Key Points:
- Google Search Lab adalah platform yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan berbagai fitur baru di Google Search.
- Dengan Google Search Lab AI, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan.
- Google Labs AI hadir dengan sederet fitur untuk mempermudah pelacakan SERP, memberi rekomendasi hasil pencarian yang lebih personal, dan membagi snippet yang lebih mudah dipahami.
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Sebagai raksasa teknologi, Google tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan teknologi AI pada mesin pencarinya melalui Google Search Lab.
Inovasi ini dapat menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk meningkatkan strategi marketing dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Tapi, bagaimanakah Google Labs AI akan menguntungkan bisnis Anda, dan seperti apa cara mengaktifkannya? Anda bisa simak selengkapnya melalui tulisan ini!
Apa Itu Google Search Lab?
Google Search Lab adalah platform yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan berbagai fitur baru di Google Search. Fitur-fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan, tapi memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu bisnis dalam mencapai tujuannya.
Melalui Google Search Lab AI, Google mengumpulkan feedback pengguna untuk mengevaluasi potensi fitur-fitur baru di platform Search. Para engineers Google mempelajari feedback tersebut untuk memahami seberapa efektif inovasi mereka. Jika dibutuhkan, mereka juga akan melakukan perubahan sebelum fitur tersebut diintegrasikan ke platform Google Search
Fungsi Google Labs AI
Fungsi utama Google Search Labs adalah membantu pengguna mendapatkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Penggunaan AI memungkinkan Google Search Labs untuk menganalisis data pencarian dan pola perilaku pengguna. Dengan begitu, platform satu ini mampu memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih personal.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Google Labs AI dibekali dengan Search Generative Experience (SGE). Bahkan, fitur inilah yang menjadi fokus utama dalam pengembangan Google Search Labs.
SGE bekerja dengan model bahasa canggih buatan Google, yaitu, Pathways Language Model 2. Dengan menggunakan model bahasa tersebut, Google Search mampu memberikan rekomendasi, merespons pertanyaan, hingga menyediakan opsi antarmuka percakapan untuk interaksi yang lebih intuitif.
Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Google Search Lab AI
Bagi para pebisnis, Anda bisa merasakan berbagai manfaat berikut saat menggunakan Google Search Lab AI:
-
Mempermudah pelacakan SERP
Salah satu fitur unggulan Google Labs AI adalah “Add to Spreadsheets”. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyimpan hasil pencarian ke spreadsheet Google Sheet.
Hal ini memudahkan Anda untuk mengelola dan menyajikan informasi yang Anda temukan melalui Google Search. Dengan begini, Anda dapat lebih mudah melacak Search Engine Result Page (SERP) dan berkolaborasi dengan anggota tim dalam format spreadsheet.
-
Rekomendasi jadi lebih personal
Google Search Labs dibekali dengan Advanced Query Suggestions. Fitur ini bekerja dengan mempelajari preferensi pengguna. Hasilnya, algoritma berbasis AI dari Google Search Lab mampu memberikan rekomendasi pencarian follow-up yang berhubungan dengan pencarian sebelumnya.
Dengan kata lain, hasil pencarian yang ditampilkan pun akan lebih personal. Hal ini dapat membantu bisnis menjangkau target audiens yang tepat dengan konten dan produk yang mereka minati.
-
Pembagian snippet yang lebih kronologis dan mudah dipahami
Snippet adalah fitur ringkasan konten yang muncul secara kronologis di samping hasil pencarian. Anda dapat membaca ringkasan tersebut sebelum mengakses halaman web secara penuh.
Dengan begitu, Anda bisa memastikan apakah suatu website menyediakan informasi yang relevan dengan kebutuhan Anda. Fitur ini akan membantu Anda menemukan informasi yang dicari secara lebih cepat dan mudah.
Cara Mengaktifkan Google Search Lab untuk Bisnis
Untuk merasakan seluruh manfaat di atas, Anda perlu mendaftarkan diri sebagai pengguna Google Search Lab terlebih dulu. Berikut cara mengaktifkannya:
- Buka aplikasi Google Chrome pada desktop;
- Klik “New Tab” di bagian pojok kanan atas layar;
- Klik ikon Labs;
- Klik “Join Waitlist;
- Anda akan menerima email berisi akses Google Labs AI.
Google Search Lab menggunakan AI untuk menghadirkan Search Generative Experience bagi penggunanya. Anda bisa memanfaatkan inovasi tersebut untuk meningkatkan strategi search engine optimization (SEO). Agar strategi lebih matang, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan para ahli digital marketing di IDEOWORKS.
Berdiri sejak 2012, IDEOWORKS telah berpengalaman dalam merancang dan mengeksekusi berbagai project digital marketing, termasuk SEO. Tim profesional dari IDEOWORKS akan membantu Anda menyusun strategi digital marketing yang tepat sasaran. Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan IDEOWORKS!