Preloader
Jalan Salah Pilih! Ini Tips Sukses Kerja Sama dengan Content Creator

Jangan Salah Pilih! Ini Tips Sukses Kerja Sama dengan Content Creator

Para content creator terus bermunculan beberapa tahun belakangan. Jasa mereka kerap digunakan oleh para pebisnis untuk menawarkan produk mereka di pasaran. Menjadi content creator juga tak melulu harus sekelas selebritis. Justru mereka menjadi terkenal karena keterampilan dan kreativitasnya dalam menciptakan sebuah konten. Content creator punya tugas untuk membuat konten seperti  gambar atau video yang akan ditampilkan pada berbagai media populer. Beberapa contohnya adalah YouTube, TikTok, dan Instagram. Terlebih, konten tidak lagi terbatas pada gambar dan suara seperti yang disebutkan barusan. Tetapi sudah tersedia dalam bentuk tutorial, vlogging, dan podcasting juga.

Content creator juga bertugas mengumpulkan ide serta data. Mereka, para content creator,  melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten. Pengetahuan yang dibutuhkan pada profesi content creator ini adalah pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Pemahaman ini dibutuhkan guna menginformasikan dan menghibur audiens melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Pengetahuan tentang teknik, peralatan, dan prinsip desain, termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar, dan model, dibutuhkan untuk menekuni profesi ini. Selain itu seorang content creator juga dituntut untuk multitasking dalam berbagai hal, mulai dari soft skill hingga hard skill, memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik, juga dapat berkolaborasi, sebab seorang content creator yang sukses tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan dengan para content creator lainnya untuk membuat satu konten yang dapat dinikmati oleh para audiens. Seperti yang sering dijumpai di YouTube saat ini, ada banyak content creator yang membuat konten secara bersama-sama. 

Mereka berkolaborasi tentu bukan tanpa tujuan. Satu yang pasti yaitu menambah jumlah subscriber dan mempelajari keberhasilan konten masing-masing. 

Tanggung Jawab Profesi Content Creator:

Kumpulkan ide, data, serta melakukan riset dan membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten yang menarik untuk khalayak. Riset Audiens untuk mengetahui berbagai kebutuhan audiens yang kamu miliki. FYI saja, kreativitasmu harus terus mengikuti pola kebutuhan audiens, karenanya pahami audiens kamu dengan sebaik mungkin. Sesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya yang multi-platform. Tidak hanya bermodalkan kemampuan menulis, membuat konten video dan bahkan menjadi dubber. Seorang content creator harus mengerti hal-hal terkait SEO, sebab melalui manajemen SEO yang baik kontenmu akan dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari google dan akan sangat berpengaruh terhadap traffic.

Evaluasi ulang setiap konten yang telah ditayangkan, dan menganalisis konten seperti apa yang dibutuhkan dan disukai oleh para audiens. Usahakanlah untuk selalu update dengan segala hal yang terjadi di dalam industri. Misalnya, jika kamu adalah seorang Content Creator dalam kategori food vloging, maka pastikanlah kamu mengikuti tren cafe atau makanan yang sedang hits saat itu. Menghasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan, juga berkualitas. Sebagai ahli pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan kepada para audiens.

Syarat menjadi content creator sebetulnya tidak muluk-muluk. Hanya, bagi kamu lulusan Bahasa Inggris, Jurnalistik, Pemasaran (Marketing) atau bidang terkait lainnya akan menjadi nilai plus. Oh, ya, pengalaman mengunggah konten ke berbagai sistem manajemen konten (Content Management System/CMS), seperti WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, Wix, XSitePro, dan lain-lain. Pengalaman dalam membuat konten yang kuat dan menarik, dibuktikan dari portofolio.

Kamu juga akan punya nilai tambah sebagai content creator dengan pengalaman kerja sebagai Content Creator/Content Writer. Sebab, kamu sudah punya pemahaman baik tentang menulis, mengoreksi, dan mengedit dalam praktik SEO (Search Engine Optimization), penelitian (riset), organisasi, dan manajemen waktu yang sangat baik. Jika kamu sudah punya bekal yang disebutkan di atas, ada peluang bisnis yang menjanjikan yang bisa kamu jajal. Salah satunya membuka kerja sama dengan brand, produk, atau pebisnis.

Namun bagi kamu pelaku bisnis, kamu juga disarankan untuk pintar-pintar dalam memilih content creator. Berikut tipsnya!

  1. Menyesuaikan platform dan ciri khas brand

Tentukan platform apa yang akan kamu gunakan. Apakah itu Instagram, Facebook, YouTube atau TikTok. Untuk menentukan ini, kamu harus melakukan riset terlebih dulu. Misalnya, platform manakah yang banyak mendapat perhatian pelanggan dan platform mana yang pas dengan ciri khas brand atau bisnis kamu. Sebab, ada banyak jasa yang ditawarkan oleh para content creator Indonesia, lho. Bisa content creator TikTok, content creator Youtube, dan content creator Instagram. 

  1. Pemilihan content creator

Kamu harus memilih content creator yang tepat adalah sebuah keharusan. Dan kamu juga tak harus bingung karena ada banyak content creator Indonesia yang punya penawaran yang membuat kamu leluasa dalam menentukan pilihan. Tapi, tips yang sebaiknya kamu perhatikan adalah jasa content creator harus  sesuai dengan branding bisnis atau brand kamu. Dan pastikan jasa content creator yang sudah kamu pilih tersebut memiliki audiens yang punya cukup banyak pengikut.  Tiap jasa content creator Indonesia punya fokus atau keahlian masing-masing. Jika kamu memilih content creator Youtube atau content creator TikTok, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

  1. Informasikan konten yang diinginkan

Hal yang wajib menjadi perhatian bagi pemilik brand atau bisnis adalah menginformasikan pada jasa content creator tentang konten yang diinginkan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi miss-komunikasi. Para penyedia jasa content creator harus diberikan detail-detail seperti bagaimana isi serta pesan yang harus terdapat di konten yang dibuat. Tujuan konten tersebut, ciri khas postingan, dan lainnya, yang berkaitan dengan ciri khas brand, waktu postingan serta tujuan konten dibuat. Kamu juga dapat memberikan referensi konten bila dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya salah persepsi saat menginterpretasikan informasi konten.

  1. Membayar jasa content creator

Bekerja sama dengan content creator Youtube atau content creator Tiktok, berarti kamu harus punya kewajiban untuk membayar jasa mereka tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Soal harga sebetulnya variatif, tergantung konten apa yang dibuat dan juga seberapa besar efek yang diberikan konten kreator. Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya peranan jasa content creator Indonesia dalam bisnis atau sebuah brand bisa dibilang sangat penting, terutama untuk membuat brand kamu dikenal di antara para audiens yang konten kreator miliki. Bukan hanya itu saja, jasa content creator bisa membantu tujuan promosi yang kamu inginkan.

IDEOWORKS bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari jasa content creator untuk membantu promosi sosial media. Kami menawarkan banyak layanan yang bisa kamu pilih untuk membantu keberhasilan produk yang ditawarkan!

Reference:

https://buzzup.id/bekerjasama-dengan-content-creator/

Let’s talk about your brand