Preloader
Kenali Jenis-Jenis TikTok Ads Manager Bikin Bisnis Semakin Optimis

Kenali Jenis-Jenis TikTok Ads Manager Bikin Bisnis Semakin Optimis

Sejak kehadirannya di tahun 2017, TikTok semakin ramai diperbincangkan dunia setelah tiga tahun kemudian mengumumkan optimasi akun bisnis bernama “TikTok for Business”. Tanpa diragukan lagi, fitur dengan performa dahsyat menjadi populer di kalangan pebisnis dan marketer. Menurut situs resmi TikTok, akun bisnis yang telah berjalan sejauh ini sudah digunakan lebih dari 1000 brand ternama. Dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang, tak heran bila setiap postingan saja bisa mendapatkan lebih dari 200 juta views dengan meningkatkan hampir 10% engagement brand. Angka yang fantastis untuk bisnis semakin optimis mengoptimasi promosi bisnis menggunakan TikTok for Business. Namun, bagaimana dengan TikTok ads manager?

Apa itu TikTok Ads Manager?

TikTok ads manager merupakan bagian dari TikTok for Business dengan layanan yang dapat digunakan pebisnis dan marketer untuk mengiklankan produk bisnisnya. Sehingga produk atau jasa yang dipromosikan oleh TikTok ads dapat menjangkau target market yang lebih luas. Karena fitur ini menawarkan dan menyediakan akses ke seluruh pengguna secara global.

Melansir laman Later, TikTok ads manager merupakan sebuah perangkat yang menyediakan fitur promosi seperti targeting, ad creation, insight report, dan ad management untuk pengguna di TikTok. Jadi tools yang menawarkan platform kuat dapat bikin sebuah brand bisnis dilirik jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia.

Saat ini TikTok ads manager memiliki dua opsi dalam distribusi promotion budgeting, yaitu daily (harian) atau lifetime (seumur hidup). Dengan kedua opsi tersebut, besar kemungkinan anggaran bisnis promosi menjadi lebih fleksibel, menyesuaikan kebutuhan campaign. Sedangkan untuk menargetkan sebuah market, fitur ini mampu menyesuaikan jenis kelamin, lokasi, usia, minat, maupun variabel lain yang bisnis butuhkan. Manfaat terakhir dalam TikTok ads manager adalah fitur “Lookalike Audiences” dan “Customer Audiences” untuk menjangkau pelanggan baru sesuai kebutuhan serupa maupun yang sudah ada.

TikTok ads manager adalah tren baru yang tepat?

Bicara tren promosi social media TikTok, seharusnya kamu sebagai pebisnis telah menyadari pentingnya beriklan di platform ini. Tool yang bisa dibilang sudah menjadi tempat baru untuk brand dan pelanggan menciptakan sebuah tren pemasaran dunia. Sudah bukan rahasia lagi bila tren kesuksesan berawal dari wadah pemasaran digital yang populer. Sehingga, melalui akun TikTok ads manager, maka kamu bisa membangun citra brand dengan cara yang berkaitan dengan konten organik. Hal ini termasuk memanfaatkan semua jenis fitur dan tool bisnis dari platform TikTok.

Dengan TikTok for business, kamu akan mudah menemukan target pasar ideal hingga 99% yang notabene memaksimalkan pengguna aktif untuk berinteraksi. Keuntungan lain adalah memahami strategi promosi yang cukup berkembang. Dimana pengguna dapat mengenali followersnya, termasuk memahami ketertarikan mereka terhadap produk bisnis. Nah, melalui TikTok ads manager inilah bisnis kamu dibikin semakin optimis menjalani strategi marketing digital platform.

Mengapa harus TikTok ads manager sebagai media promosi?

Inilah pentingnya mengikuti tren bisnis platform digital agar terus eksis bersaing. TikTok kini telah sukses menampilkan iklan (ads) yang sangat instan. Pebisnis atau creator hanya perlu membuat akun TikTok ads manager terlebih dahulu untuk mengetahui brand bisnis memenuhi syarat atau tidak. Terdapat beberapa jenis TikTok ads yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan diantaranya in-feed ads, brand takeover, promoted hashtag challenges, hingga TikTok TopView. Bila kamu bingung untuk menjalankan jenis iklan yang sesuai, bisa memahami jenis-jenisnya di bawah ini.

Jenis-Jenis TikTok Ads Manager

Berikut jenis-jenis opsi iklan untuk brand bisnis yang dilansir dari Hootsuite;

In-Feed Ads – Jenis Iklan yang bisa kamu temukan di Feed

Pre-roll atau in-feed ads merupakan jenis TikTok ads yang kini banyak digunakan oleh pebisnis. Selain menguntungkan, fitur jenis ini juga menyediakan berbagai kebutuhan pendukung jalannya promosi. In feed ads atau in feed native advertising menjadi jenis yang bisa bikin video iklan bisnis dengan durasi 60 detik muncul di TikTok feed milik pengguna lain ketika mereka mencari konten FYP.

Jenis iklan ini bisa kamu temui juga di Instagram feed, Facebook feed, bahkan di Twitter feed. Selain menguntungkan dalam bisnis, jenis iklan ini digunakan untuk membuat iklan yang cukup panjang dan bisa memunculkan konten di dasbor TikTok para pengguna—untuk memudahkan mereka menemukan produk atau layanan bisnis kamu.

Bagaimana cara kerja in feed ads?

Cara kerja in feed ads cukup simpel, konten iklan akan muncul sesuai algoritma konten yang sering ditonton sebuah akun pengguna dan memunculkan iklan produk yang memungkinkan pelanggan akan berinteraksi. Pastikan untuk membuat video iklan yang menarik di awal (2 detik pertama), sehingga cara kerja untuk mendapat ketertarikan membeli produk bisnis kamu.

Brand Takeover – Jenis iklan layar penuh dengan menyisipkan hashtag atau link

Selanjutnya ada jenis iklan brand takeover atau TikTok brand takeover adalah jenis iklan video dengan layar penuh berdurasi singkat—sekitar 3 sampai 5 detik yang muncul ketika pengguna membuka aplikasi TikTok. Selain itu, TikTok brand takeover juga muncul di halaman “For You” sebagai konten berbentuk gambar, video, maupun GIF. Cara kerja iklan ini cukup mudah, yaitu dengan menyisipkan hashtag atau link ke website atau marketplace agar dapat diklik oleh para pelanggan.

Promote Hashtag Challenge – Ketertarikan audiens mengetahui lebih jauh produk bisnis

Promote hashtag challenge atau branded hashtag challenge menjadi senjata baru yang ampuh dalam memasarkan brand bisnis di TikTok. Menggunakan format iklan, TikTok bisnis dapat memanfaatkan hashtag. Cara yang termudah mencapai tujuan bisnis setiap waktu adalah mengikuti tren hashtag dunia. Sebelum kamu menyisipkan hashtag, kumpulkan informasi apa saja yang audiens butuhkan. Kemudian aplikasikan konten promosi berdasarkan segmentasi market dengan promote hashtag tersebut.

Idealnya, konten yang mampu menyadarkan audiens terhadap brand bisnis, sehingga menimbulkan ketertarikan untuk mengetahui lebih jauh. Kemas penawaran produk atau layanan sekreatif dan ekspresif mungkin dengan sejumlah hashtag challenge yang paling populer.

TikTok TopView – Menampilkan audio dan video secara autoplay 100%

Kali ini ada konten video untuk bisnis yang bisa memunculkan konten pada tampilan pertama atau premium TikTok. Berdurasi maksimal 60 detik dengan layar penuh, TikTok TopView mampu menampilkan audio dan video secara autoplay tanpa gangguan. Video dapat berjalan mulus 100% sehingga mampu menarik perhatian audiens. Dari kesempatan ini kamu sebagai pebisnis maupun marketer wajib membuat konten dengan fasilitas TikTok TopView yang tidak boleh terlewatkan. Karena cara kerja TikTok TopView menarik minat audiens dengan memutuskan pembelian secara langsung. Buatlah kombinasi kreatif terhadap materi video, audio, dan visual yang membuat iklan bisnis kamu semakin optimis mengalami interaksi, engagement dalam jumlah besar.

TikTok ads manager sudah mengoptimasi jutaan creator 2 tahun belakangan ini, digunakan oleh brand besar—membuat popularitasnya semakin optimis untuk bisnis mengiklankan produk mereka. Namun, bila kamu masih ragu memilih jenis TikTok ads yang sesuai karakter bisnis kamu, hubungi segera social media advertising agency terbaik seperti IDEOWORKS. Dengan pengalaman dalam menerapkan digital marketing TikTok for Business, IDEOWORKS akan memaksimalkan TikTok ads manager dengan tools dan strategi sukses mencapai 100%.

Let’s talk about your brand