Articles

23 November 2021

Menyelami Dunia Affiliate Marketing dalam Strategi Digital Agency

Manfaat Affiliate Marketing

Affiliate marketing itu sendiri pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada 1994. Lalu, seiring perkembangan teknologi dan dunia marketing, perkembangan konsep ini menjadi semakin luas. Metode affiliate marketing ini sudah dilakukan oleh para penjual produk dan jasa skala kecil. Bentuk affiliate marketing yang paling sering kita lihat adalah paid promote di Instagram, di mana kita dapat swipe up di Instagram Story seseorang dan akan dialihkan ke sebuah link dimana produk yang ditawarkan dapat dibeli. Selain itu, bentuk affiliate marketing lain dapat dilihat di Youtube, dimana seseorang dapat menggunakan kode promo yang berafiliasi dengan content creator untuk mendapatkan potongan saat membeli barang tersebut. Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari affiliate marketing ini?

  • Mendatangkan Penjualan yang Stabil

Penggunaan affiliate marketing dapat mendatangkan penjualan yang stabil karena konsistensi penggunaan produk oleh pelanggan. Demi menjaga agar bisnis tetap stabil, Anda juga memerlukan marketing dan selling yang stabil. Karena konsep ini lah yang membuat affiliate marketing menjadi penting.

  • Mengurangi Biaya Marketing

Biaya marketing yang rendah menjadi salah satu hal yang membuat affiliate marketing strategi yang ideal untuk orang-orang yang baru merintis bisnis. Produk atau jasa yang Anda tawarkan akan diketahui oleh masyarakat luas hanya dengan memberikan komisi untuk afiliasi atau hanya memberikan sampel. Metode affiliate marketing ini pun sebenarnya masih diperlukan untuk penjual yang sudah memiliki usaha yang sudah lebih besar. Namun, akan lebih baik bagi perusahaan atau usaha tersebut apabila mereka tidak hanya menggunakan affiliate marketing saja, tapi juga cara-cara marketing lainnya. Karena, tujuan utama affiliate marketing adalah membangun stabilitas, bukan meningkatkan jumlah penjualan sebuah produk atau jasa.

Baca Juga  Psikologi Dibalik Penggunaan Emoji Dalam Campaign Digital Marketing

  • Memiliki Tingkat Risiko yang Rendah

Sejatinya, semua jenis strategi tentunya memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda, tidak terkecuali affiliate marketing. Namun, affiliate marketing menawarkan risiko yang rendah bagi Anda yang baru memiliki sebuah bisnis.

Risiko yang dimaksud adalah membangun sebuah strategi marketing yang tidak dapat ditentukan secara pasti apakah akan berhasil atau tidak, atau membangun sebuah tim marketing yang belum bisa mencapai hasil yang diinginkan secara maksimal. Penggunaan metode affiliate marketing ini memungkinkan penjual produk atau jasa bisa tetap memasarkan produknya dengan risiko yang lebih kecil.

Pada dasarnya, affiliate marketing adalah salah satu strategi marketing yang saat ini paling jitu dan sangat mudah untuk dilakukan. Karena itu lah banyak pemilik bisnis yang melakukan strategi ini. Jika Anda merupakan pengusaha yang baru merintis bisnis Anda, affiliate marketing adalah strategi marketing yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

IDEOWORKS.id adalah salah satu digital agency yang dapat membantu Anda menjalankan affiliate marketing ini. Kami memiliki tim yang ahli dalam social media marketing dan dapat membantu Anda menemukan afiliasi yang tepat di berbagai media sosial yang Anda tuju. Jadi, jangan khawatir dan segera hubungi kami untuk berkolaborasi bersama!

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top