Articles

13 Januari 2022

Macro Influencer vs Micro Influencer: Mana yang Tepat untuk Anda?

Perbandingan Macro Influencer dan Micro Influencer

Keputusan menggunakan macro influencer dan micro influencer tentunya berada di tangan Anda. Nah, Anda dapat menggunakan jasa influencer digital agency untuk membantu Anda menentukannya. Ada beberapa hal yang dapat dibandingkan dalam menggunakan macro influencer dan micro influencer.

  • Reach

Perbedaan pertama adalah reach. Macro influencer secara angka tentu akan menimbulkan lebih besar angka reach dibandingkan dengan micro influencer karena jumlah follower mereka yang berbeda. Macro influencer dapat membuat brand Anda dikenal secara lebih luas dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan micro influencer.

  • Sales

Sales memang tidak dapat ditentukan secara pasti dalam influencer marketing, namun menggunakan macro influencer yang juga memiliki titel lain dapat membantu meningkatkan potensi sales yang lebih baik dibandingkan dengan micro influencer. Namun, bukan berarti ini adalah sebuah jaminan, karena bisa saja micro influencer justru menghasilkan lebih banyak sales karena kedekatannya dengan follower mereka.

  • Cost

Menggunakan macro influencer pastinya akan menghabiskan lebih banyak biaya dibandingkan dengan micro influencer. Barter produk dan kolaborasi-kolaborasi kecil dapat mengurangi biaya secara signifikan. Bekerja dengan micro influencer juga memungkinkan Anda memaksimalkan anggaran influencer marketing Anda.

  • Engagement

Salah satu hal terpenting dalam menggunakan influencer marketing adalah engagement rate. Macro influencer mungkin memiliki lebih banyak follower, namun bukan tidak mungkin banyak fake follower yang ada di dalam angka tersebut, sehingga tidak menjadikan following number tersebut autentik. Itu berpengaruh pada engagement rate yang juga bisa jadi tidak autentik. Berbeda dengan micro influencer yang berusaha untuk menambah jumlah following mereka, sehingga engagement rate yang didapat lebih berarti dan autentik. 

Menggunakan influencer marketing memang memiliki trik tersendiri. Karena itu, Anda dapat menggunakan jasa influencer digital agency seperti IDEOWORKS.id untuk membantu Anda dalam menjalankan influencer marketing ini. IDEOWORKS.id sebagai sebuah influencer digital agency memiliki tim ahli yang dapat mengakomodasi kebutuhan influencer digital agency Anda. IDEOWORKS.id juga dapat membantu Anda menemukan influencer mana yang tepat untuk tipe bisnis dan industri Anda. Jadi tak perlu khawatir, segera hubungi IDEOWORKS.id untuk memulai influencer marketing Anda.

Baca Juga  Memahami Penggunaan Psikologi Warna Oleh Digital Marketing Agency
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top