Dalam menjalankan strategi pemasaran di tahun 2025, layanan digital ads menjadi salah satu senjata andalan dari para brand yang cukup bisa diandalkan. Digital ads memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness. Saat ini, pilihan iklan digital semakin beragam. Namun, untuk memaksimalkan hasil dari pemasaran digital ini, Anda perlu memilih ads platform yang tepat dan mengetahui strategi bidding dan menentukan targeting yang tepat. Bagaimana cara mengetahui platform atau layanan digital ads yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran Anda?
Jenis-jenis Platform Digital Ads
Banyaknya platform digital ads yang beredar saat ini memudahkan Anda dalam memilih platform iklan yang sesuai dan efektif untuk menjangkau target pemasaran. Masing-masing platform memiliki kelebihan masing-masing yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Simak rekomendasi berikut:
1. Google Ads
Google ads adalah platform digital ads terbesar yang menawarkan berbagai spesifikasi unggul untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Penggunaan platform iklan ini memudahkan Anda untuk meluncurkan strategi pemasaran digital yang akan muncul pada hasil pencarian, maupun aplikasi dan website di bawah naungan Google, seperti Youtube, Gmail, dan lain sebagainya. Platform ini sangat ideal untuk menjangkau target pasar yang secara aktif melakukan pencarian terhadap brand Anda.
2. Meta Ads
Meta ads adalah layanan digital ads yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg. Dengan menggunakan platform ini, campaign pemasaran Anda bisa ditayangkan pada platform media sosial milik Meta, yaitu Facebook, Instagram, dan Threads. Anda bisa menayangkan iklan dalam bentuk berbagai macam format konten, mulai dari konten narasi, audio, dan visual yang menarik dan sangat efektif untuk membangun brand awareness.
3. Tiktok Ads
Tiktok ads merupakan platform pemasaran digital yang cocok untuk menarik target pasar dari kalangan anak-anak muda yang gemar menonton video atau reels berdurasi pendek. Anda bisa mengemas konten campaign produk dalam bentuk konten video singkat interaktif yang membahas review produk atau tips dan trik yang relevan dengan kebutuhan target audience. Membuat konten video yang mengangkat tema topik-topik viral juga bisa menjadi cara untuk membuat campaign brand semakin menarik.
4. Twitter Ads
Twitter atau X juga bisa menjadi platform pemasaran digital yang sangat efektif. Platform ini memudahkan Anda untuk berinteraksi secara real-time dengan audiens, baik dalam bentuk forum diskusi maupun kemudahan mendapatkan feedback dari pengguna yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Anda. Selain itu, Anda juga lebih mudah mendeteksi berbagai topik atau isu sosial yang sedang hangat diperbincangkan dan menggunakannya sebagai dasar strategi pemasaran melalui platform tersebut.
5. Pinterest Ads
Bagi brand yang bergerak di bidang seni grafis, kuliner, interior, memilih platform Pinterest sebagai channel pemasaran digital menjadi pilihan yang paling tepat. Platform berbasis visual ini memudahkan Anda untuk memasarkan produk dengan memaksimalkan aspek-aspek sensori visual. Platform ini juga memudahkan audiens menemukan brand Anda saat mereka sedang mencari inspirasi produk sebagai tahap awal pembelian.
6. Native Advertising
Native advertising adalah model platform pemasaran digital yang dihadirkan dalam bentuk berupa artikel yang disponsori oleh suatu brand dan dimuat di platform media digital. Bentuk iklan ini didesain sedemikian rupa hingga tidak menyerupai sebuah iklan namun tetap memberikan kemudahan bagi pembaca untuk menemukan produk-produk dari brand Anda.
7. Programmatic Ads
Programmatic ads adalah jenis platform pemasaran digital yang dibuat dengan menggunakan teknologi AI. Platform ini tidak hanya memiliki penempatan yang strategis dan efisien, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna, namun juga memberikan kemudahan penjualan dan pembelian yang lebih seamless.
Setelah mengetahui platform digital ads yang tersedia, lalu strategi bidding seperti apa yang paling efektif untuk mengoptimalkan performanya?
Jenis-jenis Strategy Bidding yang Harus Anda Ketahui
Selain memilih platform digital ads yang sesuai, Anda juga perlu mengetahui jenis strategy bidding yang sesuai. Strategi ini akan sangat berguna untuk mendapatkan jasa ads yang tidak hanya efektif namun juga sesuai dengan anggaran dana. Berikut adalah beberapa bidding strategy yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih digital ads untuk keperluan bisnis:
1. Manual Bidding
Strategi ini memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah maksimum biaya yang ingin dibayarkan untuk setiap tayangan dan klik. Model strategi ini sangat ideal bagi Anda yang ingin memiliki kontrol penuh terhadap anggaran pemasaran dan brand yang menginginkan iklan dengan sasaran target yang lebih spesifik.
2. Smart Bidding
Smart bidding adalah strategi bidding terbaru dan canggih yang terintegrasi dengan teknologi AI. Teknologi ini dapat menyesuaikan penawaran bidding secara otomatis berdasarkan target pemasaran yang Anda inginkan. Jenis strategi ini ideal bagi marketer yang ingin memperoleh hasil jangkauan iklan yang lebih optimal tanpa melakukan pemantauan atau menyesuaikan tawaran secara manual.
Tips Targeting untuk Menjangkau Target Audience yang Tepat
Sebuah layanan digital ads bisa dibilang berhasil ketika ia mampu memenuhi metrik-metrik yang sudah ditentukan. Untungnya, berbeda dari iklan tradisional yang tidak memiliki jangkauan target yang jelas, Anda bisa menentukan sendiri target konsumen yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Untuk menjamin keberhasilan digital ads tersebut, iklan tersebut harus bisa menjangkau target konsumen yang tepat. Berikut adalah beberapa tips targeting yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan jasa ads:
- Demographic Targeting: Jenis targeting ini bisa digunakan jika target pemasaran Anda memiliki karakteristik demografi yang jelas, seperti usia, jenis kelamin, status pernikahan, dan tingkat pendidikan.
- Geographic Targeting: Geographic targeting menjadi strategi yang ideal untuk jenis bisnis lokal dengan target pemasaran yang berada di kawasan geografis tertentu.
- Behavioural Targeting: Jenis targeting ini diperuntukkan bagi target audiences berdasarkan pola perilaku selama online, mulai dari website yang sering dikunjungi, jenis konten yang sering dikonsumsi, maupun riwayat pencarian yang tersimpan pada browser
- Psychographic Targeting: Model targeting ini menargetkan audiens berdasarkan gaya hidup yang mereka jalani. Selain itu, aspek-aspek lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah nilai-nilai kehidupan yang mereka anut, kepribadian, serta minat.
- Contextual Targeting: Penargetan kontekstual adalah bentuk targeting dimana Anda meletakkan iklan pada situs dan konten yang relevan dengan brand tersebut. Hal ini dapat membantu audiens menemukan produk-produk dari brand Anda yang relevan dengan kebutuhan mereka
- Interest-based Targeting: Model targeting ini menargetkan audiens dengan minat tertentu yang relevan dengan produk dari brand Anda. Data insights tersebut bisa Anda peroleh melalui survey pada platform media sosial.
Tips Optimasi Iklan Digital untuk Hasil Optimal
Selain menentukan jenis ads dan metode bidding, serta targeting yang sesuai, tentunya persiapan tidak hanya berhenti di situ saja. Layanan jasa ads juga bisa Anda optimasikan lebih jauh lagi untuk mendapatkan hasil maksimal dengan mengikuti tips berikut:
- Lakukan uji A/B testing secara berkala
- Pantau metrik-metrik kunci
- Optimasi landing page
- Lakukan penyegaran rutin untuk hindari ad fatigue
- Manfaatkan data insights dari audiens, dan
- Rencanakan jadwal tayang iklan
Kesimpulan
Layanan digital ads memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas dan efisien. Tentunya, untuk mendapatkan hasil maksimal Anda harus memiliki perencanaan budget layanan yang matang dan menentukan target konsumen yang sesuai. Jangan lupa untuk memilih agensi digital yang bereputasi baik, yaitu IDEOWORKS.
Digital agency asal Jakarta ini menawarkan layanan jasa ads digital dengan pilihan jenis platform dan harga yang sangat beragam. Anda juga bisa berkonsultasi untuk menentukan biaya yang sesuai anggaran dan menentukan target pamasaran yang jelas dan efektif. Hubungi IDEOWORKS untuk tahu lebih lanjut dan memulai kerjasama.