OOH Advertising: Definisi, Manfaat, dan Contoh Kreatifnya

OOH Advertising: Definisi, Manfaat, dan Contoh Kreatifnya

Key Points:

  • Sebanyak 98% orang berpapasan dengan billboard atau media iklan lain di tempat umum setiap minggunya.
  • OOH advertising memiliki kekuatan besar untuk menjangkau dan memengaruhi konsumen.
  • Iklan OOH dapat meningkatkan brand awareness, mendorong interaksi dengan konsumen, mendukung promosi yang lebih kreatif, dan meningkatkan performa marketing channel lain.

Jika Anda ingin memasang iklan yang menjangkau banyak orang, pilihlah media iklan di tempat umum. Menurut data dari Statista, 98% orang berpapasan dengan billboard atau media iklan lain di tempat umum setiap minggunya. Jenis iklan tersebut dikenal juga dengan istilah OOH advertising.

Masih dari data yang sama, sebanyak 71% konsumen merasa terhubung dengan konten yang ditampilkan pada billboard di pinggir jalan. Jadi, creative OOH advertising sangat efektif untuk memengaruhi konsumen. Simak informasi selengkapnya melalui ulasan berikut!

OOH Advertising: Definisi, Manfaat, dan Contoh Kreatifnya

Apa Itu OOH Advertising?

Out-of-home advertising atau OOH advertising adalah strategi pemasaran yang menggunakan media di tempat umum untuk menjangkau audiens secara luas. Jenis iklan OOH hanya bisa Anda lihat ketika berada di luar rumah (out-of-home), contohnya seperti billboard, videotron, poster, mural, hingga kendaraan umum.

Meski mengandalkan media yang cenderung konvensional, Anda juga bisa mengintegrasikan iklan ini dengan teknologi digital. Kini, banyak brand yang menggunakan layar digital untuk menampilkan iklan mereka dengan lebih dinamis dan interaktif.

Manfaat Digital OOH Advertising

Dengan menerapkan strategi digital OOH advertising, bisnis Anda akan merasakan berbagai manfaat berikut ini:

  • Meningkatkan brand awareness dan reputasi

Karena berada di tempat-tempat umum, iklan OOH mampu menjangkau audiens secara lebih luas. Apalagi jika Anda berhasil membuat iklan yang unik dan kreatif, tentunya iklan tersebut akan menarik lebih banyak perhatian. 

Dengan jangkauan yang luas tersebut, OOH advertising dapat meningkatkan brand awareness bisnis. Hal ini bisa membantu memperkuat citra positif bisnis Anda di mata target konsumen.

  • Mendorong interaksi dengan konsumen

Dengan tipe konten yang tepat, iklan OOH dapat mendorong interaksi dengan konsumen. Misalnya, Anda bisa memasang iklan 3D pada videotron. Alhasil, konsumen akan tertarik untuk berfoto dengan iklan tersebut. Contoh lainnya adalah dengan memasang kode QR pada papan reklame atau poster. Konsumen bisa memindai kode tersebut untuk berkenalan lebih lanjut dengan produk Anda.

  • Mendukung promosi yang lebih kreatif

Iklan OOH menawarkan ruang yang luas untuk kreativitas. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat kampanye yang berkesan dan menonjol di tengah keramaian. Ditambah dengan adanya teknologi digital untuk iklan out of home saat ini, Anda jadi punya lebih banyak pilihan platform untuk berkreasi membuat iklan.

  • Meningkatkan performa marketing channel lain

Anda juga bisa meningkatkan performa pemasaran pada channel lain melalui iklan OOH. Gunakan OOH advertising untuk mengarahkan traffic ke website atau media sosial bisnis. Dengan kata lain, pemasangan iklan OOH dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran multi-channel Anda.

Contoh Creative OOH Advertising

Supaya bisa merasakan seluruh manfaat di atas secara maksimal, Anda perlu membuat konten iklan OOH yang tepat. Berikut beberapa contoh creative OOH advertising yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Billboard interaktif

Billboard merupakan salah satu media iklan OOH paling populer. Namun, dengan banyaknya pemasang billboard, Anda perlu membuat iklan billboard yang terlihat menonjol dari pesaing. Manfaatkan digital billboard untuk menghasilkan iklan yang interaktif. Contohnya seperti iklan 3D yang terlihat keluar dari layar saat dilihat dari sudut tertentu.

  • Mural ilusi optik

Bagi yang ingin memasang creative OOH advertising dalam ukuran lebih kecil, Anda bisa membuat mural ilusi optik. Bekerja samalah dengan para seniman mural atau street artists untuk membuat mural tersebut. Mural yang kreatif dan menarik perhatian dapat menjadi daya tarik utama di jalanan, sehingga akan meningkatkan brand awareness.

  • Street furniture

Street furniture adalah iklan yang dipasang pada furnitur jalanan. Contohnya seperti bangku taman atau halte bus. Jadi, iklan OOH ini biasanya akan menjangkau target konsumen saat mereka sedang bersantai dan menunggu. Oleh sebab itu, kebanyakan iklan street furniture biasanya dipasang dalam level eye-to-eye agar lebih mudah terlihat oleh konsumen.

Rekomendasi Agensi OOH Advertising Jakarta 

Apa pun jenis iklan OOH yang Anda pilih, proses pembuatannya membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Anda harus menentukan target konsumen, jenis konten iklan OOH, tempat umum untuk memasang iklan, hingga evaluasi performa. Agar prosesnya efisien, Anda bisa bekerja sama dengan agensi OOH advertising Jakarta yang berpengalaman, seperti IDEOWORKS.

Dengan tim kreatif yang profesional dan jaringan media luas, IDEOWORKS dapat membantu Anda mengembangkan kampanye iklan OOH yang efektif dan sesuai anggaran Anda. Tak hanya itu, tim IDEOWORKS juga menyediakan layanan lengkap, mulai dari perancangan ide kreatif, pemasangan, hingga laporan iklan OOH. 

 

OOH advertising dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan brand awareness. Untuk mendapatkan hasil efektif dari pemasangan iklan OOH, serahkan prosesnya kepada agensi berpengalaman seperti IDEOWORKS. Hubungi kontak IDEOWORKS sekarang juga untuk mengkonsultasikan kebutuhan iklan OOH Anda!

Let’s talk about your brand