Brand equity atau ekuitas merek adalah aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan bagi para pelaku bisnis. Istilah ini merujuk pada nilai yang dimiliki dari sebuah brand yang membuatnya merek kompetitor. Selain dari segi kualitas barang, tingkat ekuitas dari sebuah brand juga ditentukan dari persepsi dan pengalaman konsumen selama menggunakan brand tersebut.
Brand dengan ekuitas yang baik dan positif tentunya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang berujung pada peningkatan keuntungan. Dalam pasar yang kompetitif seperti Asia Tenggara, membangun brand equity tidak bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan strategi yang terarah serta pemahaman mendalam terhadap karakteristik dan ekspektasi konsumen lokal.
Karena itu, designing brand experiences in Southeast Asia menjadi salah satu pendekatan krusial bagi brand, terutama brand global yang ingin menancapkan kehadirannya secara kuat di kawasan ini. Di sinilah peran agensi kreatif menjadi sangat penting.
Mengapa Harus Pakai Jasa Agensi Kreatif untuk Tingkatkan Brand Equity?
Kondisi pasar konsumen Asia Tenggara yang dinamis memberikan tantangan tersendiri bagi brand global yang hendak melakukan penetrasi. Untuk membuat brand Anda semakin mudah dikenal dan diterima target pasar dari kalangan masyarakat Asia Tenggara, bekerjasama dengan agensi kreatif bisa menjadi keputusan yang sempurna. Apa alasannya?
1. Pemahaman terhadap Nilai Luhur Kebudayaan Lokal
Agensi kreatif lokal memiliki pemahaman yang mendalam mengenai nilai luhur dari kebudayaan yang dianut masyarakat setempat. Mereka dapat memberikan input mengenai campaign yang sesuai dengan koridor kebudayaan dan etika sosial yang berlaku di dalam masyarakat lokal. Berkonsultasi dengan agensi kreatif juga membantu meminimalisir terjadinya miskomunikasi antara brand dengan calon konsumen.
2. Pengetahuan yang Memadai tentang Preferensi Media Digital
Agensi kreatif juga memiliki pengetahuan yang lebih mendalam mengenai jenis platform media digital yang digemari oleh masyarakat setempat. Masing-masing negara atau wilayah di Asia Tenggara tentunya memiliki preferensi media digital yang berbeda-beda. Insight dari agensi digital membantu Anda memilih channel media sesuai dengan target audience untuk menjamin campaign menjadi lebih efektif.
3. Memberikan Insight terhadap Perilaku Konsumen
Dalam menerapkan rencana campaign, Anda akan membutuhkan data yang akurat mengenai pola perilaku konsumen. Agensi kreatif bisa sangat membantu dalam hal mengumpulkan dan memberikan insight mengenai demografi target konsumen dan produk atau layanan yang paling mereka butuhkan, pola perilaku mereka sebelum melakukan pembelian, serta faktor-faktor psikologis yang melatarbelakangi perilaku mereka.
4. Memiliki Tools Terbaik untuk Pemetaan Lanskap Kompetitor
Dalam perumusan maupun pengumpulan data insights untuk konsumen Asia Tenggara, creative agency memiliki tools yang mumpuni serta metodologi yang teruji untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Melalui tools tersebut, mereka dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kelebihan maupun kelemahan merek kompetitor, sekaligus menemukan peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat brand terlihat berbeda dibandingkan pesaing.
Setelah memahami bagaimana agensi kreatif berperan dalam memperkuat brand equity, penting juga untuk mengenal strategi konkret yang biasa mereka terapkan. Strategi-strategi ini bukan hanya membantu brand bertahan, tetapi juga tumbuh dan unggul di tengah dinamika pasar Asia Tenggara.
Cara Agensi Kreatif Membantu Mendongkrak Ekuitas Merek untuk Bertahan di Pasar Asia Tenggara
Bekerjasama dengan agensi kreatif bisa membantu sebuah brand global untuk memasuki sekaligus bertahan di tengah persaingan pasar Asia Tenggara yang sengit. Terutama dalam konteks working with a creative agency in Indonesia, kolaborasi ini dapat menghadirkan perspektif lokal yang kuat dan strategi brand yang terarah. Berikut adalah cara bagaimana agensi kreatif bisa membantu mendongkrak brand equity Anda:
1. Mengembangkan Identitas Merek yang Relevan dengan Kebudayaan Lokal
Agensi kreatif bisa membantu Anda dalam menciptakan serta menyesuaikan identitas brand dari segi visual dan verbal, seperti dari segi logo,warna, tagline, dan tone of voice untuk memastikan pesan brand tersampaikan secara maksimal.
2. Menyusun Narasi Merek yang Menarik dan Autentik
Tim ahli di dalam agensi tim kreatif memiliki keahlian dalam meracik brand narrative yang tidak hanya informatif dan autentik, namun juga dapat menumbuhkan ikatan emosional antara brand dengan target konsumen. Hal ini membuat konsumen menjadi lebih mudah mengingat dan memilih brand Anda sebagai preferensi mereka.
3. Perancangan Kampanye Pemasaran yang Tepat Sasaran dan Kreatif
Untuk membantu brand Anda tampil menonjol di tengah-tengah hiruk-pikuk iklan di Asia Tenggara, agensi kreatif memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk membantu merencanakan marketing campaign dengan target audience yang sesuai. Mereka juga dapat membantu Anda dalam merancang platform, format, dan penyampaian pesan yang paling efektif untuk memberikan hasil maksimal.
4. Adaptasi Konten untuk Berbagai Platform
Untuk memaksimalkan strategi campaign di berbagai platform media sosial, agensi kreatif akan membantu memberikan insight yang bermanfaat sehingga Anda bisa menyesuaikan konten sesuai dengan platform preferensi target konsumen tanpa resiko kehilangan core identity dari brand itu sendiri. Dengan bantuan dari agensi, Anda bisa menciptakan video berdurasi panjang dan informatif untuk campaign di platform Youtube, konten video singkat dengan potensi trending untuk platform Instagram dan Tiktok, maupun konten berupa infografis atau artikel menarik untuk diunggah di platform Facebook dan X.
5. Melancarkan Kolaborasi antara Brand dengan Influencer Lokal
Agensi digital creative juga bisa menjadi jembatan bagi Anda yang berencana memanfaatkan jasa influencer lokal untuk memperkenalkan brand ke masyarakat luas. Mereka akan membantu menemukan influencer dengan niche dan basis pengikut yang sesuai dengan target pasar Anda. Mereka bisa menjadi corong untuk menumbuhkan brand awareness secara organik dan menumbuhkan kepercayaan terhadap brand Anda.
6. Membangun Brand Experience yang Konsisten dan Memuaskan
Ekuitas merek juga bisa dibangun dari pengalaman pengguna atau konsumen selama mereka menggunakan produk atau layanan dari brand Anda. Dalam hal ini, agensi digital membantu designing brand experiences in Southeast Asia yang mulus dan dipersonalisasi. Sehingga, konsumen akan merasakan kenyamanan yang maksimal saat berusaha mengenal hingga proses membeli produk atau layanan yang brand Anda tawarkan.
7. Menerapkan Pemantauan dan Optimasi Berkala
Tidak hanya menerapkan strategi yang handal, agensi kreatif yang berpengalaman juga akan melakukan pemantauan secara rutin. Mereka menerapkan metrik-metrik penilaian untuk mengetahui efektivitas dari strategi yang telah ditetapkan. Apabila diperlukan, tim ahli di dalam agensi juga akan menerapkan optimasi di beberapa sektor yang membutuhkan perbaikan.
Setelah memahami peran penting agensi kreatif dalam membangun brand yang kuat di Asia Tenggara, kini saatnya melihat bagaimana penerapannya di dunia nyata. IDEOWORKS, sebagai salah satu agensi kreatif terkemuka di Indonesia, telah membantu banyak brand menciptakan kesan yang kuat dan relevan di hati konsumen.
Sepak Terjang IDEOWORKS dalam Mendongkrak Brand Equity
IDEOWORKS merupakan digital marketing agency asal Jakarta yang telah berpengalaman di bidang pemasaran digital. Bagi brand global, working with a creative agency in Indonesia seperti IDEOWORKS memberikan keuntungan besar dalam memahami pasar lokal dan membangun kedekatan emosional dengan konsumen. Agensi ini telah membantu berbagai brand global dalam membangun brand equity melalui brand building maupun rebranding untuk memudahkan merek tersebut diterima oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah beberapa project terbaik kerjasama antara IDEOWORKS dengan berbagai brand ternama:
- Brand perhiasan Mondial
- Brand multivitamin dan obat dari Bintang Toedjoe
- Brand snacking dari Garuda Food
- Brand footwear JD Sports
- Brand farmasi Novo Nordisk
Sepak terjang IDEOWORKS dalam dunia digital marketing sudah tentu tidak perlu diragukan. Agensi digital creative ini bisa menjadi partner yang tepat untuk membantu membangun brand equity dari merek Anda. Tim ahli yang bernaung di bawah agensi ini memiliki berbagai ide dan inovasi menarik yang dapat membuat brand Anda lebih mudah diterima dan berkesan di kalangan masyarakat lokal. Hubungi kontak yang tertera untuk memulai kerjasama bersama IDEOWORKS sekarang juga.