Preloader
Perfomance listening

Performa Listening: Menguasai Data untuk Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing

Mendengar strategi social media performance listening marketing–bagian penting dari keberlangsungan tren bisnis digital masa kini. Dengan menguasai data social media performance listening audiens memungkinkan kamu mengoptimalkan, memonitoring, menganalisis, sekaligus merespon tanggapan publik (audiens) yang lebih efektif. Dan untuk melakukan hal tersebut, bisnis kamu membutuhkan strategi atau tools yang bisa mengidentifikasi dan menganalisa kompetisi di lingkup social media yang berkaitan dengan brand atau topik bisnis yang kamu sampaikan.

Apa sih Performance Listening itu?

Listening performance atau performance listening marketing adalah istilah yang merujuk kepada kemampuan bisnis untuk memantau dan menganalisis data atau informasi yang diperoleh dari audiens atau kompetitor terhadap suatu hal atau target marketing. Dalam konteks pemasaran atau komunikasi, performance listening marketing berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh wawasan dan pemahaman yang lebih baik melalui pendengaran aktif terhadap pelanggan, pasar, atau lingkungan bisnis (performance listening audiens).

Dalam praktiknya, performance listening dapat melibatkan penggunaan alat dan teknik untuk memantau percakapan online, ulasan pelanggan, tanggapan konsumen, tren pasar, dan informasi terkait lainnya. Misalnya, dengan menggunakan tools social media performance listening, perusahaan dapat melacak dan menganalisis percakapan melalui platform social media untuk memahami sentimen pelanggan, mendeteksi isu-isu yang muncul, atau mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Dalam konteks performance listening variable juga dapat mencakup pemantauan kinerja marketing campaign, seperti melacak metrik kunci, mengukur tingkat keterlibatan, dan menganalisis respons pelanggan terhadap kampanye tertentu. Dengan mendengarkan dan menganalisis data dengan baik, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang berharga untuk meningkatkan strategi pemasaran, mengoptimalkan pengalaman pelanggan, atau mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

Jadi, secara umum, performance listening marketing mengacu pada kemampuan untuk secara aktif memantau, mendengarkan, dan menganalisis data atau informasi untuk mendapatkan wawasan yang berharga dan meningkatkan kinerja pemasaran atau komunikasi.

7 Strategi Digital Marketing Optimal dengan Performance Listening Marketing

Pemahaman yang baik tentang data dan penggunaannya dalam strategi pemasaran adalah kunci keberhasilan bisnis saat ini. Dalam hal ini, performance listening marketing dapat membantu bisnis kamu mengoptimalkan strategi digital marketing dengan memanfaatkan data dengan bijak dari social media performance listening. Berikut adalah 7 langkah penerapan strategi bisnisnya:

Tentukan Tujuan Marketing

Pertama-tama, tetapkan tujuan pemasaran yang jelas dan terukur. Apakah bisnis kamu ingin meningkatkan brand awareness, mendapatkan lebih banyak prospek, meningkatkan penjualan, atau mencapai tujuan lainnya. Dengan memahami tujuan bisnis akan bisa membantu mengumpulkan data yang relevan dan memfokuskan upaya marketing.

Identifikasi Metrik Kunci

Menentukan metrik kunci yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi digital marketing menjadi sebuah hal yang tepat. Misalnya, jumlah pengunjung situs web, platform social media, tingkat konversi, tingkat retensi pelanggan, atau ROI (Return on Investment). Pilih metrik yang paling relevan dengan tujuan dan pastikan memiliki alat analisis (performance listening variable) yang memadai untuk melacak dan mengukurnya.

Kumpulkan Data Relevan

Gunakan alat analisis web dan social media untuk mengumpulkan data yang relevan. Misalnya, data lalu lintas situs web, social media, data pengguna, data interaksi audiens (performance listening audiens), data kampanye iklan digital, dan lain sebagainya. Melalui analisis data ini akan memberikan wawasan tentang perilaku pengguna, preferensi, tren pasar, dan efektivitas digital marketing campaign bisnis kamu.

Gunakan Tools Analisis Data

Manfaatkan tools analisis data seperti Google Analytics, Facebook Insights, atau alat lainnya untuk menggali lebih dalam data. Alat-alat ini dapat membantu bisnis melacak tren, membuat laporan (reporting), dan mengidentifikasi pola yang bermanfaat bagi strategi pemasaran. Pelajari cara menggunakan tools ini dengan baik agar dapat mengoptimalkan penggunaannya.

Gunakan Wawasan Optimalisasi Strategi

Berdasarkan data dan wawasan yang kamu peroleh, evaluasi kinerja marketing campaign bisnis saat ini penting dipelajari. Identifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil, serta faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan kampanye bisnis. Gunakan wawasan ini untuk mengoptimalkan strategi digital marketing berjalan. Misalnya, jika kamu melihat bahwa posting social media dengan gambar menghasilkan lebih banyak interaksi, fokuslah pada konten visual dalam kampanye yang sama.

Uji, Ukur, dan Penyesuaian

Jangan takut untuk menguji berbagai pendekatan pemasaran dan mengukur hasilnya. Lakukan percobaan A/B testing untuk melihat social media performance listening mana yang menghasilkan keuntungan. Kemudian pantau data dan metrik kunci secara berkala, dan sesuaikan strategi pemasaran berdasarkan temuan yang kamu peroleh.

Tinjau Evaluasi dan Perbaikan

Selanjutnya melakukan tinjauan rutin atas strategi digital marketing bisnis. Tinjau atau evaluasi kembali tujuan, metrik kunci, dan hasil kampanye secara berulang. Pelajari setiap pengalaman kampanye sebelumnya, dan gunakan wawasan baru untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan strategi kedepannya.

Dengan menggunakan performa listening marketing dan memanfaatkan data dengan bijak, kamu dapat mengoptimalkan strategi digital marketing untuk mencapai tujuan bisnis lebih efektif. Ingatlah untuk terus memantau tren pasar, menganalisis data dengan cermat, dan mengadopsi strategi sesuai dengan tinjauan/temuan yang diperoleh.

Hubungi IDEOWORKS sekarang!

Pengoptimalan strategi di atas tentu bisa dilakukan dengan efektif bila pebisnis dapat memahami setiap performance listening variable. Karena pada umumnya, social media performance listening marketing adalah hal yang mudah untuk dilakukan, meski ternyata dalam praktiknya tidak demikian. Itulah mengapa bisnis kamu membutuhkan jasa social media listening agency untuk mempermudah tugas campaign marketing dalam menganalisis sentimen audiens dengan menggunakan beberapa indikator/variabel performance listening audiens.

Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan IDEOWORKS yang dapat menjalankan strategi social media listening marketing. Dengan tim ahli, IDEOWORKS tidak hanya berfokus pada social media listening saja, tapi juga kebutuhan strategi performance listening marketing lainnya. Mulai dari perencanaan strategi, eksekusi, hingga evaluasi, semua bisa dilakukan bersama IDEOWORKS.

Let’s talk about your brand