Preloader
Jenis-jenis digital advertising di 2023 dan cara mengoptimasinya.

Jenis-Jenis Digital Advertising di 2023 dan Cara Mengoptimasinya

Ketika bisnis telah bersiap mengawali tahun 2023 dengan tujuan menciptakan creative digital advertising tentu marketer harus menemukan strategi uptodate yang dapat diaplikasikan brand bisnis. Dengan berkembangnya teknologi iklan digital telah mengubah cara pandang marketer melakukan pemasaran. Bisa dibayangkan, setiap harinya ada berapa pengiklan dari berbagai perusahaan di tangkapan layar social media. Hal ini tentu saja berkenaan dengan strategi creative digital advertising yang menjadi salah satu digital marketing paling populer yang digunakan pebisnis untuk menjangkau customer.

Dengan pesatnya teknologi inilah peran penting jasa creative digital advertising tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan strategi bisnis.

Kenapa?

Karena begitu banyak jenis digital advertising yang berbeda optimasinya dan perlu pebisnis mengerti dan terapkan ketika ingin bersaing di dunia digital marketing. Apalagi ketika bisnis memerlukan kendaraan untuk mencapai target market yang luas, tentu pemilihan strategi bisnis terbaik harus dilakukan.

Dari sinilah muncul peran creative digital advertising agency semakin krusial. Dengan tim profesional dan berbagai tools marketing jempolan mampu memahami semua jenis-jenis digital advertising dan cara mengestimasinya. Creative digital advertising agency ini dapat mengekspor berbagai kebutuhan bisnis secara mendalam, serta menargetkan pemasaran secara tepat. Namun, sebelum kamu mengetahui cara kerja atau optimasi creative digital advertising, sebaiknya kenalin dulu jenis-jenis digital advertising yang bisa jadi referensi proyek digital marketing bisnis sebelum menggunakan creative digital advertising agency Indonesia.

Jenis-Jenis Creative Digital Advertising

Search Engine Marketing (SEM)

Jenis iklan satu ini cukup populer di kalangan marketer dan pebisnis besar sebagai mesin pencari premium terbaik di dunia. Dimana strategi SEM dapat memudahkan marketer dalam mencari berbagai macam informasi seputar produk atau jasa.

SEM memungkinkan penerapan jenis creative digital advertising bisnis atau brand dapat dikenal oleh pengguna (users). Dengan dua subtipe penting yang dimiliki adalah SEO (Search Engine Optimization), dan PPC (Pay-Per-Click). Tentu hasil yang bisnis dapatkan ketika menggunakan strategi digital advertising ini mendapat tempat teratas yang muncul di halaman search engine.

Contoh strategi creative digital advertising SEM adalah Google Shopping Ads dan Display Ads

Social Media Advertising (SMA)

Jenis SMA ini memiliki nama populer yaitu paid social. Dengan berkembangnya industri iklan digital membawa strategi SMA semakin digemari bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasa melalui social media platform. Beberapa platform yang menjadi andalan promosi adalah YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, LinkedIn, hingga Pinterest. Dari sekian banyak media unggulan tersebut, tentu marketer harus memahami target market yang cocok untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis. Karena setiap platform social media memiliki optimasi yang berbeda-beda.

Contoh iklan dalam Social Media Advertising populer di 2023 adalah Instagram Ads dan Facebook Ads.

Retargeting atau Remarketing Advertising

Jenis creative digital advertising satu ini memiliki tujuan penting dalam mempertahankan ketertarikan serta dapat meningkatkan konversi calon customer terhadap produk atau jasa yang muncul dalam iklan. Dengan strategi creative ini iklan dapat memunculkan kembali produk atau jasa kepada customer yang sudah mengunjungi website, ecommerce, hingga platform social media.

Artinya, iklan yang muncul berisikan penawaran produk atau jasa yang sama meskipun audiens tidak melakukan pembelian. Tetapi, iklan ini akan terus mengikuti jejak perilaku customer ketika mencari sebuah produk atau jasa di situs lain.

Video Marketing

Jenis iklan video marketing menjadi yang paling efektif untuk memasarkan produk atau jasa dari semua industri usaha di era modern saat ini. Bisa kamu lihat sendiri pesatnya iklan video singkat yang menampilkan brand di seluruh aktivitas social media maupun web. Video ads atau video marketing juga menjadi yang paling mudah dalam mempromosikan bisnis.

Contoh creative video marketing yang menjadi tren adalah tutorial, vlog, live stream, hingga webinar. Platform yang cocok untuk menampilkan video marketing bisnis adalah Instagram, YouTube, dan TikTok. Ketiga platform social media tersebut sudah cukup familiar di Indonesia dengan menjadi salah satu jumlah pengguna terbesar di dunia.

Nah, dengan adanya jenis-jenis creative digital advertising di atas tentu pebisnis sudah lebih optimis terhadap strategi yang akan diterapkan. Semakin banyak pilihan teknologi iklan digital tentu memberi visibilitas dari sebelumnya. Untuk itu perlunya optimasi digital advertising dilakukan dengan strategi yang jitu.

Berikut cara mengoptimasi creative digital advertising.

Buat Iklan Paling Kreatif

Dengan iklan kreatif, bisnis jadi lebih mudah dikenal dan familiar di hadapan audience. Apalagi bila target market bisnis kamu adalah kalangan millennial dan z, tentu cara ini wajib dilakukan mengingat mereka akan tertarik dengan konten yang menarik dan kreatif. Contoh optimasi iklan digital kreatif salah satunya dapat menghibur, menggugah emosi, hingga audio visual yang mudah dipahami dapat meningkatkan penjualan produk bisnis.

Konsisten Mengiklankan Produk

Memahami kebutuhan customer tentu dengan cara fokus melakukan kegiatan iklan digital dengan media yang sesuai. Marketer dapat mengiklankan produk dengan konsisten untuk mencapai target produk sesuai kebutuhan customer.

Memiliki Tim Kreatif dan Profesional

Salah satu aspek penting dalam bisnis digital marketing adalah memiliki tim kreatif dan profesional agar dapat menjalankan strategi iklan digital lebih mudah menjangkau sasaran. Adapun tim yang mampu melakukan strategi ini adalah tim content creative dan tim digital ads. Kedua tim tersebut sangat dibutuhkan perannya sebagai busur panah melakukan strategi creative digital advertising mulai dari konsep hingga evaluasi iklan melalui beberapa social media, website, dan ecommerce.

Pemilihan Platform yang Tepat

Optimasi ini sangat berlaku untuk jenis digital advertising social media advertising, dimana untuk melakukan pemasaran harus melewati proses kurasi. Kenapa? Karena tidak semua social media advertising memiliki target anak muda atau kalangan eksekutif saja. Setiap social media memiliki peran yang berbeda dalam target penggunanya. Apabila bisnis kamu menargetkan anak muda, pemilihan platform yang tepat saat ini adalah TikTok, Instagram, dan Twitter. Sebaliknya ketika bisnis kamu mengarah kepada eksekutif, platform yang dianjurkan adalah LinkedIn, Pinterest, dsb-nya.

Melakukan Evaluasi Iklan Digital

Setelah menerapkan beberapa optimasi yang jitu terhadap bisnis, jangan lupakan evaluasi atau penilaian setiap melakukan iklan digital. Ambil semua pelajaran berharga dari target yang dicapai atau teliti konten yang kurang maksimal, serta evaluasi peningkatan bila kembali menggunakan creative digital advertising selanjutnya. Evaluasi ini selalu jadi andalan marketer demi meningkatkan kapasitas iklan digital agar bisa meningkatkan jangkauan customer bisnis lebih luas lagi.

IDEOWORKS Jadi Solusi Creative Digital Advertising Agency Bisnis

Perlu diketahui bahwa tren digital marketing khususnya creative digital advertising tahun 2023 diperlukan rencana mengatur strategi optimasi beriklan yang optimal. Marketer bisnis harus siap melakukan persaingan ketat terhadap kebutuhan iklan brand. Sebagai pebisnis kamu perlu menentukan pilihan yang tepat agar proses pemasaran tetap berjalan lancar dengan creative digital agency IDEOWORKS. IDEOWORKS dapat menjadi partner digital advertising secara kreatif dengan tim profesional dan memahami semua jenisnya mulai dari A – Z.

Jadi tunggu apalagi, hubungi IDEOWORKS sekarang juga!

Let’s talk about your brand