Preloader
"Mau Tingkatkan Bisnis? Coba Cek 7 Strategi Facebook Content Marketing Ini! "

Mau Tingkatkan Bisnis? Coba Cek 7 Strategi Facebook Content Marketing Ini!

Dalam dunia bisnis—konteks hal ini bisnis online, content marketing sudah jadi sesuatu hal yang mutlak dilakukan oleh pebisnis. Apalagi, di era teknologi hampir semua penjualan membutuhkan digital marketing strategy. Sebut saja TVC YouTube and content production, kualitas konten yang diterima audiens menjadi sangat penting. Dengan content marketing strategy yang keren dan fun, target bisnis yang sedang kamu capai, dapat membangun hubungan dan interaksi dengan customer potensial, meningkatkan traffic hingga penjualan. Karena saat ini, audience tidak hanya sekadar melihat produk atau jasa, tetapi ingin lebih terkoneksi. Oleh karena itu, semakin kuat content marketing strategy, semakin besar pula hubungan atau koneksi mereka dengan brand-mu.

Salah satu popularitas digital marketing yang tepat melalui social media adalah Facebook marketing. Dalam dunia bisnis, potensi Facebook marketing bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produknya. Setiap harinya jutaan pengguna menggunakan Facebook sebagai platform social media. Menurut data Pew Research Centre, Facebook masih menjadi rangking teratas social media marketing yang paling banyak diakses dibanding dengan lainnya. Facebook dapat membedakan akun pribadi dan bisnis, public figure, bahkan organisasi. Dengan tampilan profesional, kamu bisa membuat profil Facebook bisnis atau menggunakan jasa yang tepat untuk menerapkan strategi digital marketing yang tepat sasaran.

Apa itu Facebook Content Marketing?

Facebook content marketing adalah segala aktivitas bisnis yang menggunakan akun Facebook dengan konten kreatif sebagai tools memasarkan produk untuk membangun komunikasi dengan customer potensial. Facebook content marketing strategy termasuk dalam sebuah pemasaran produk dengan cara menarik customer menggunakan konten yang menarik. Sebagai bukti kesuksesan Facebook content marketing strategy telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Apple dan Microsoft untuk memasarkan produk mereka dalam meningkatkan bisnis.

Kemudian dari sisi fitur, saking banyaknya fitur Facebook yang efektif digunakan untuk mengupayakan digital marketing. Salah satunya schedule post (posting terjadwal). Fitur ini memungkinkan kamu atau jasa content marketing membagikan konten terkait produk bisnis pada jam-jam optimal. Fitur lain yang mendukung peningkatan bisnis adalah Facebook 360. Dengan Facebook 360, konten pemasaran bisnis akan terasa perfect—karena tersedia foto, ilustrasi dan video panorama interaktif.

Untuk meningkatkan bisnis Facebook content marketing strategy tentu kamu harus menguasai tools dan fitur yang tepat. Jasa content marketing menjadi opsi untuk menjalankan strategi digital marketing Facebook untuk menarik banyak audiens.

Berikut ada 7 strategi Facebook content marketing yang optimal menjalankan bisnis menggunakan jasa agency content marketing.

Monitoring dan Analisis Content Marketing Strategy

Strategi setelah marketer memastikan postingan konten, yaitu memonitoring dan menganalisis konten tersebut. Biasanya dengan memanfaatkan tools analytics—jasa content marketing mendapatkan hasil yang akurat. Hal ini bertujuan untuk mempelajari dimana tipe konten yang populer dan disukai oleh audiens kamu di Facebook. Hasil analisis Facebook sangat penting untuk bisnis. Dengan cara ini kamu bisa melihat efektivitas digital marketing yang telah dilakukan. Kamu bisa melihat konten yang mendapatkan interaksi dan impresi (klik, comments, love, share) sebuah postingan. Sehingga membantu mengoptimalkan strategi Facebook content marketing yang menjangkau customer potensial.

Mengenali Target Market Bisnis

Kemudian strategi Facebook content marketing selanjutnya adalah menentukan target market bisnis kamu. Bagaimana cara mengetahuinya? Ketika kamu menggunakan jasa content marketing, mereka bisa memulai dengan riset, lalu mendapatkan buyer persona untuk menentukan brand positioning yang sesuai dengan target kamu. Jasa content marketing mengetahui target market dengan menawarkan kemudahan bagi kamu dalam menemukan tujuan. Dan, mengetahui target market dapat membantu kamu menentukan budgeting pemasaran hingga menentukan jenis konten untuk postingan.

Menentukan Budget Content Marketing

Setelah mendapatkan target market yang sesuai, barulah kamu menentukan anggaran bersama agency content marketing dengan baik. Proses menentukan budgeting ini berpengaruh dalam pembuatan konten untuk Facebook content marketing strategy. Bagi pebisnis baru, sebaiknya pilih jasa content marketing yang murah tetapi memiliki tujuan kegiatan yang bisa disesuaikan. Sebab, kamu perlu menggunakan anggaran Facebook marketing mulai dari page like ads, lead generation ads, hingga boosted posts untuk mengukur keberhasilan marketing yang akan dilakukan.

Aktif Berkomunikasi dengan Customer

Terkadang untuk mengungguli kebijaksanaan kompetitor adalah dengan cara memberikan layanan terbaik kepada customer. Aktif berkomunikasi atau mempercepat waktu respon solusi memuaskan pengunjung. Tunjukkan rasa ‘respect’ terhadap mereka dengan membangun channel komunikasi cukup sukses. Bila kamu menggunakan jasa content marketing profesional pasti mempunyai senjata berkomunikasi dengan customer setiap saat. Artinya, bisnis tidak hanya mengandalkan konten postingan, tetapi juga memberi waktu menanggapi komentar postingan konten tersebut. Semakin cepat membalas pesan atau berdiskusi dengan customer, dapat meningkatkan engagement brand bisnis.

Schedule Postingan Tepat Waktu

Peran penting content marketing strategy social media terutama Facebook adalah jadwal postingan yang di publish dan tingkat intensitasnya. Dalam hal ini bukan sesering memposting konten, tetapi menentukan jam atau waktu publish yang tepat sasaran itu ada strateginya. Sehingga, kualitas konten berpotensi memberikan kesan yang baik untuk audiens melihat maupun berinteraksi. Saat itu pula, jadwal postingan tepat waktu dapat meningkatkan engagement follower bisnis.

Bagi marketer, waktu ideal brand bisnis memiliki waktu posting yang berbeda-beda, tergantung kepada target market audience. Menurut Sproutsocial, mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa waktu posting content marketing ideal—secara global adalah dari jam 9 pagi hingga 3 sore.

Konsisten Menciptakan Konten Kreatif

Cara efektif ini berlaku untuk setiap postingan konten yang menimbulkan kesan. Sama halnya ketika setiap postingan Facebook page yang beriklan dengan Facebook ads. Content marketing strategy jadi lebih terbuka dan algoritma Facebook semakin tepat sasaran ketika kamu menciptakan konten kreatif secara konsisten. Selain digemari, konten kreatif dapat menimbulkan eksposur dan interaksi dari berbagai audiens. Namun, dalam format konten bergambar—usahakan untuk tidak memposting berupa teks atau gambar saja, tetapi maksimalkan video juga.

Dari laman resmi Wordstream melaporkan, bahwa penggunaan video untuk kegiatan promosi mampu menarik 46% customer dalam melakukan interaksi, pembelian, hingga berlangganan jasa layanan bisnis.

Pastikan ‘Goals’ yang Jelas

Dalam suatu kegiatan bisnis tentu diawali dengan tujuan atau goals yang jelas, agar hasil diakhir dapat terealisasi. Sebagai content marketing strategy, hal ini akan mempermudah dalam mengukur tingkat keberhasilan pemasaran bisnis. Karena goals yang jelas menjadikan brand bisnis mendapatkan penilaian setiap melakukan step by step pemasaran sampai kepada titik tujuan.

Berdasarkan laman SproutSocial, hampir 80% tujuan Facebook Marketing adalah membangun brand awareness bisnis. Selain itu, tujuan lain dari Facebook Marketing diklasifikasikan berupa meningkatkan engagement (65%), traffic website (54%, dan konversi menjadi (30%).

Bila kamu kesulitan menentukan tujuan bisnis, bisa menggunakan jasa agency sebagai langkah yang ideal mempromosikan bisnis mencapai target. Nantinya mereka akan memproyeksikan langkah-langkah content marketing strategy menggunakan Facebook untuk meningkatkan bisnis.

Salah satu agency yang terpercaya adalah IDEOWORKS. Survei membuktikan IDEOWORKS mampu meningkatkan bisnis melalui program TVC YouTube and content production mencapai ‘goals’ mendekati 100%. Hal itulah yang menjadi kepercayaan pebisnis baru maupun besar bekerjasama dengan agency content marketing semakin hari semakin besar potensi kesuksesannya. Yuk, hubungi IDEOWORKS sekarang!

Let’s talk about your brand