Preloader
Bangkok, Thailand - August 01, 2020 Asia, Magnifying glass close up with colorful world map

Global Brands, Local Brilliance: Rahasia Ekspansi Cepat di Asia Tenggara

Dalam era digital saat ini, brand global terkadang kurang memperhatikan agensi kreatif lokal, padahal agensi-agensi ini memiliki keunikan yang menjadi kekuatannya. Apa yang membuat agensi kreatif lokal punya kelebihan tersendiri?

Keunggulan Agensi Kreatif Lokal untuk Brand Global

Agensi-agensi kreatif lokal memiliki wawasan tentang budaya di daerah tersebut. Mereka juga mempunyai pengetahuan yang baik tentang praktik marketing di lapangan, serta cara tepat untuk menyampaikan storytelling yang beresonansi dengan masyarakat setempat.

Maka dari itu, berkolaborasi dengan agensi kreatif lokal dapat memudahkan brand Anda untuk membuat kampanye yang terasa personal, juga relevan, sehingga menciptakan engagement yang lebih tinggi. Hasilnya? Brand dapat memiliki konsumen yang loyal hingga jangka panjang.

Lantas, apa layanan yang biasa ditawarkan oleh agensi kreatif lokal?

Produk dan Layanan dari Agensi Kreatif Lokal Terbaik

Sebagai bagian dari full-service creative agency Indonesia, agensi kreatif lokal umumnya menawarkan layanan menyeluruh yang dirancang untuk memberikan hasil yang terukur, strategis, dan sesuai dengan kebutuhan brand. Mulai dari konsep hingga eksekusi, setiap layanan disesuaikan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda di pasar digital.

Berikut adalah produk dan layanan yang biasanya ditawarkan oleh agensi kreatif lokal terbaik:

  • Pengerjaan Desain

Agensi kreatif lokal terbaik tidak hanya menghadirkan estetika, tetapi juga strategi visual yang memperkuat identitas dan daya saing brand Anda. Beberapa layanan desain unggulan yang ditawarkan, antara lain:

  • Desain Website
  • Desain Aplikasi Mobile
  • Desain UI/UX 
  • Desain Grafis
  • Desain Kemasan (Packaging Design)
  • Visual Marketing 
  • Branding

Agensi kreatif terbaik memiliki tim dengan keahlian dan pengalaman dalam membuat desain logo, sekaligus dapat mengelola semua elemen penting untuk kampanye, dengan memberikan produk dan layanan seperti:

  • Strategi brand
  • Desain logo
  • Penamaan brand, perusahaan atau produk
  • Pembuatan katalog brand
  • Distribusi brand
  • Branding perusahaan
  • Digital Marketing

Tak perlu bingung memikirkan strategi how to create branded content in Indonesia. Agensi kreatif lokal yang berkualitas top, pasti menawarkan layanan digital marketing seperti berikut:

  • Content marketing
    • Marketing media sosial
  • SEO
  • Video marketing
  • Email marketing
  • Advertising

Agensi kreatif lokal juga siap memberikan solusi dalam pembuatan photo and video content for social media. Dengan membuatkan iklan brand, berikut kampanye tradisional yang ditawarkan:

  • Advertising tradisional:
  • Iklan radio
  • Video viral
  • Iklan TV
  • Kampanye iklan cetak

Di sisi lain, marketing online juga menjadi strategi penting, karena menurut data Hubspot, 60 persen pengguna perangkat online mengklik iklan mobile setidaknya sekali dalam satu minggu. Jadi, brand Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan melalui iklan digital atau mobile. Berikut layanan iklan digital yang biasanya disediakan oleh agensi kreatif:

  • Advertising digital:
  • Iklan display
  • Media berbayar
  • Iklan pay-per-click
  • Iklan media sosial
  • Iklan mobile
  • Iklan video
  • Kampanye dan Teknologi Inovatif

Agensi kreatif kini semakin banyak yang menawarkan produk dan layanan yang melibatkan teknologi kreatif, mereka juga membuat kampanye inovatif. Untuk itu, contoh penawaran yang diberikan di antaranya:

    • AR/VR
    • Artificial Intelligence (AI)
  • Chatbots
  • Machine learning
  • User-generated content

Tak hanya menawarkan produk dan layanan yang lengkap, agensi kreatif lokal juga memberikan solusi yang memudahkan brand untuk merancang strategi. Seperti berikut cara kerjanya.

Cara Kerja Agensi Kreatif Lokal

Agensi kreatif lokal bekerja dengan cara memberikan produk dan layanan untuk brand klien, agar dapat memenuhi target pemasaran klien. Cara kerja agensi kreatif lokal pada umumnya seperti berikut:

  • Membuat Ide Kampanye Spesifik Berdasarkan Budaya Lokal

Agensi kreatif lokal pasti meriset tradisi, kebiasaan dan nilai-nilai norma dalam komunitas setempat. Mereka akan mengumpulkan ide dan wawasan dari kehidupan sehari-hari, festival dan bahasa daerah, sehingga kampanye terasa personal.

Agensi pun akan membuat cerita atau visual yang setema dengan humor ataupun ciri khas budaya lokal. Dengan menggunakan referensi kultural ini, mereka dapat membangun hubungan emosional yang kuat. Kampanye yang dibuat pun serasa “dari warga lokal, untuk warga lokal”.

  • Memahami Cara Bekerja Sama Secara Global dan Lokal

Mereka memahami klien global mereka dengan mempelajari brand value, voice dan ekspektasi pasar. Mereka juga melakukan riset tentang tren internasional agar dapat membuat strategi kreatif yang sejalan dengannya.

Saat bekerja sama dengan tim global, agensi kreatif ini akan mengintegrasikan sudut pandang, perilaku dan tradisi penduduk lokal ke dalam setiap project. Agensi juga akan menyesuaikan “pesan” dari brand global untuk audiens lokal, tanpa menghilangkan identitas brand tersebut.

  • Memberikan Pengalaman Berkesan Bukan Hanya Event Sesaat

Agensi kreatif lokal memberikan pengalaman yang menyentuh sisi emosional masyarakat setempat, karena terasa autentik dan membudaya. Maka, alih-alih menyelenggarakan event yang berlangsung sekali kemudian selesai, mereka akan merancang narasi yang dapat terus diingat.

Tim agensi juga akan memanfaatkan berbagai platform dan media, untuk menciptakan memori yang lebih dalam dan bermakna. Melalui storytelling dan ajakan berpartisipasi kepada audiens, agensi membuat masyarakat merasa tersentuh dan bukan hanya terhibur, sehingga mereka akan menjadi loyal.

  • Sangat Baik dalam Menjaga Kepercayaan Brand-Brand Besar

Agensi kreatif lokal selalu konsisten memberikan hasil kerja yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan brand value. Agensi pun memahami budaya lokal yang mungkin saja tidak dipahami oleh brand global, mereka pun berkomunikasi secara transparan dan menepati deadline dengan baik.

Dengan selalu berorientasi pada hasil dan terus membuat inovasi, agensi kreatif membuktikan performa mereka untuk jangka panjang. Tim agensi ini pun akan selalu memberikan hasil yang lebih baik dari apa yang diharapkan, sehingga mereka terasa seperti partner dan bukan sekadar vendor.

  • Bekerja Berdampingan dengan Brand Klien Secara Terintegrasi

Agensi kreatif lokal akan menerapkan lokalisasi untuk menyesuaikan strategi brand global dengan budaya setempat. Mereka mengupayakan agar setiap kampanye global beresonansi secara emosional dengan penduduk lokal.

Melalui strategi yang dirancang bersama, agensi akan membuat content sesuai dengan guideline dari brand global yang merupakan klien mereka. Agensi pun akan selalu berkomunikasi secara real-time untuk membicarakan timeline dan meminta persetujuan sebelum mengambil setiap tindakan.

Kesimpulan

Kini, untuk kesuksesan brand Anda di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, IDEOWORKS sebagai full-service creative agency Indonesia yang terpercaya dan berpengalaman, siap mengenalkan brand Anda kepada audiens yang lebih luas, meningkatkan visibilitas brand, serta menemukan solusi tepat untuk strategi marketing yang efektif. Untuk bekerja sama, hubungi IDEOWORKS melalui kontak yang tersedia.

Tags

Further Reading: