Instagram Reels versus Tiktok, Mana Lebih Unggul untuk Bisnis Kamu?
Kehidupan masyarakat Indonesia tak lepas dari keberadaan media sosial. Berbagai aplikasi jejaring kini tak hanya sebagai bagian dari hiburan bagi masyarakat semata. Social media marketing agency bahkan menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi digital marketing.
Agensi marketing We Are Social dan Hootsuite sampai Januari 2021 mengungkapkan lebih dari separuh penduduk di Indonesia telah menjadi pengguna media sosial. Dalam laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital itu, disebutkan bahwa dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia, 170 juta atau 61,8% di antaranya telah menggunakan media sosial.
Khusus aplikasi Instagram, laporan tersebut mencatat Instagram diakses oleh pengguna berusia 16 sampai 64 tahun dengan persentase mencapai 86,6% dalam beberapa bulan terakhir. Hingga kuartal I-2021, jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 miliar dan 354 juta penggunanya berusia 25 hingga 34 tahun.
Kepopuleran aplikasi berbagi foto dan video itu kemudian memperoleh pesaing dari aplikasi Tiktok yang dirilis pada September 2016. Dalam laporan tersebut, persentase penggunaan Tiktok tepat di bawah Instagram yakni 85,5%.
Persaingan dua aplikasi besar ini kian meruncing dengan adu fitur terkini yang semakin digemari pengguna. Instagram semula hanya berbasis foto dan kemudian berkembang dengan video 1 menit dan Instagram TV (IG TV). Terbaru, pada Juni 2021, masyarakat Indonesia bisa menikmati fitur terbaru, Instagram Reels. Fitur tersebut dianggap menjadi pesaing Tiktok karena berbasis video musik.
Lantas, bagaimana keunggulan masing-masing aplikasi tersebut bagi social media agency Indonesia? Pasalnya, penggunaan kedua aplikasi ini memainkan peranan penting dalam jasa promosi yang dilakukan agensi untuk brand awareness.