Di dalam dunia persaingan bisnis, nama digital marketing agency dan creative agency tentunya tidak terdengar asing. Kedua agensi ini seringkali menjadi rekan andalan bagi para brand yang ingin menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnisnya. Agensi kreatif seringkali dianggap sama dengan agensi pemasaran digital, atau sebaliknya. Padahal, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup menonjol.
Memahami perbedaan antara digital marketing agency dan creative agency bisa membantu Anda menentukan jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan membuat strategi pemasaran menjadi semakin efektif. Lantas, apa saja perbedaan antara creative agency dan digital marketing agency?
Apa Itu Creative Agency?
Creative agency adalah agensi yang berfokus pada pengembangan ide dan konsep konten yang kreatif dan menarik. Tim ahli yang berada di bawah naungan agensi ini memiliki kreativitas tinggi dengan ide yang fresh dan out-of-the-box, serta merupakan storyteller yang baik. Mereka bisa mengemas visi, misi, dan pesan dari brand Anda dengan cara yang komunikatif untuk meningkatkan engagement, dan membantu membangun hubungan emosional antara brand dengan audiens.
Apa Itu Digital Marketing Agency?
Jika creative agency mewujudkan konsep, ide, dan pesan-pesan dari brand dengan cara yang interaktif dan menarik, digital marketing agency lebih fokus pada strategi untuk meningkatkan visibilitas brand Anda. Mereka dapat membantu Anda dalam meningkatkan konversi dan traffic ke website. Para ahli di agensi ini menggunakan teknik SEO, SEM, dan strategi optimasi lainnya untuk membuat pemasaran digital Anda menunjukkan hasil yang optimal dan memaksimalkan ROI.
Kini Anda sudah mengenal fungsi dari creative agency dan digital marketing agency. Tapi, apa sebenarnya yang membedakan keduanya?
Apa Perbedaan antara Digital Marketing Agency dengan Creative Agency?
Berikut ini beberapa perbedaan utama antara digital marketing agency dan creative agency yang perlu Anda ketahui
1. Fokus Layanan
Salah satu perbedaan utama antara creative agency dan digital marketing agency adalah fokus layanan yang mereka berikan. Creative agency lebih berfokus pada penyampaian pesan yang dikombinasikan dalam bentuk naratif dan elemen visual, seperti desain logo, slogan, video promosi, dan berbagai bentuk konten kreatif lainnya.
Di sisi lain, digital marketing agency menyediakan layanan yang fokus pada strategi untuk meningkatkan visibilitas brand di ranah digital. Strategi optimasi seperti penggunaan keyword yang tepat, penggunaan backlinks, dan lain sebagainya menjadi beberapa di antara layanan yang tersedia. Mereka juga dapat membantu Anda memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan channel yang sesuai dengan target konsumen yang tepat.
2. Pendekatan
Creative agency memiliki pendekatan kreatif dan artistik. Mereka menghadirkan ide-ide yang segar dan out-of-the-box dengan gebrakan-gebrakan unik namun tetap relevan dalam membangun konsep pemasaran brand Anda. Sedangkan, digital marketing agency lebih bergantung pada analisis data dan metrik-metrik untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.
3. Hasil yang Ditawarkan
Melalui konten-konten menarik, creative agency dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun kedekatan emosional dengan audiens. Tak hanya itu, kesan merek pada brand Anda juga akan menjadi lebih kuat, yang tidak menutup kemungkinan dapat membantu menarik konsumen setia. Sedangkan, hasil yang ditawarkan oleh digital marketing agency lebih bersifat kuantitatif dan terukur. Anda bisa melihat progress dari strategi yang mereka terapkan melalui laporan rutin berupa peningkatan traffic pada situs, jumlah konversi, dan ROI yang terpenuhi.
Setelah memahami perbedaan antara digital marketing agency dan creative agency, kini saatnya melihat lebih dalam bagaimana peranan creative agency dapat berkontribusi besar dalam keberhasilan strategi bisnis Anda.
Peranan Creative Agency dalam Keberhasilan Strategi Bisnis
Di dalam menerapkan strategi pemasaran yang menarik, tak bisa dipungkiri bahwa peranan sebuah creative agency sangat berperan. Agensi ini dapat membantu Anda merancang berbagai ide dan konsep konten menarik yang dapat memaksimalkan engagement dan meningkatan visibilitas brand. Berikut adalah beberapa hal yang ditawarkan oleh creative agency untuk bisnis Anda:
- Memaksimalkan branding dan identitas visual
- Membuat konten kreatif yang engaging
- Memperkuat konsistensi brand
- Menyajikan strategi pemasaran dengan pendekatan inovatif dan kreatif
Cara Menemukan Creative Agency yang Tepat
Bagi Anda yang ingin memperkenalkan brand global ke pasar lokal creative agency bisa membantu membuat merek Anda menjadi lebih mudah diterima oleh masyarakat luas. Mereka bisa membantu membuat konten-konten promosi bermuatan nilai-nilai lokal dengan cara yang sangat kreatif dan berkesan. Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal, Anda perlu memilih agensi kreatif yang benar-benar terpercaya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menemukan agensi yang terbaik.
1. Evaluasi Portofolio
Salah satu cara untuk menemukan creative agency yang berkompetensi bisa Anda ketahui melalui portofolio yang mereka berikan. Portofolio tersebut bisa dibilang merupakan rekam jejak dari project yang sudah mereka selesaikan sebelumnya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dari portofolio tersebut antara lain, apakah gaya naratif maupun visual mereka cocok dengan brand image yang ingin Anda bangun,
2. Pertimbangkan Reputasi dan Penghargaan
Selain dari segi portofolio, Anda juga dapat mempertimbangkan faktor reputasi yang dimiliki oleh creative agency tersebut. Reputasi dari agensi itu bisa dilihat dari testimoni yang ditinggalkan oleh klien-klien sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat kualitas dari agensi tersebut melalui penghargaan yang sudah mereka terima.
3. Profesional dan Mampu Bekerjasama dengan Tim Internal
Carilah agensi kreatif yang memiliki tim profesional, yang tidak hanya berwawasan namun juga mampu berkomunikasi dengan baik. Skill komunikasi ini tentunya sangat dibutuhkan untuk mempermudah koordinasi dengan tim internal dan meminimalisir kesalahpahaman saat merancang ide atau konsep pemasaran.
4. Pengalaman dan Keahlian yang Memadai
Satu hal yang pasti, pilihlah agensi kreatif yang tidak hanya ahli namun juga memiliki pengalaman yang memadai di bidangnya. Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh agensi tersebut adalah pengalaman dalam hal lokalisasi brand, terutama bagi Anda yang ingin memperkenalkan brand global ke khalayak lokal. Mereka juga harus memiliki keahlian dalam mengamati tren terkini untuk menentukan ide konten pemasaran yang relevan dengan masyarakat masa kini.
Ingin memastikan strategi pemasaran Anda berjalan secara optimal? Mulailah menjalin kerjasama dengan agensi kreatif IDEOWORKS. Agensi kreatif ini hadir dengan tim ahli berpengalaman yang dapat membantu Anda dalam Menyusun dan membuat berbagai ide konten yang menarik dan relevan. Bersama IDEOWORKS, Anda bisa membuat bermacam-macam konten pemasaran yang unik dan membuat brand Anda menjadi semakin mudah diterima oleh masyarakat. Hubungi IDEOWORKS untuk mulai kolaborasi dengan Ideoworks sekarang juga.