Preloader
Business people colleagues. Teamwork concept

Think Global, Hire Local: Ini 5 Hal Wajib Cek untuk Global Brands!

Mencari agensi digital kreatif yang tepat memerlukan banyak pertimbangan. Begitu pula saat Anda memilih best video agency in Jakarta. Banyak pertanyaan untuk dipertimbangkan, di antaranya: Akankah Anda saling merasa cocok satu sama lain? Dapatkah agensi tersebut memenuhi kebutuhan Anda? Akankah Anda menjalin kerja sama untuk jangka panjang atau hanya sementara?

Untuk membantu Anda menemukan pilihan terbaik, ada beberapa aspek penting yang perlu dievaluasi secara mendalam sebelum menentukan agensi digital kreatif mana yang layak diajak bekerja sama. Apa saja itu?

5 Hal Penting untuk Diperhatikan dalam Memilih Agensi Digital Kreatif

Seperti halnya memilih partner, agensi yang cocok dengan brand Anda akan memberikan hasil yang memuaskan, sementara pilihan yang kurang tepat bisa jadi akan mengecewakan. Maka, sangat penting untuk membuat pertimbangan yang matang, sebelum Anda memilih agensi digital kreatif di Indonesia yang paling cocok untuk brand Anda. Apa saja pertimbangannya?

Berikut lima hal yang penting untuk diperhatikan dari agensi digital kreatif untuk memilih satu yang paling tepat, yaitu:

  • Cara Agensi Mengukur Kesuksesan

Agensi digital kreatif yang terpercaya tidak hanya mengukur kesuksesan melalui likes atau views, tapi juga hasil yang diperoleh apakah sudah sesuai dengan target bisnis Anda. Maka dari itu, mereka akan mengukur kesuksesan melalui konversi, engagement, lead generation atau brand awareness. Dari sini, mereka akan mengetahui bahwa strategi mereka sesuai dengan brand Anda.

Tanyakan juga tentang tools dan platform analisa yang dipakai untuk memantau performa Anda. Agensi yang kompeten akan transparan tentang cara mereka membuat report, dan selalu memberikan update secara rutin. Mereka juga akan menjelaskan cara mereka membaca data dan memperbaiki strategi campaign.

Anda pun dapat melihat komitmen mereka dalam membuat perbaikan secara berkala, tidak seperti sulap dalam sekejap. Tak hanya itu, agensi yang baik menggunakan metrik yang berbeda untuk setiap project, karena setiap target akan memerlukan pengukuran yang berbeda juga.

  • Proses Perencanaan dan Eksekusi Strategi

Saat memilih agensi digital kreatif lokal, penting untuk memahami cara mereka melakukan pendekatan dalam membuat strategi. Agensi yang baik akan mulai dengan meriset brand Anda, audiens dan tren pasar. Mereka juga akan mengajak Anda untuk ikut membahas strategi kreatif mereka, agar sejalan dengan target Anda.

Eksekusi strategi ini juga sangat penting. Cari agensi yang membuat breakdown rencana satu per satu secara detail dan terurai. Langkah yang mereka ambil harus jelas, dapat dilakukan dan lengkap dengan timeline dan hasil capaian di setiap prosesnya. Mereka harus dapat mengintegrasikan desain kreatif mereka dengan strategi marketing.

Maka dari itu, setiap campaign yang dibuat akan menjadi efektif. Di samping itu, transparansi dari agensi juga penting, untuk membangun kepercayaan dan profesionalisme. Lalu, pastikan kembali bahwa agensi ini selalu mengukur dan menyesuaikan strategi mereka. Agensi yang dapat diandalkan tidak hanya membuat launching dan selesai. Namun, mereka juga terus memantau performa, menganalisa hasil dan membuat penyesuaian saat diperlukan.

  • Produk dan Jasa yang Disediakan

Produk dan jasa yang disediakan oleh agensi juga sangat penting untuk dipahami. Agensi yang baik akan menawarkan berbagai solusi digital yang lengkap, mulai dari branding, desain website, manajemen media sosial, pembuatan konten, hingga SEO. Semua penawaran ini juga harus dapat diaplikasikan untuk berbagai bisnis dan industri.

Semakin komprehensif layanan mereka, semakin banyak keuntungan yang bisa didapat oleh brand Anda. Penting juga untuk memahami kualitas dan kreativitas mereka dalam pengerjaan project sebelumnya. Lihat apakah portofolio mereka sesuai dengan visi misi brand Anda, bisakah mereka menyesuaikannya. Lihat juga studi kasus, testimoni, dan hasil nyata yang menunjukkan bahwa agensi ini bisa membuat inovasi.

Pastikan juga bahwa agensi tersebut mengintegrasikan teknologi dan strategi ke dalam layanan mereka. Agensi yang baik menggabungkan kreativitas, pengetahuan berdasarkan data, dan alat-alat digital untuk mencapai hasil yang terukur dan terarah. Anda juga perlu memastikan bahwa mereka menggunakan software, analisa dan memantau riset pasar yang terbaru dan paling update.

  • Mengevaluasi Performa Agensi

Mengevaluasi performa agensi sangat penting untuk memastikan bahwa mereka dapat memenuhi ekspektasi Anda. Mulailah dengan melihat portofolio mereka, untuk mencari tahu apakah hasil pekerjaan mereka sebelumnya sejalan dengan visi dan standar brand Anda.

Lihat berbagai project yang sudah dikerjakan, seperti apa kreativitas, konsistensi dan kualitas mereka pada project yang telah diselesaikan. Portofolio yang bagus juga menunjukkan keahlian dan kemampuan mereka dalam membuat desain.

Lalu, cek kembali studi kasus dan data performa mereka. Untuk itu, Anda dapat memantau data seperti trafik website yang meningkat, engagement yang semakin naik, atau ROI setelah campaign. Perhatikan juga ulasan, testimoni dan retention rate klien, apakah klien puas dan menjadi pelanggan.

  • Berapa Biaya Produk dan Jasa yang Ditawarkan

Memahami biaya yang ditawarkan oleh agensi digital kreatif, sangat penting karena dapat membantu Anda mengevaluasi, apakah penawaran mereka sesuai dengan bujet Anda dan cakupan project yang dikerjakan. Tanyakan apa saja yang akan Anda dapatkan, termasuk desain, strategi, development, dan revisi.

Biaya yang transparan juga menunjukkan bahwa agensi ini profesional dan jujur. Jika mereka terbuka soal biaya, ini berarti bahwa mereka menjunjung tinggi komunikasi dan kepercayaan. Berhati-hati jika menemukan perkiraan yang tidak jelas, biaya tersembunyi, atau semacamnya, karena dapat menjadi masalah nantinya.

Dengan mengetahui penawaran harga tersebut, Anda akan memahami perbandingan antara value vs cost. Anda jadi bisa mengetahui, apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan produk dan layanan yang diberikan. Biasanya, agensi yang terpercaya memberikan harga lebih tinggi untuk hasil pengerjaan yang lebih berkualitas, pengalaman yang mereka miliki, dan keberlangsungan hasil hingga jangka panjang.

Kesimpulan

Memilih agensi digital kreatif yang ideal, membutuhkan pertimbangan yang matang dengan ketelitian. Begitu pula saat Anda mencari product photography agency Indonesia. Pertimbangkan juga keberhasilan agensi yang sudah pernah diraih, pahami kemampuan mereka, lalu yang terpenting adalah berkolaborasi dengan agensi yang dapat memahami dan mewujudkan visi misi Anda.

Pilihannya tidak hanya berdasarkan produk dan jasa yang ditawarkan, namun juga kemampuan agensi dalam mewujudkan target perusahaan agar menjadi kenyataan. IDEOWORKS adalah agensi digital kreatif yang telah sukses mewujudkan target dari brand-brand global, melalui strategi marketing yang terukur dan efektif. Hubungi IDEOWORKS sekarang juga melalui kontak yang tersedia.

Tags

Further Reading: