Key Points:
- Sebanyak 87% konsumen membuat keputusan belanja berdasarkan rekomendasi dari influencer dan public figure.
- Bekerja sama dengan influencer marketing agency dapat membantu bisnis menjalankan campaign influencer secara efisien.
- Influencer marketing agency services mampu menghemat waktu pencarian influencer dan pemilihan platform, memberi akses ke database terkini, membantu proses pembuatan campaign, dan mempermudah evaluasi campaign.
Persaingan bisnis di era digital semakin ketat. Tidak mengherankan jika banyak brand beralih ke strategi influencer marketing untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Demi hasil yang optimal, mereka juga tidak ragu untuk bekerja sama dengan influencer marketing agency.
Sebab, 87% konsumen ternyata membuat keputusan belanja berdasarkan rekomendasi dari influencer dan public figure. Angka tersebut berasal dari hasil survei yang dilakukan Impact.com dan Cube Asia, dan hasilnya dituangkan dalam laporan berjudul “The Power of Influence – E-commerce Influencer Marketing in Southeast Asia”.
Melihat tingginya angka tersebut, terbukti bahwa influencer marketing semakin relevan bagi bisnis. Namun, di tengah maraknya influencer dan platform media sosial, menemukan content creator yang tepat dan merancang campaign yang efektif bisa menjadi tantangan tersendiri. Di sinilah peran digital influencer marketing agency menjadi sangat penting.
Manfaat Influencer Marketing Agency Services untuk Bisnis
Dengan berkolaborasi bersama influencer marketing agency yang berpengalaman, Anda bisa membawa manfaat berikut bagi bisnis:
-
Menghemat waktu pencarian influencer
Jumlah influencer di Indonesia sangatlah banyak. Sebagai gambaran, ada lebih dari 40.000 micro-influencer Instagram per 2023 lalu. Kalau ditambah dengan jenis influencer dan berbagai platform lain, bukan tidak mungkin jumlahnya mencapai ratusan ribu.
Dengan tingginya jumlah influencer, Anda membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk menemukan influencer yang tepat. Namun, Anda bisa menghemat waktu jika bekerja sama dengan influencer marketing agency services. Mereka memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam meneliti dan memilih influencer sesuai niche, target audiens, dan budget Anda.
-
Akses ke rekomendasi berbasis data terkini
Ketika bekerja sama dengan agency influencer marketing, Anda akan mendapat akses ke database mereka. Database ini biasanya berisi data lengkap seputar influencer yang diperbarui secara berkala. Jadi, Anda pun tidak perlu repot-repot mencari satu per satu informasi tentang influencer.
Tak hanya itu, agency juga umumnya menggunakan tools dan analisis data canggih dalam menyediakan layanan influencer marketing. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberikan rekomendasi influencer yang paling efektif dan relevan untuk campaign Anda.
-
Mempersingkat waktu pemilihan platform campaign
Kesuksesan influencer marketing tidak hanya bergantung pada pemilihan influencer, tapi juga platform yang Anda gunakan untuk campaign. Tiap platform memiliki karakteristik yang berbeda, begitu pula dengan demografis dan tipe konten yang disajikan.
Influencer marketing agency Indonesia umumnya sangat paham dengan kekuatan dan profil audiens pada tiap platform, baik itu Instagram, TikTok, atau lainnya. Berbekal pemahaman tersebut, agency dapat membantu Anda memilih platform yang paling sesuai dengan target audiens dan tujuan campaign. Dengan begitu, proses pemilihan platform campaign pun bisa lebih hemat waktu.
-
Membantu proses perencanaan dan pembuatan campaign
Proses influencer marketing campaign melibatkan banyak aspek. Hal ini mencakup perancangan strategi, penentuan pesan, pembuatan konten, penjadwalan publikasi, hingga tracking performa campaign. Nah, influencer marketing agency mampu menjalankan seluruh aspek tersebut untuk menjalankan manajemen campaign yang komprehensif.
Terlebih, mereka biasanya sudah berpengalaman dalam menangani berbagai macam campaign. Pengalaman ini memungkinkan mereka untuk mengantisipasi potensi masalah dan menyesuaikan strategi secara real-time. Dengan begitu, influencer marketing campaign yang Anda jalankan pun bisa lancar dan memberikan hasil optimal.
-
Mempermudah evaluasi performa campaign
Selama campaign berlangsung, agency akan melacak dan menganalisis performa campaign secara real-time. Berdasarkan informasi tersebut, mereka dapat melihat aspek apa saja yang berhasil dalam campaign dan mana yang perlu diperbaiki.
Tidak berhenti sampai di situ, influencer marketing agency services juga akan mengukur kesuksesan campaign Anda. Biasanya, mereka menggunakan metrik-metrik seperti engagement rate, conversion, reach, dan return on investment (ROI). Berbekal data tersebut, agency dapat menyediakan laporan detail kepada Anda, sehingga Anda bisa lebih memahami dampak influencer marketing terhadap bisnis serta menyusun strategi campaign berikutnya.
Rekomendasi Influencer Marketing Agency Indonesia yang Bagus
Agar bisnis Anda bisa merasakan seluruh manfaat di atas secara maksimal, pilihlah agency yang ahli dan berpengalaman seperti IDEOWORKS. Sebagai B2C maupun B2B influencer marketing agency, IDEOWORKS siap membantu Anda menjalankan campaign untuk mencapai tujuan bisnis.
Tim profesional IDEOWORKS juga akan memastikan efektivitas campaign Anda dengan menerapkan strategi data-driven. Tidak ketinggalan layanan analisis dan pelaporan performa campaign secara berkala. Jadi, Anda pun bisa menyesuaikan strategi campaign dengan kondisi sebenarnya di lapangan.
Strategi influencer marketing campaign melibatkan banyak aspek penting, sehingga butuh banyak waktu dan tenaga. Namun, Anda bisa melakukannya secara lebih efisien jika bekerja sama dengan influencer marketing agency berpengalaman seperti IDEOWORKS. Hubungi kontak IDEOWORKS sekarang juga untuk mengkonsultasikan ide campaign Anda!