Preloader
Tips & Trik Bikin TikTok Advertising Bagi Brand Bisnis

Tips & Trik Bikin TikTok Advertising Bagi Brand Bisnis

Bicara layanan TikTok advertising (ads) atau iklan marketing bagi brand bisnis tentu memiliki tujuan menciptakan demand atau engagement terhadap brand bisnis. Karena sejatinya TikTok telah menjadi aplikasi edit video populer di seluruh dunia, dimana pengguna dapat menciptakan, menyalurkan, hingga mempromosikan konten video pendek dengan target penjualan. Bahkan, semakin berkembangnya layanan TikTok advertising terhadap brand bisnis untuk menciptakan konten viral dapat dibuktikan dengan hadirnya beberapa alternatif layanan seperti menggunakan TikTok influencer marketing, TikTok ad targeting, TikTok ad placement, TikTok ad optimization, dan TikTok ad creative. Lantas, bagaimana pengguna TikTok dapat menciptakan konten viral brand bisnisnya? Ketahui tips & trik TikTok advertising lebih lanjut di artikel ini.

Beberapa pertanyaan seputar tips & trik TikTok advertising brand bisnis tentu ingin menyajikan konten yang unik dan menarik perhatian pengunjung. Tapi, tahukah kamu bahwa sebuah konten brand bisnis dapat menjadi viral bila mendapatkan jumlah tayang dan interaksi yang cukup signifikan dalam waktu singkat. Untuk memastikan strategi TikTok advertising, kamu perlu mempelajari manfaat TikTok Marketing terlebih dahulu.

Manfaat TikTok Marketing

Secara umum, branding TikTok menawarkan sejumlah fitur kreatif yang memudahkan pembuatan konten secara rutin. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan energi pengguna dalam membuat konten baru, serta meningkatkan brand awareness. Perlu diingat pula bahwa konten menjadi raja dalam mempromosikan produk atau layanan bisnis dunia. Hanya konten yang kreatif dan inovatif dapat menarik audiens untuk mengenal, mengingat, dan berinteraksi di halaman konten tersebut.

Untuk menarik lebih banyak audiens atau konversi pelanggan. TikTok telah menjadi platform promosi yang tepat. Sebagian besar pengunjung TikTok menjelma sebagai penikmat layanan atau jasa pemasaran. Karena mudah dan efektif, TikTok marketing juga memiliki cara yang efisien untuk mengembangkan bisnis disebarluaskan di TikTok. Adapun strategi TikTok advertising untuk keperluan bisnis.

Bagaimana dengan beriklan di TikTok?

Meski banyak ragu atas perilisan awal dan pemblokiran situs oleh Kemenkominfo, eksistensi TikTok langsung melejit dalam beberapa tahun terakhir. Reputasi TikTok pun kini telah melampaui popularitas social media yang lebih dulu eksis seperti Twitter, Pinterest, bahkan Instagram.

Berdasarkan hasil riset data Sensor Tower (Januari 2023), TikTok berhasil menjadi salah satu aplikasi berbasis video yang paling banyak di download oleh pengguna yang tersebar di 150 negara.

Di Indonesia sendiri, TikTok menjelma sebagai aplikasi populer dengan basis salah satu pengunduh terbanyak di dunia. Dengan rekor yang cukup membanggakan bagi brand bisnis dunia, banyak brand besar yang ikut tertarik menggunakan iklan di TikTok seperti GoJek, Traveloka, dan Bukalapak.

Sama halnya dengan beriklan di social media dan Google, TikTok advertising bisa membuat jutaan pengguna berinteraksi dalam sebuah konten video. Mungkin kamu masih bertanya-tanya mengenai trik beriklan seperti apa di TikTok. Apakah ingin membuat TopView advertising atau TikTok influencer marketing? Apapun itu, beriklan di TikTok cukup menjanjikan bagi semua kalangan bisnis. Mau coba? Simak tips & trik bikin TikTok advertising bagi brand bisnis.

Membuat Akun TikTok Ads Manager

Belum punya akun bisnis? Kalau begitu cara awal tentu harus melalui halaman TikTok for Business dengan membuat akun. Caranya dengan klik menu sign-up, ikuti proses atau langkah-langkah registrasi akun dengan benar dan lengkap. Setelah berhasil, TikTok ads siap untuk membantu pemasaran produk bisnis kamu.

Membuat Campaign Ads

Selanjutnya dalam membuat campaign, marketer atau kamu bisa langsung ke tab campaign bagian atas halaman dashboard. Lalu klik tombol create new. Kemudian pilih tujuan campaign iklan bisnis. Di halaman tujuan campaign, kamu akan dihadapkan dengan tiga opsi yang tersedia, yaitu awareness dengan pilihan reach, consideration dengan traffic, atau app install, video views, dan conversion.

Ketiga opsi tersebut juga  memiliki opsi biaya yang berbeda untuk campaign ads, dimana terdapat pilihan biaya harian atau total. Bukan cuma itu, kamu juga bisa memilih jangkauan tanpa batas (no limit) di bagian bawah opsi untuk iklan tanpa batas. Jangan lupa perhatikan minimum anggaran yang harus dipenuhi sebelum melanjutkan pesanan ini dengan menekan tombol continue.

Mengatur Ad Placement, Detail, dan Ad Targeting

Setelah mengatur budget iklan, kamu secara otomatis masuk ke menu membuat grup iklan (ad group) untuk campaign yang telah dipilih dengan opsi penempatan dan penargetan iklan—cara ini biasa disebut Tiktok ad placement dan TikTok ad targeting. Biasanya marketer di tahap ini marketer cukup expert dalam menempatkan proses campaign placements, detail, dann targeting. Sebab, salah satu fitur yang ada di dashboard TikTok advertising adalah memungkinkan pengguna memilih platform yang tepat menjalankan campaign ads. Adanya pilihan auto ad placements, dimana TikTok ad placement dapat menentukan kinerja iklan yang lebih baik.

Selanjutnya, masukkan semua detail campaign yang diperlukan untuk menjalankan iklan, termasuk URL atau link website/toko online, nama brand, detail gambar, hingga kategori produk yang relevan. Pilihan hingga 20 kata kunci yang dapat mendeskripsikan brand bisnis kamu. Kata kunci dapat memudahkan pengunjung situs untuk mencocokan produk yang dicari.

Setelah ad placements berhasil disesuaikan, kini bagian penargetan (ad targeting) yang dapat memungkinkan iklan kamu mencapai target audiens. Disini penerapan parameter berdasarkan usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, lokasi, dan lainnya dapat memaksimalkan target audiens.

Optimasi Anggaran, Sasaran, dan Durasi

Dalam pengaturan ad group sebelumnya, mengenai optimasi anggaran untuk grup iklan dapat dilakukan secara terjadwal. Memilih anggaran harian dalam artian jumlah yang ingin dibelanjakan setiap hari, atau total anggaran belanja pilihan yang kamu tetapkan untuk durasi iklan.

Kemudian pilih durasi untuk layanan terjadwal waktu iklan tayang. Salah satu contoh layanan TikTok ad optimization adalah Day Parting yang dapat memungkinkan kamu memilih waktu dalam satu hari atau mingguan untuk menjalankan iklan. Bila opsi ini diaktifkan, penawaran akan segera disesuaikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan konversi.

Menentukan Format TikTok Ad Creative (Desain Iklan Kreatif)

Ketika penawaran sudah ‘approved’, waktunya merancang desain iklan dari TikTok app. Saking cepatnya perubahan strategi iklan TikTok, kamu diharuskan update dengan segala situasi dan kondisi setiap hari. Untuk itu, TikTok ad creative bertujuan memaksimalkan desain atau pola iklan berupa video dan gambar horizontal, persegi, atau horizontal. Terlebih, platform TikTok ads memiliki tools canggih yang disebut video creation kit, tujuannya untuk memudahkan pengguna berkreasi dengan template video dan gambar. Fitur video creation kit ini telah dilengkapi dengan kurang lebih 300 pilihan musik secara gratis.

Bila TikTok sudah menyetujui campaign iklan bisnis kamu, serta iklan mulai ditayangkan, kamu dapat memantau kinerja tersebut yang berada di dashboard iklan, ya!

Demikian tips & trik TikTok advertising untuk kebutuhan brand bisnis kamu. Semoga dapat membantu memaksimalkan konten marketing TikTok dan mampu menjangkau target market yang brand inginkan. Namun, jika ada kendala mengenai layanan TikTok ads, bisa hubungi IDEOWORKS kapan pun, dimana pun. IDEOWORKS memiliki tim expert digital marketing—khususnya TikTok advertising dan marketing untuk kebutuhan bisnis menjadi maksimal mencapai 100%.

 

Baca Juga:

Cek 7 Ide Konten TikTok Buat Creative Promotional Marketing Agency

Let’s talk about your brand