Fenomena progress dari strategi pemasaran digital yang terkesan stuck atau stagnan merupakan hal yang sangat umum terjadi, terutama bagi brand yang sedang berkembang. Hal ini kemungkinan terjadi karena strategi internal yang sempat diterapkan sudah tidak mampu lagi mengakomodasi target pertumbuhan selanjutnya. Di saat seperti itulah kehadiran agensi pemasaran digital yang berkompetensi menjadi langkah krusial yang mungkin dibutuhkan brand Anda untuk melangkah ke level selanjutnya.
Tetapi, menemukan digital marketing agency yang mumpuni harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Pasalnya, Anda sedang tidak mencari vendor, melainkan partner bisnis yang dapat berjalan beriringan untuk membawa brand mencapai target selanjutnya yang lebih tinggi. Alih-alih hanya fokus pada portofolio yang gemilang, apa saja hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan trusted partner dalam upaya pemasaran digital?
Langkah Strategis Menemukan Digital Marketing Agency sebagai Trusted Partner
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih digital marketing agency yang tepat dan dapat menjadi trusted partner bagi brand Anda
1. Pahami Tujuan dan Kebutuhan Bisnis Anda
Sebelum menemukan digital marketing agency yang tepat, pastikan Anda sudah memahami tujuan yang ingin dicapai, dan apakah hal tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, apakah Anda ingin meningkatkan traffic masuk ke website, memaksimalkan brand awareness, atau mungkin ingin mencapai target penjualan? Masing-masing tujuan membutuhkan pendekatan strategi yang berbeda, dan dengan mengetahui target yang ingin dicapai dapat membantu Anda menemukan agensi yang berkompetensi dan bisa mengantarkan brand ke gerbang kesuksesan.
2. Lakukan Evaluasi Berdasarkan Spesialisasi Agensi dan Track Record
Saat akan memilih digital marketing agency, pastikan Anda melakukan evaluasi mendalam terlebih dulu terkait spesialisasi dan track record yang mereka miliki. Misalnya, apabila agensi tersebut menawarkan jasa ads dengan fokus pada digital advertising, maka Anda perlu memperhatikan portofolio yang disajikan untuk melihat bagaimana mereka memilih platform iklan digital serta langkah-langkah optimasi yang dilakukan agar iklan dapat menjangkau target audience yang tepat sekaligus mencapai target yang ditetapkan. Pastikan bahwa spesialisasi agensi digital tersebut selaras dengan tujuan pemasaran Anda.
3. Lihat Kemampuan Mereka dalam Berkomunikasi
Dalam dunia bisnis dan kemitraan, kemampuan komunikasi merupakan salah satu modal utama yang wajib dimiliki. Saat akan memilih digital marketing agency, pastikan mereka dapat menjalin komunikasi yang efektif. Bentuk kemampuan komunikasi tersebut bisa terlihat dari bagaimana cara mereka menjawab pertanyaan yang Anda ajukan serta kemampuan mereka dalam menjelaskan strategi pemasaran yang akan diterapkan, dan inisiatif untuk mengirimkan laporan performa secara berkala.
4. Perhatikan Kesesuaian Visi, Misi, dan Work Culture
Dalam membangun kemitraan, terutama dalam jangka panjang, kesesuaian visi misi antara perusahaan Anda dengan agensi digital menjadi faktor yang sangat penting. Pilihlah agensi yang memahami bahwa mereka bukanlah vendor, melainkan partner bisnis yang saling bahu-membahu untuk membangun dan mengembangkan brand Anda. Strategi yang mereka terapkan tentunya akan memainkan peran yang sangat krusial untuk membantu brand bertahan dan berkembang di medan persaingan digital.
5. Jangan Terpaku pada Penawaran Harga Terendah
Saat memilih digital marketing agency penawaran harga yang rendah sebaiknya tidak dijadikan sebagai acuan utama. Harga layanan agensi yang terlalu rendah bisa jadi merupakan cermin dari kualitas layanan yang mereka berikan. Oleh karena itu, alih-alih berfokus mencari agensi yang banting harga dalam menawarkan layananya, fokuslah untuk menemukan agensi berkompetensi yang mampu memberikan return yang lebih besar dibandingkan biaya yang sudah Anda keluarkan.
6. Perhatikan Wawasan dan Kesigapan Mereka dalam Merespons Tren
Dunia pemasaran digital akan terus merespons perubahan tren, salah satunya adalah tren algoritma. Keterlambatan dalam mengikuti tren yang tengah berlangsung dapat mengakibatkan strategi pemasaran yang semula efektif menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, pastikan agensi digital yang Anda pilih memiliki tim profesional yang tanggap dalam mengikuti perkembangan tren algoritma dan menentukan strategi baru berdasarkan perubahan tersebut.
3 Pilar Utama yang Menandakan Kualitas dari Digital Agency
Sebuah agensi digital yang berintegritas mengimani 3 pilar utama yang membuat mereka terus berkembang menjadi lebih baik. Pastikan digital agency yang Anda pilih memiliki 3 pilar berikut:
1. Memiliki Passion di Bidang Pemasaran Digital
Sebuah agensi digital berintegritas tinggi tidak hanya memandang proyek yang Anda berikan hanya sebatas pekerjaan, melainkan kesempatan untuk memberikan dampak nyata. Mereka yang memiliki passion yang tinggi di bidang pemasaran digital akan senantiasa bersemangat dalam merumuskan ide-ide strategi pemasaran yang kreatif dan menyegarkan, serta memiliki semangat tinggi untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Gairah untuk memberikan yang terbaik untuk setiap kliennya adalah hal yang membuat agensi ini terus berkembang tanpa batas.
2. Berkomitmen untuk Belajar secara Kontinyu
Bagi sebuah agensi yang berkualitas, setiap proyek yang masuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar berbagai hal baru. Mereka akan secara aktif mencari tahu tentang tren algoritma terbaru maupun teknologi pemasaran yang sedang naik daun. Agensi ini juga memberikan fasilitas berupa pelatihan atau seminar bagi tim-nya untuk menjamin mereka memiliki ilmu yang terus diperbaharui sehingga dapat menghasilkan strategi-strategi cerdas yang relevan.
3. Memiliki Sistem dan Proses yang Terstruktur
Agensi digital yang berkompetensi dan profesional memiliki sistem dan proses kerja yang jelas dan terstruktur. Sebagai klien, Anda akan mendapatkan kejelasan mengenai langkah-langkah cara kerja yang berlaku di agensi tersebut dan mendapatkan update dalam bentuk laporan yang komprehensif. Sistem dan proses kerja yang terorganisir juga menjadi cara agensi menghargai kliennya.
Kesimpulan
Bekerjasama dengan agensi yang tepat dapat memberikan perbedaan yang sangat besar terhadap upaya pemasaran digital yang Anda terapkan. IDEOWORKS misalnya, merupakan agensi pemasaran digital yang tidak hanya menyediakan berbagai layanan untuk tujuan digital marketing, namun juga bisa menjadi partner yang sangat berharga untuk membantu meningkatkan upaya dan hasil dari strategi pemasaran digital.
Agensi ini memiliki tim yang sangat berpengalaman di bidang digital marketing yang dapat memberikan insights bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan performa strategi pemasaran berbasis digital yang Anda jalankan. Bersama IDEOWORKS, Anda bisa mencapai target pemasaran dengan lebih efektif dan memberikan manfaat positif dalam jangka waktu lama.