Preloader
Digital Agency Jakarta

Peran Digital Agency Jakarta dalam Menghindari Influencer Fraud

Tak dapat dipungkiri, beberapa tahun terakhir ini, influencer marketing menjadi salah satu tren yang populer di dunia marketing. Banyak bisnis yang menggunakan jasa influencer untuk menaikkan tingkat kesuksesan dan penjualan mereka. Namun, tidak sedikit yang malah tertipu oleh influencer-influencer tersebut. Ini disebut dengan influencer fraud. Nah, sebelum Anda menggunakan jasa influencer, ada baiknya Anda pahami dulu bahaya-bahaya yang mungkin dapat muncul saat menggunakan jasa influencer. Influencer fraud bukanlah hal yang sering terjadi, namun bukan berarti influencer fraud tidak pernah terjadi. Influencer fraud itu sendiri dapat berupa berbagai bentuk. Di Amerika Serikat sendiri, salah satu influencer fraud yang dapat berakibat fatal dan berurusan dengan hukum adalah tidak menjelaskan bahwa post yang mereka unggah adalah sebuah iklan atau endorsement.

[irp]

5 Bahaya dalam Influencer Marketing

  • Engagement Influencer Mendekati Titik Terendah

Social media memungkinkan setiap orang untuk mencapai popularitas dan menyandang status influencer. Karena itu lah, dalam beberapa tahun terakhir merebak influencer yang muncul di media sosial. Mereka fokus dalam produksi konten dan meningkatkan follower dengan cepat. Mereka juga membangun interaksi dengan para follower. Masalahnya, tidak semua influencer tersebut benar-benar bisa disebut influencer profesional yang memang dapat membantu melakukan social media marketing untuk pebisnis. Ketika influencer ini terus-menerus mengunggah konten berbayar tanpa adanya engagement yang berarti, sehingga follower mereka justru bosan dan akan mempengaruhi engagement hingga ke titik terendah.

  • Konten yang Tidak Otentik

Bukan tidak mungkin para influencer bisa tidak menyukai produk atau layanan yang mereka promosikan. Terkadang brand juga tidak memedulikan hal ini, sekalipun influencer itu tidak menyukai produknya dan memberikan konten yang ‘tidak jujur’. Namun, followers dapat mengetahui mana konten jujur dan tidak sehingga dapat mengakibatkan hilangnya kredibilitas influencer maupun brand di mata masyarakat. Cara menghindarinya adalah memilih influencer yang pernah menggunakan produk Anda, yang pernah mendengar brand Anda, ataupun mau mencoba produk atau layanan Anda terlebih dahulu. Baru kemudian mereka dapat memberikan review yang otentik sesuai pengalaman mereka. KOnten otentik ini lah yang dapat menarik follower untuk menggunakan brand Anda.

[nextpage title=” “]

  • Konflik Moral Influencer

Influencer beberapa kali terlibat dengan berita terkait tindakan atau perilaku yang kontroversial. Akibatnya adalah sentimen negatif dari masyarakat luas yang juga berdampak pada brand yang pernah atau sedang dipromosikan influencer tersebut. Jangan sampai detail influencer seperti ini tidak Anda ketahui karena akan berakibat besar bagi brand Anda, terlebih bagi brand yang baru memulai bisnisnya. Hal ini dapat dihindari dengan bekerja sama dengan digital agency Jakarta seperti IDEOWORKS.id. Pengalaman yang dimiliki IDEOWORKS.id sebagai digital agency Jakarta dapat memastikan brand Anda tidak salah memilih influencer

  • Fake Follower

Belakangan ini banyak orang yang menjual jasa fake follower karena melihat tren influencer dan bagaimana brand melihat influencer dari jumlah follower yang mereka miliki. Hal ini dapat berdampak negatif bagi brand karena jika ternyata influencer yang sedang berkolaborasi dengan mereka menggunakan jasa pembelian follower ini, mereka dapat mengeluarkan uang kepada influencer yang salah. IDEOWORKS.id sebagai sebuah digital agency Jakarta memiliki data yang valid mengenai engagement dari berbagai influencer sehingga Anda dapat mempercayai influencer yang ditawarkan oleh IDEOWORKS.id untuk brand Anda.

[irp]

  • Pastikan Etis dalam Kerja Sama

Bekerja sama dengan influencer harus dengan etis. Mereka memang bekerja sebagai figur publik dan mereka pun setuju dengan risikonya. Namun bukan berarti Anda sebagai brand bisa mengambil keuntungan dari hal ini. Jangan pandang mereka sebagai komoditi bisnis. Berikan kebebasan kreatif kepada influencer untuk berkreasi dalam menciptakan konten yang natural. Konten seperti ini cenderung lebih disukai oleh follower, asalkan sesuai dengan ketentuan kerjasama yang telah disepakati.

Menggunakan strategi influencer marketing dalam mempromosikan bisnis memang sebuah hal yang menggiurkan dan dapat mendorong bisnis Anda dengan cepat. Namun Anda juga dapat jatuh sama cepatnya dengan Anda naik. 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan menggunakan jasa digital agency Jakarta, salah satunya adalah IDEOWORKS.id. Sebagai salah satu digital agency Jakarta, kami memiliki tim ahli dan dapat membantu Anda menjembatani kerjasama brand Anda dengan influencer yang tepat dengan brand Anda. Segera hubungi kami dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand