yang penting.
-
Berikan Value Khusus dari Brand Agar Berbeda dari yang Lain
Tak hanya mengikuti tren, tetapi brand Anda juga perlu memberikan value yang berbeda. Sebab, Anda ingin pelanggan kembali untuk berbelanja tidak hanya untuk kedua dan ketiga kali namun seterusnya. Berikan apresiasi kembali dengan memberi diskon, gratis ongkir, gifts with purchase seperti hadiah, layanan gratis dan masih banyak lagi.
-
Tunjukkan Apresiasi kepada Konsumen Secara Personal
Ungkapkan rasa terima kasih kepada pelanggan dengan cara yang paling personal. Sesederhana ucapan “terima kasih” menjadi langkah awal yang tepat. Anda juga dapat memberikan ucapan seperti “Selamat Ulang Tahun”, “Selamat Berlibur”, atau “Selamat Tahun Baru”. Tampaknya sepele namun ini sangat penting, karena menunjukkan bahwa Anda peduli kepada pelanggan lebih dari sekadar melakukan interaksi bisnis.
Kesimpulan
Memahami consumer dan menjaga engagement dengan mereka menjadi kunci penting dalam membangun brand loyalty. Untuk itu, IDEOWORKS hadir bersama ide-ide brilian dan inovatif yang dapat diterapkan dalam membuat strategi marketing Anda.
Bersama IDEOWORKS yang terpercaya dengan keahlian dan pengalaman sebagai digital marketing agency, Anda dapat membangun brand loyalty dan mendapatkan pelanggan setia untuk jangka panjang. Hubungi IDEOWORKS sekarang juga melalui kontak yang tersedia.