Preloader
Strategi push and pull marketing di tahun 2023.

Strategi Push and Pull Marketing di Tahun 2023

Dalam industri kreatif digital marketing tahun 2023, perusahaan dituntut untuk lebih inovatif dalam menyampaikan pesan produk atau jasa dengan pendekatan persuasif ke audience. Dengan begitu perusahaan maupun pebisnis dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan jangkauan pasar mereka. Untuk memutuskan strategi digital marketing mempromosikan brand terdapat dua jenis strategi yang penting digunakan di tahun 2023, yaitu strategi push and pull marketing.

Apa itu strategi Push and Pull Marketing?

Konsep utama strategi push and pull marketing, mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang masif kepada customer, audience, maupun ke gerai bisnis. Di sisi lain, strategi ini dapat membangun customer setia dan pendekatan calon customer ke produk dalam jumlah yang besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa strategi push dapat berfungsi efektif membawa produk atau jasa ke customer, sedangkan strategi pemasaran pull sebaliknya, dapat menggiring customer ke produk atau jasa.

Untuk mengetahui alasan hadirnya strategi push and pull marketing tahun 2023 bagi pebisnis baru bisa simak artikel ini sampai selesai, ya!

Strategi Push Marketing

Strategi ini merupakan bentuk promosi perusahaan maupun bisnis yang mencoba membawa, mengenalkan, mempromosikan produk atau jasa kepada customer. Istilah lain dari push marketing adalah mencoba mendorong produk atau jasa ke hadapan customer secara terbuka dan luas. Tujuannya untuk mencari dan mendapatkan customer potensial dari produk bisnis yang ditawarkan. Salah satu contoh strategi push marketing yaitu memaksimalkan social media, email, dan web.

Di tahun 2023, kegiatan ini sangat efektif bila bisnis dapat menggunakan digital marketing agency untuk membawa produk yang ditawarkan ke customer lebih proaktif dan agresif mendapatkan yang potensial.

Dengan kata lain, pihak digital marketing agency dapat meminimalkan jumlah waktu customer untuk menemukan produk atau jasa hingga membelinya. Tentu dengan pesatnya teknologi digital, mereka dapat menggunakan media iklan sebagai alternatif membuat dampak terbesar dan cepat memikat hati customer.

Contoh Strategi Push Marketing

Strategi ini dapat diterapkan di media digital marketing, yaitu:

  • Billboards
  • Direct Marketing
  • Social Media Marketing – Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter
  • Video Ads – YouTube, Facebook, TikTok
  • Content Marketing – Blogging, Advertorial

Dengan pendekatan yang cepat dan efektif dalam push marketing, artinya strategi ini mampu membuat produk, layanan, atau branding dengan hasil terbaik. Meski begitu, strategi push marketing dapat melibatkan biaya yang cukup besar—karena pemasaran produk cukup masif dan cepat. Tools yang dapat membuat push marketing efektif populer di tahun 2023 adalah layanan iklan pay-per-click (PPC). Dimana bisnis dapat menempatkan poster, iklan visual, iklan search engine, dan shopping ads di berbagai platform.

Strategi Pull Marketing

Dalam strategi pull marketing cukup dikenal sebagaimana membuat produk atau jasa bisnis dapat diterima prospeknya dan menyadari bahwa mereka membutuhkan produknya. Bisnis dapat menciptakan loyalitas brand untuk memastikan bahwa customer akan terus kembali dalam jangka waktu yang lama—berbeda dengan push marketing yang lebih memperhatikan penjualan jangka pendek.

Pendekatan pull marketing di tahun 2023 masih bergantung kepada konten berkualitas dan kreatif untuk target pasar bisnis modern.Secara sederhana, kegiatan ini mampu menyadari bahwa customer secara aktif mencari produk, layanan, maupun informasi yang kamu tawarkan, serta memudahkan mereka mencapai tujuan akhir (konversi).

Adapun metode terbaik untuk menerapkan strategi ini adalah mengoptimalkan mesin pencari SEO, pay-per-click (PPC), email marketing, social media marketing, hingga promosi. SEO telah menjadi tipe paling populer untuk meningkatkan ROI (return-on-investment) dan tingkat efektivitas social media yang baru-baru ini menjadi tren sebagai salah satu channel marketing yang menjanjikan.

Contoh Strategi Pull Marketing

Berbeda dengan push marketing dengan biaya lebih kecil terhadap iklan yang dikeluarkan oleh bisnis menggunakan pull marketing salah satunya dengan optimalisasi SEO. Apalagi strategi ini digunakan untuk tujuan long-term seperti membangun basis customer, meningkatkan loyalitas customer, meningkatkan revenue dan sales secara bertahap tanpa mengeluarkan biaya iklan yang besar.

Contoh lain menggunakan strategi pull marketing:

  • Media Promotion
  • Social Media Advertising
  • Email Marketing

Pull Marketing vs Push Marketing, Mana Lebih Efektif?

Bicara efektivitas suatu strategi digital marketing push and pull untuk bisnis bisa disesuaikan dengan pendekatan ini. Bila memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi bisnis secara masif, push marketing kemungkinan besar menjadi alternatif. Sedangkan, bila kamu memiliki tujuan untuk mengenalkan produk atau jasa, tentu pull marketing menjadi pilihan yang absolut.

Kelebihan Push Marketing

  • Push marketing dapat berguna untuk perusahaan mendistribusikan saluran penjualan dan promosi produk
  • Dapat meningkatkan kesadaran customer
  • Memiliki jangkau luas
  • Lebih mudah mengenalkan produk di berbagai platform

Kelemahan Push Marketing

  • Memerlukan tim penjualan yang aktif dan kreatif untuk mendistribusikan konten promosi ke berbagai platform
  • Pemasaran awal lebih rumit dan mahal. Karena lebih fokus pada satu kali pembelian daripada membangun hubungan dan loyalitas customer (jangka pendek).

Kelebihan Pull Marketing

  • Efektif menguji kelayakan produk dan mendapatkan feedback dari customer
  • Membantu meningkatkan nilai jual
  • Cocok untuk membangun brand dan meningkatkan loyalitas customer
  • Efektif menciptakan nilai-nilai brand

Kekurangan Pull Marketing

  • Lebih efektif untuk brand yang populer dan memiliki customer loyal
  • Cukup sulit memperoleh permintaan yang tinggi di pasar yang kompetitif
  • Proses pemasaran cenderung panjang dan lama

Pada intinya, push and pull marketing harus menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan oleh bisnis untuk sebuah strategi perencanaan. Di satu sisi, sebuah bisnis dapat menemukan kesuksesan ketika mereka fokus kepada pendekatan multi-channel, multi-strategy—yang dimiliki keduanya (push and pull). Bahkan tak menutup kemungkinan bisnis akan melakukan push strategy, di waktu tertentu juga harus melakukan pull strategy. Kedua jenis ini layaknya tools marketing yang saling melengkapi ketika mereka dapat dikombinasikan sesuai kondisi bisnis yang kamu lakukan.

Setelah mengenal tren strategi push and pull marketing di tahun 2023, sudah sejauh mana penerapannya?

IDEOWORKS sebagai digital marketing agency terbaik di Jakarta dapat membantu bisnis kamu menerapkan strategi push and pull marketing tersukses di tahun 2023. Dengan mengutamakan tujuan dari penggunaan digital marketing yang bisnis kamu miliki. Kami dapat menjadi partner untuk memudahkan brand lebih populer dari sebelumnya dengan efektivitas customer loyal. IDEOWORKS memiliki tim profesional yang mampu membangun daya tarik terhadap produk atau jasa melalui digital marketing strategy mencapai 100%.

Let’s talk about your brand