Apakah Anda pernah mendengar tentang jasa brand audit? Bagi pemilik bisnis, melakukan brand audit secara rutin sangatlah penting, terutama di era digital marketing seperti sekarang ini. Digital marketing tumbuh begitu pesat hingga mengubah cara brand tumbuh dan berkembang.
Meskipun brand identity Anda mungkin telah memberikan pencapaian yang luar biasa beberapa tahun lalu, namun bisa jadi tak sesuai untuk tujuan saat ini. Satu-satunya cara untuk mengidentifikasi masalah sebelum merusak brand identity Anda adalah dengan melakukan brand audit. Lalu, kapan bisnis perlu melakukan brand audit?
Pengertian dan pentingnya brand audit untuk bisnis
Brand audit adalah suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi posisi brand mereka di tengah persaingan pasar, termasuk keunggulan dan kelemahannya. Melakukan brand audit bertujuan untuk memastikan kinerja brand di mata pelanggan. Brand audit yang dilakukan secara rutin akan membantu Anda menentukan posisi brand dan merencanakan strategi yang lebih tepat sasaran.
7 Tanda Anda perlu melakukan brand audit
Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa brand audit penting untuk kelangsungan bisnis. Namun, kapankah waktu yang paling tepat untuk melakukannya? Anda bisa menggunakan beberapa indikator berikut untuk memulai brand audit.
1. Mulai kehilangan pelanggan
Jika pelanggan semakin berkurang, bisa dipastikan posisi brand Anda lemah dibanding brand kompetitor. Pelanggan beralih karena menemukan jawaban atas kebutuhan mereka pada produk yang ditawarkan kompetitor, namun tidak dapat dipenuhi brand Anda.
2. Bisnis Anda berkembang pesat
Brand audit tidak hanya dilakukan saat bisnis Anda menemui hambatan. Justru sebaliknya, brand audit pun perlu dilakukan saat bisnis makin berkembang. Sebuah bisnis yang tumbuh dengan cepat dan mampu mengembangkan hubungan kepercayaan dengan pelanggannya sering kali mengubah strategi dengan meningkatkan produk—yang kemudian membebankan tambahan biaya kepada pelanggan.
Pendekatan semacam ini tentu tidak aneh. Namun, kemudian banyak bisnis yang tidak mengevaluasi brand identity mereka. Dampaknya, pelanggan pun mempertanyakan apakah produk tersebut benar-benar sepadan dengan harga yang mereka bayar.
3. Kesulitan mengidentifikasi kelemahan bisnis
Anda tahu bahwa ada yang salah dengan brand Anda, namun akar permasalahannya masih belum diketahui. Jika Anda menghadapi situasi semacam ini, maka brand audit harus segera dilaksanakan. Anda dapat bekerja sama dengan penyedia jasa brand audit untuk melakukannya.
Jasa profesional brand audit akan membantu Anda mengurai hambatan dan tantangan yang sedang dihadapi brand. Dari situ, Anda bisa segera mengidentifikasi letak permasalahan, penyebab, serta strategi yang perlu diambil untuk mengatasinya.
4. Brand identity tak lagi relevan dengan target market
Kebiasaan konsumen dan ekonomi pasar terus berubah. Jika nama, logo brand, serta bahasa yang Anda gunakan dalam komunikasi pemasaran tak mengikuti perubahan tersebut, dikhawatirkan brand Anda akan tertinggal dari kompetitor.
Anda bisa memulai brand audit dengan memeriksa komentar dan reaksi pelanggan di media sosial terkait strategi pemasaran Anda. Data yang muncul akan membantu Anda memahami bagaimana pelanggan memandang brand Anda.
5. Kompetitor punya inovasi lebih
Agar bisnis semakin sukses, Anda harus tetap unggul dibanding para kompetitor. Jadi, penting untuk terus memonitor apa yang sedang dilakukan oleh perusahaan pesaing.
Jika pesaing Anda menghadirkan sebuah inovasi atau mengubah penawaran mereka akhir-akhir ini, maka Anda harus segera melakukan brand audit untuk meninjau kembali brand. Mengambil tindakan perbaikan yang tepat akan membantu Anda bertahan dalam persaingan atau bahkan unggul dari kompetitor.
6. Pangsa pasar turun
Pangsa pasar atau market share merupakan persentase penjualan dari suatu perusahaan. Ketika pangsa pasar turun, itu artinya tingkat penjualan perusahaan rendah. Jika kondisi ini terus berlanjut, dikhawatirkan jumlah pelanggan pun akan ikut turun.
Ini juga merupakan suatu tanda untuk segera melakukan brand audit. Harapannya, Anda bisa lebih cepat mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan pangsa pasar turun dan segera mengambil tindakan korektif.
7. Kekuatan brand Anda tidak meyakinkan
Anda merasa ragu dengan kekuatan brand saat diadu dengan brand kompetitor? Atau Anda merasa kelemahan brand telah menutupi keunggulannya? Jika jawaban Anda iya, maka sudah waktunya untuk melakukan brand audit. Dengan brand audit, Anda bisa mengidentifikasi apa saja kelemahan brand. Dari situ, Anda bisa segera merancang strategi untuk mengubah kelemahan tersebut menjadi suatu potensi.
Apakah Anda menemukan tanda-tanda di atas pada brand Anda? Jika Anda menjawab iya, maka brand audit harus segera dilakukan. Brand audit dapat dilakukan secara mandiri, namun untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan jasa brand audit profesional. IDEOWORKS yang merupakan integrated digital agency menawarkan jasa profesional brand audit untuk pengembangan brand Anda. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, IDEOWORKS telah menangani berbagai macam kebutuhan brand yang berkaitan dengan digital marketing, termasuk brand audit. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!