Preloader
Creative and Digital Agency Terbaik untuk Bisnis Kamu

Strategi Komunikasi Brand di Tahun Politik: Aman, Relevan, dan Berdampak

Creative and Digital Agency Terbaik untuk Bisnis Kamu

Tahun politik adalah salah satu periode terintens dan menjadi tantangan tersendiri bagi brand dalam memposisikan dirinya. Di satu sisi, momen ini menjadi saat yang sempurna untuk menjalin kedekatan emosional dengan audiens sekaligus meningkatkan brand awareness. Tetapi, di sisi lain tingginya tingkat polarisasi di kalangan masyarakat mengakibatkan brand harus lebih strategis dan pintar dalam bernavigasi. 

Intensitas massa tersebut juga semakin meningkat dan berada di puncak saat H-2 menjelang pemilu. Suhu politik yang semakin memanas membuat Anda harus menjalankan strategi komunikasi brand yang tepat, aman, namun tetap memberikan dampak dan manfaat yang relevan. Apa saja langkah-langkah strategi komunikasi yang harus diterapkan supaya brand dapat berkembang di tahun politik?

1. Tentukan Posisi Netral Aktif dalam Campaign Pemasaran

Bagi sebuah brand yang ingin memanfaatkan tahun politik sebagai momen untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan masyarakat perlu mengingat untuk menjaga netralitas. Dalam hal ini, Anda tidak menunjukkan kecenderungan memihak salah satu calon atau kandidat partai politik, namun tetap secara aktif menyuarakan nilai-nilai yang berkaitan dengan isu sosial yang sedang booming di kalangan masyarakat. 

Dalam digital campaign, hindari membuat konten pemasaran yang mengangkat janji-janji politik, dan fokus pada kampanye yang mendorong partisipasi masyarakat di dalam pemilu atau mengangkat nilai-nilai luhur persatuan bangsa. Langkah ini dapat membantu menciptakan kesan bahwa brand memiliki kepedulian tinggi terhadap isu-isu sosial dan berani bergerak untuk mewujudkannya. Cara ini juga merupakan metode yang aman untuk melindungi brand dari paparan tekanan dan kontroversi politik dan meningkatkan kepercayaan publik.

2. Fokus pada Nilai Inti Merek, Bukan Isu Populis

Kebisingan isu politik yang semakin kencang mendekati masa pemilu seringkali menjadi jebakan bagi brand untuk ikut hanyut membahas berbagai isu politik yang tengah santer beredar. Sekilas, hal tersebut mungkin terlihat seperti ide bagus untuk menarik perhatian publik, tetapi dari segi kacamata pemasaran, langkah itu sama sekali tidak direkomendasikan, karena hal tersebut justru bisa menjadi boomerang bagi brand tersebut dalam jangka panjang.

Terlepas dari riuh-rendah isu politik di luar sana, brand sebaiknya tetap berpegang pada core value dalam menjalankan berbagai pemasarannya. Misalnya, dalam menanggapi isu lingkungan yang tengah ramai diperbincangkan, brand yang bergerak di bidang industri ramah lingkungan tetap fokus untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menggunakan produk-produk yang sustainable, dan bagaimana brand Anda bisa memenuhi hal tersebut. Dengan berpegang teguh pada identitas brand, konsumen akan melihat merek Anda sebagai brand yang berintegritas dan memiliki visi misi yang jelas. 

3. Optimalkan Konten Digital yang Relevan dan Cerdas

Tahun politik adalah tahun dimana pola penggunaan media sosial di kalangan publik meningkat tajam, Netizen pun semakin aktif mencari informasi terkait calon pemimpin dan partai politik melalui internet. Meningkatnya pola konsumsi konten di dunia maya ini bisa Anda jadikan sebagai momentum untuk menerapkan strategi konten demi meningkatkan brand awareness

Untuk memastikan konten yang sudah dibuat mudah ditemukan, pastikan untuk menggunakan kata kunci dengan volume pencarian besar yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, bagi bisnis yang bergerak di bidang finansial bisa menggunakan kata kunci seperti “ekonomi Indonesia” untuk membuat berbagai format konten informatif seperti cara mengatur keuangan atau Do’s and Donts’ yang dilakukan di dalam masa ketidakpastian ekonomi. Hindari menggunakan diksi-diksi yang bersifat ambigu yang dapat mengakibatkan kesalahpahaman. 

4. Menjalankan Strategi Paid Ads yang Tepat Sasaran

Strategi paid ads atau iklan berbayar juga bisa menjadi langkah ideal untuk memaksimalkan digital campaign pemasaran. Dalam memilih target audiences, hindari memilih kriteria yang terlalu spesifik dan condong pada kelompok audiens tertentu. Sebaliknya, fokuslah pada target konsumen berdasarkan aspek-aspek yang lebih luas, seperti berdasarkan demografi umum, minat, dan perilaku online.

Dalam membuat konten untuk strategi iklan berbayar, pastikan Anda menyampaikan pesan-pesan positif yang universal dan tidak mengandung unsur-unsur provokasi. Lakukan peninjauan ulang setiap akan menerbitkan iklan tersebut untuk meminimalisir kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

5. Proaktif dalam Menerapkan Crisis Management

Tidak ada strategi yang sempurna, dan walaupun Anda sudah berusaha sehati-hati mungkin dalam menerapkan strategi pemasaran di tahun politik, antisipasi terhadap resiko yang mungkin muncul tetap harus ada. Langkah terakhir yang harus Anda ambil adalah membentuk crisis management yang baik. Manajemen krisis akan sangat membantu mengatasi masalah yang timbul seandainya brand tidak sengaja terjebak di dalam pusaran kontroversi politik.

Dalam membangun crisis management, Anda perlu membangun tim yang terdiri dari perwakilan departemen Komunikasi, Hukum, dan Pemasaran yang bertugas untuk memantau perkembangan sentimen publik terhadap brand secara real-time. Tim tersebut juga perlu melalui pelatihan agar mereka dapat menjawab pertanyaan maupun sentimen yang terkait dengan politik dengan bijaksana. Tahapan selanjutnya adalah membangun pernyataan resmi yang menunjukkan netralitas brand yang bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Kesimpulan

Menjalankan digital campaign di tengah-tengah tahun politik yang memanas memang sangat tricky, tetapi brand yang dapat memanfaatkan ombak tentunya dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Yang Anda butuhkan adalah strategi komunikasi brand yang baik, seperti membangun branding yang netral, berfokus pada nilai inti merek, membuat konten yang relevan, serta menerapkan manajemen krisis yang tepat.

Untuk memaksimalkan strategi komunikasi Anda di tahun politik, jalinlah kerjasama dengan digital agency terpercaya, yaitu IDEOWORKS. Agensi digital ini telah memiliki pengalaman yang mumpuni dalam membantu brand menavigasikan strategi pemasarannya di tengah-tengah kondisi politik yang tidak menentu sekalipun. Tim ahli yang berada di bawah naungan agensi ini dapat memberikan insights bermanfaat yang dapat membantu brand Anda level-up dan memberikan kesan positif, terlepas dari kondisi politik yang terjadi. Jadi, manfaatkan momen politik sebagai batu loncatan dalam mengembangkan bisnis bersama IDEOWORKS.

Tags

Further Reading: