Ini Dia Berbagai Cara untuk Menemukan Customer Behavior dari Data Anda

  • Melakukan SWOT Analysis dan Temukan Selling Point dari Tiap Segmentasi

Dari data segmentasi yang telah didapat, Anda pun mampu mengevaluasi campaign sebelumnya menggunakan Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) dan menemukan selling point yang tepat untuk campaign selanjutnya. Dari selling point ini, Anda dapat mengetahui dan mengulik lebih jauh bagaimana tiap segmen yang Anda tetapkan memiliki kekurangan dan kelebihan pada tiap campaign yang Anda buat.

Anda akan menemukan pula dari reaksi dan pergerakan customer selama engaged dengan campaign, jenis campaign seperti apa yang cocok untuk mereka: Apakah mereka suka personalized campaign? Apakah lebih membutuhkan hard selling dibanding soft selling? Apakah perlu pendekatan emotif dalam pesan campaign Anda? Analisislah sedalam mungkin dan kumpulkan kebiasaan customer Anda sebanyak-banyaknya.

  • Bandingkan Data dari Social Media Analytics dengan Data Kualitatif yang Anda Dapatkan

Data kuantitatif dari hasil social media analytics bukan satu-satunya data yang dapat Anda andalkan. Anda juga dapat menggunakan data kualitatif yang Anda dapatkan dari lapangan dan pasar. Data kualitatif berguna untuk mengetahui reaksi customer dan pasar terhadap brand Anda dengan menanyakan langsung kepada mereka, seperti kritik dan saran ataupun formulir kepuasan pelanggan dalam bentuk jawaban terbuka (open ended questionnaire). Dengan membandingkan data kuantitatif dan kualitatif, Anda akan menemukan beberapa kata kunci yang tepat untuk lebih memahami kebutuhan customer baik dari data umum (kuantitatif) dan data yang lebih personal/mendalam (kualitatif).

  • Customer Behavior Akan Selalu Berubah, Analisislah Data Secara Berkala

Kebutuhan dan keinginan customer tentu akan dinamis sesuai berjalannya waktu dan bagaimana brand Anda membentuk persona atau produk yang ditawarkan. Perbarui data Anda, baik dari hasil social media analytics maupun data kepuasan pelanggan untuk mengetahui tren kini yang disukai customer. Dengan ini, Anda dapat terus menjaga loyalitas dan return customer Anda.

Baca Juga  Berkenalan dengan Pantone Colour of the Year 2022: Very Peri

Ada banyak cara untuk memahami customer behavior sesuai yang Anda butuhkan. Beberapa opsi di atas merupakan cara sederhana untuk mengetahui sekelumit kebutuhan customer Anda dengan mempelajari kebiasaan mereka. Dengan data tersebut, Anda dapat lebih memahami kebutuhan dan menjalin relasi yang lebih kuat dengan customer Anda. Bila Anda ingin mengoptimalisasi strategi marketing Anda menggunakan pendekatan analisis customer behavior, IDEOWORKS.id siap membantu Anda menganalisis dan mendiskusikan potensi yang dapat Anda garap dari keunikan pergerakan customer Anda.

Add comment: