Preloader
Strategi Digital Creative Agency dalam Campaign Ramadhan & Lebaran

Selamat datang di era di mana Ramadhan dan Lebaran bukan hanya sekadar momen keagamaan, tetapi juga menjadi ladang subur bagi inovasi dan kreativitas dalam dunia bisnis dan digital. Kehadiran campaign Ramadhan & Lebaran tidak hanya menginspirasi merek untuk berkreasi, tetapi juga menyuguhkan kesenangan dengan sarat makna yang mendalam bagi konsumen. Kali ini, kita akan membahas bagaimana strategi Digital Creative Agency dalam menggarap campaign Ramadhan & Lebaran dapat menciptakan dampak yang luar biasa.

Belajar dari Aqua 2023: Menjaga Hidrasi di Bawah Teriknya Matahari

https://www.youtube.com/watch?v=JPZ1JlNTZaU

Pada tahun 2023, Aqua membawa ide konten yang segar dan berkesan ke platform YouTube dengan tema yang menarik, “Menjaga Hidrasi di Bawah Teriknya Matahari”. campaign ini tak hanya berfokus pada mempromosikan produk, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan menyampaikan pesan penting tentang menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan dengan cara yang menarik dan inspiratif.

Salah satu video unggulan dalam campaign ini adalah tutorial tentang pentingnya hidrasi selama berpuasa. Dalam video tersebut, Aqua tidak hanya sekadar memperkenalkan produknya, tetapi juga memberikan tips praktis dan solusi kreatif tentang bagaimana cara menjaga hidrasi tubuh saat berpuasa. Mereka mempresentasikan informasi dengan cara yang menarik dan atraktif, menggunakan animasi yang menyenangkan atau skenario yang lucu, sehingga membuat konten tersebut lebih mudah dicerna dan diingat oleh penonton.

cr: Instagram @sehataqua

Tak hanya itu, Aqua juga berkolaborasi dengan para influencer atau tokoh terkenal untuk menghadirkan konten yang lebih menarik. seperti yang mereka lakukan dengan mengundang seorang atlet terkenal atau selebriti yang aktif di media sosial untuk berbagi pengalaman mereka dalam menjaga hidrasi selama bulan Ramadhan. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan penonton, tetapi juga menambahkan elemen kepercayaan dan kredibilitas pada konten yang disampaikan.

cr: Instagram @sehataqua

Selain konten tutorial, Aqua juga menyajikan konten-konten kreatif lainnya seperti tantangan minum air, resep minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa, atau video inspiratif tentang manfaat hidrasi bagi kesehatan secara keseluruhan. Mereka dapat memanfaatkan tren viral atau meme yang sedang populer untuk membuat konten yang lebih menarik dan relevan bagi target audiens mereka.

Melalui slogan yang kuat, visual yang menarik dan memiliki pesan atau misi yang jelas, merek Aqua berhasil membangun hubungan emosional dengan audiensnya dan memperkuat brand awareness mereka.

Belajar dari Marjan 2023: Nilai-nilai Kebersamaan dan Berbagi dalam Budaya Ramadhan

Sedangkan, Sirup Marjan mempersembahkan ide konten yang mengangkat kebersamaan dan berbagi di platform YouTube dengan tema yang begitu menyentuh, “Nilai-nilai Kebersamaan dan Berbagi dalam Budaya Ramadhan”. Campaign ini tidak sekadar merayakan produk, melainkan mengusung misi untuk menyebarluaskan pesan kebaikan dan semangat Ramadhan kepada konsumennya dengan cara yang unik dan memikat.

(https://www.youtube.com/watch?v=lIPwhERDRag

Baruna sang Penjaga Samudra adalah salah satu video campaign yang sangat menarik dari Sirup Marjan yang membawa penonton pada perjalanan emosional melalui cerita tentang momen perjuangan sebuah desa melawan seekor naga laut. Mereka menggambarkan bagaimana kebersamaan serta tolong menolong antar sesama umat manusia dapat membawa suatu kebahagian dan sukacita. Melalui visual CGI yang berbeda dengan brand lainnya serta narasi yang menyentuh, Sirup Marjan mengajak penonton untuk merasakan kehangatan dan kegembiraan Ramadhan, sambil merenungkan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas yang begitu penting dalam budaya masyarakat Indonesia. Kehadiaran Marjan dengan inovasi iklan yang baru sudah ditonton lebih dari 14 juta kali dengan empat puluh tiga ribu likes di kanal YouTube mereka. Slogan yang dipilih juga cocok dengan tema yang diangkat.

cr: Instagram @marjanboudoin

Namun, Sirup Marjan tidak berhenti di situ. Mereka juga mengajak penonton untuk berpartisipasi aktif melalui konten interaktif yang menarik. Melalui tantangan berbagi dengan hashtag khusus, Sirup Marjan mengajak konsumennya untuk membagikan momen-momen berharga mereka selama bulan Ramadhan. Hal ini tidak hanya menciptakan komunitas online yang hangat dan mendukung, tetapi juga memperkuat ikatan emosional antara perusahaan dengan konsumennya.

Tidak hanya melalui challenge seperti kegiatan di atas, Marjan juga menyajikan ragam menu menggunakan produknya yang bisa dicoba oleh konsumen. Sebagai produk minuman, Marjan memperkuat branding dengan memberikan hasil yang lebih kreatif yang bisa menjadi ide untuk konsumennya sebelum membeli produk yang dipasarkan. Ini menjadi poin penting bagi sebuah brand makanan atau minuman karena dengan melihat hasil yang bisa dinikmati, konsumen semakin yakin akan kualitas produk tersebut.

cr: Instagram @marjanboudoin 

Penggunaan fitur dalam sosial media menjadi poin plus dalam campaign. Dalam contoh kali ini, Marjan mengunggah video rekomendasi resep resep minuman yang bisa disajikan untuk berbuka puasa. Ditambahkan dalam story Instagram laman Marjan lalu menggunakan shortcut dengan interuksi “Swipe up” jelas mempermudah konsumen untuk mengakses resep.

Melalui video campaign “Nilai-nilai Kebersamaan dan Berbagi dalam Budaya Ramadhan” di YouTube, Sirup Marjan bukan hanya merek minuman, tetapi juga mitra dalam perayaan Ramadhan yang bermakna bagi banyak orang. Dengan konten-konten yang memotivasi, menyentuh, dan menghibur, Sirup Marjan berhasil menempatkan diri mereka sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebahagiaan dan kebersamaan dalam bulan suci Ramadhan.

Belajar  dari Nutrisari 2023: Pentingnya Memperhatikan Nutrisi selama Bulan Ramadhan

Di lain sisi, Nutrisari menggebrak tahun 2023 dengan campaign YouTube yang penuh semangat, mengangkat tema yang sangat relevan, “Pentingnya Memperhatikan Nutrisi selama Bulan Ramadhan”. (​​https://www.youtube.com/watch?v=2R58kbSl1Yc) Dalam suasana bulan suci yang penuh berkah, Nutrisari tidak hanya ingin mempromosikan produknya, tetapi juga mengedukasi konsumen tentang pentingnya menjaga kesehatan dan nutrisi selama berpuasa.

cr: Instagram @nutrisariid

Salah satu video yang terkenal dalam campaign ini adalah serangkaian tutorial sederhana yang menyajikan informasi praktis tentang nutrisi dan kesehatan. Dalam video-video tersebut, Nutrisari tidak hanya memberikan informasi tentang nutrisi yang diperlukan tubuh selama puasa, tetapi juga berbagi resep minuman sehat dan makanan ringan yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Mereka mengemas informasi ini dengan cara yang kreatif dan menarik, menggunakan animasi yang lucu atau presentasi yang interaktif untuk membuat konten lebih menarik bagi penonton.

Tidak berhenti di situ, Nutrisari juga menghadirkan konten edukatif, mereka juga menambahkan sentuhan emosional yang kuat. Dengan membuat jingle yang khas dengan lirik rasa dari produk serta tak ketinggalan manfaat dari meminum produk tersebut, membuat penonton atau konsumennya lebih tertarik dengan video campaign tersebut. 

Perjalanan yang luar biasa telah kita saksikan bagaimana upaya Digital Creative Agency dalam merancang campaign Ramadhan & Lebaran yang penuh makna dan juga inspiratif. Dengan memilih tema yang relevan, mengedepankan kreativitas, dan menyampaikan pesan yang jelas, merek-merek seperti Aqua, Marjan, dan Nutrisari telah berhasil menciptakan dampak yang positif dan meninggalkan jejak yang berarti dalam benak konsumen. Sebagai bagian dari industri kreatif, dengan begitu campaign ini tidak hanya sekadar untuk mempromosikan produk mereka semata, melainkan bagaimana setiap merek tersebut dapat berarti di setiap benak konsumennya. 

Jika Anda adalah owner sebuah brand yang membutuhkan ide campaign untuk brand Anda, IDEOWORKS sebagai creative agency adalah solusi yang tepat. Kami siap sedia membantu mempersiapkan dari ide, menjalankan ide, hingga melaporkan hasil campaign sesuai yang Anda butuhkan. Silakan akses www.ideoworks.id untuk informasi selengkapnya. Increase your works with Ideoworks!