Preloader
Close up of modern people discussing business while working in the office

Growth Tanpa Gimmick: Strategi yang Dipakai Brand Asia untuk Menang Konten

Di tengah-tengah sengitnya persaingan pemasaran global, brand Asia terlihat unggul dan menunjukkan taringnya. Alih-alih mengandalkan gimmick yang dangkal, merek-merek Asia tersebut justru mengedepankan brand strategy yang berakar pada pemahaman mendalam terhadap kebudayaan masyarakat lokal yang menjadi target pemasaran. Mereka juga mampu menguasai seluk-beluk keunikan lanskap digital, sehingga menghasilkan berbagai konten yang relevan, informatif, dan menarik audiens. Apa saja strategi content marketing yang diterapkan brand tersebut dan sejauh apa tingkat personalisasi yang membuat konten mereka unggul?

Rahasia di Balik Kesuksesan Strategi Konten Brand Asia

Strategi content marketing yang diterapkan brand Asia terbukti mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek tersebut, dan bahkan mampu menciptakan loyalitas di kalangan konsumen. Berikut adalah beberapa langkah-langkah strategi dari brand besar Asia yang bisa dijadikan sebagai inspirasi:

1. Personalisasi Berbasis Budaya

Salah satu hal yang membuat brand Asia unggul dalam hal strategi konten adalah kemampuan mereka dalam membuat personalisasi konten berdasarkan kebudayaan lokal. Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat besar terhadap brand image dari perusahaan tersebut, salah satunya adalah mereka menunjukkan kepedulian terhadap nilai-nilai kebudayaan masyarakat lokal. Langkah ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk membangun kedekatan emosional dengan audiens.

Salah satu contoh penerapan konten yang dipersonalisasi berdasarkan budaya setempat adalah pembuatan konten-konten yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, seperti inspirasi resep berbuka puasa atau tips agar tetap segar saat beraktivitas selama berpuasa di siang hari. Tak hanya itu, bentuk personalisasi konten ini juga sering ditemukan saat perayaan Imlek yang dirayakan oleh suku Tionghoa.  

2. Memaksimalkan Pemanfaatan Platform Lokal

Tidak hanya unggul dalam hal pembuatan konten yang dipersonalisasi sesuai dengan hari perayaan besar, brand Asia juga sangat lihai dalam menerapkan strategi content marketing dengan memaksimalkan channel media sosial untuk menjangkau target audience yang lebih luas dan efektif. Tidak hanya fokus pada platform digital populer seperti Facebook atau Instagram, brand Asia juga memperhatikan jenis media sosial yang paling banyak digunakan oleh audiens mereka. 

Pola penggunaan media soslal tentunya berbeda-beda di setiap daerah atau negara. Misalnya, aplikasi sosial seperti WeChat dan Douyin populer di kalangan masyarakat Tiongkok. Sedangkan, target audience dari Korea cenderung lebih suka berbagi dan mendapatkan informasi melalui platform Kakao Talk. Di Indonesia, penggunaan platform media sosial berbasis audio visual seperti Instagram dan Tiktok. Setelah mengidentifikasi channel sosial paling populer di kalangan audiens tujuan, barulah brand membuat konten interaktif dan berkualitas untuk platform tersebut.

3. Kolaborasi dengan Influencer Lokal

Bagi masyarakat dengan pola pikir kolektif seperti di Indonesia, Thailand, dan Vietnam, pendapat atau testimoni dari public influencer dan pakar di bidang yang relevan menjadi faktor yang memicu rasa percaya terhadap suatu brand. Brand Asia menyadari hal tersebut dan menjadikannya bagian dari brand strategy mereka dengan berkolaborasi bersama influencer dan KOL lokal untuk menghasilkan konten dalam bentuk talkshow maupun podcast dengan tema yang berkualitas dan informatif. Langkah ini meningkatkan tingkat otoritas brand, dan meningkatkan kepercayaan target audience

4. Membuat Konten Interaktif yang Melibatkan Konsumen & Komunitas

Brand Asia yang sukses menjalankan strategi content marketing menyadari bahwa konten tanpa interaksi nyata dengan target audience tidak akan memberikan hasil yang optimal. Hal inilah yang mendorong mereka untuk merancang konten yang memungkinkan brand untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens mereka. Tentunya, konten tersebut akan dipublish pada platform media sosial yang paling banyak digunakan. 

Salah satu bentuk konten interaktif tersebut adalah livestreaming, dimana brand bisa memperkenalkan produk-produk atau layanan terbarunya dan melakukan sesi tanya jawab secara live dengan para audiensnya. Selain itu, konten dalam format user-generated content yang diluncurkan pada platform media sosial juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan engagement yang berujung pada brand awareness.

5. Membuat Narasi Storytelling untuk Memperdalam Hubungan Emosional

Cerita narasi merupakan salah satu media yang paling ampuh untuk memabgnun kedekatan emosional. Brand Asia memiliki kemampuan yang handal dalam menciptakan narasi yang menceritakan mengenai identitas brand seperti asal pendirian, visi dan misi dalam bentuk kisah narasi yang menarik. Pendekatan ini menjadi bagian penting dari brand strategy karena mampu menghubungkan nilai-nilai brand dengan audiens secara lebih personal. Tak jarang, mereka juga memasukkan unsur-unsur nilai budaya dan filosofi yang diyakini target audience untuk membangun relevansi dan kedekatan emosional. 

Sebagai contoh, brand Asia menciptakan kisah narasi yang mengangkat tema kebudayaan kuliner maupun nilai kekeluargaan yang mengalir deras di nadi setiap masyarakat Indonesia. Hal ini membuat audiens di tanah air merasa lebih familier dengan brand tersebut dan tanpa ragu menjadikan produk-produk atau layanan yang ditawarkan sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Contoh lainnya bisa diambil dari brand yang mengambil inspirasi dari filosofi wabi-sabi yang bermakna menemukan keindahan di setiap ketidaksempurnaan, atau filosofi kaizen yang bermakna proses perbaikan yang terjadi secara terus-menerus. Strategi ini memperlihatkan bagaimana brand strategy melalui storytelling mampu menciptakan keakraban dan resonansi yang lebih dalam dengan target audience.

Kesimpulan

Keberhasilan brand Asia dalam menjalankan strategi content marketing tentunya merupakan hasil dari usaha memahami budaya dan nilai-nilai di dalam masyarakat lokal secara lebih mendalam. Penerapan strategi konten yang selaras dengan brand strategy dan diiringi wawasan regional dapat membantu brand Anda melesat serta mendapatkan pengakuan dari audiens.

Bagi sebuah brand global yang hendak memasuki pasar Indonesia, menjalin kerjasama dengan agensi digital lokal tentunya dapat memuluskan jalan Anda untuk meraih target bisnis yang diharapkan. IDEOWORKS tidak hanya menawarkan akses ke tim pemasaran digital berpengalaman dan tools canggih, namun juga mampu memberikan insights berharga untuk mendukung efektivitas brand strategy dan strategi pemasaran Anda secara menyeluruh. Hubungi kami sekarang juga untuk memulai kerja sama.

Tags

Further Reading: