Preloader
Branding Agency

Tren-Tren Digital Marketing yang Harus Anda Kuasai Di 2022

Tahun 2022 diramalkan akan menjadi tahun yang lebih cemerlang untuk digital marketing. Keadaan pandemi yang belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat menjadikan digital marketing salah satu alat yang harus digunakan oleh semua pelaku bisnis, apapun bisnis mereka.

Awal tahun 2022 menyaksikan kebangkitan TikTok yang berkelanjutan, dan kini telah mengambil alih semua platform lain sebagai social media channel terkemuka di antara user Gen Z. Secara keseluruhan, ada banyak perkembangan baru dan menarik di dunia digital yang akan memengaruhi cara kita berkomunikasi dengan audiens. Nah, untuk membantu Anda mencerna dan menavigasi tahun depan, IDEOWORKS.id telah merinci tren digital marketing yang harus diperhatikan pada tahun 2022.

[irp]

Apa Saja Tren Digital Marketing yang Akan Naik Di 2022?

  • Video Pendek Buatan Sendiri

Video pendek menekankan fast-pace di mana seorang konsumen mengonsumsi konten dan menyoroti perlunya pesan yang sederhana dan ringkas atau engaging contents yang mengajak mereka untuk berpartisipasi. Video pendek ini memungkinkan setiap orang untuk memiliki kemampuan untuk membuat video pendek yang tidak terlalu dipoles melalui handphone mereka. Konten ini menunjukkan kejujuran, behind the scene, DIY, kisah nyata, dan memiliki tampilan kasar yang justru diminati oleh konsumen yang lebih muda.

  • Real Story dan Fokus Pada Audiens

Storytelling adalah kunci dari sebuah digital marketing. Namun, ketika berbicara tentang menjual produk Anda di landscape modern, konsumen sudah bosan mendengar bagaimana Anda sebagai sebuah brand memercayai bahwa brand Anda lebih baik dari pesaing Anda. Audiens membutuhkan bukti, bagaimana Anda memenuhi janji Anda dengan cara yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan mereka. Digital marketing Anda harus mengalihkan fokusnya ke storytelling. Jangan hanya memberitahu konsumen manfaat produk Anda atau mengapa produk Anda lebih unggul. Anda harus menunjukkannya melalui cerita dan testimonial bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu memecahkan masalah mereka. 

  • Privacy, Transparansi dan Membangun Kepercayaan

Google mengumumkan update dari pembatasan cookie pihak ketiga pada tahun 2023. Ini berarti banyak digital marketing dan advertising yang perlu mengevaluasi kembali strateginya. Tapi ini bukan akhir dari data-driven digital marketing. Ini bahkan bukan akhir dari targeted advertising. Sisi positifnya adalah ini menjadi era baru kepercayaan dan transparansi antara perusahaan dan konsumen. Berkomunikasi dengan pelanggan tentang data apa yang Anda kumpulkan dan untuk alasan apa. Jangan kumpulkan data apapun di luar apa yang Anda butuhkan dan tuliskan dalam terms & condition yang sudah disampaikan kepada konsumen.

[nextpage title=” “]

  • Personalization & Content Segmentation

Personalization akan memainkan peran besar pada tahun 2022. Membuat iklan khusus yang melayani audiens Anda akan menghasilkan hasil yang lebih bermanfaat. Tapi bukan hanya konten Anda yang harus tepat sasaran. Memastikan audiens Anda menerima iklan tersebut pada waktu dan tempat yang tepat sangat penting untuk engagement. Anda dapat menggabungkan ini dengan segmentasi konten untuk digital marketing Anda. Segmentasi sudah ada sejak lama, dan sebagian besar akan menggunakannya untuk mensegmentasikan pelanggan, yang berarti menargetkan pelanggan dengan demografi yang sama, atau minat yang sama. Dan itu adalah praktik umum untuk memiliki segmentasi bentuk komunikasi seperti buletin elektronik, berita dan pembaruan, atau penawaran dan promosi. 

[irp]

  • Conversational Marketing dan Interaksi Berkualitas

Naiknya media sosial dan chatbot menjadikan conversational marketing tumbuh dalam skala yang lebih besar dan mengubah lanskap tentang digital marketing dan bagaimana brand berinteraksi dengan pelanggan mereka. Peningkatan minat dalam conversational marketing mungkin disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang telah berkembang pesat oleh teknologi dalam beberapa tahun terakhir, yaitu harapan akan pesan instan dan langsung secara real-time, baik dengan teman, kolega, atau perusahaan. Dengan chatbots yang memainkan peran yang lebih besar, percakapan ini dapat terjadi dalam skala yang lebih besar, lebih cepat, dan lebih lancar dari sebelumnya.

  • Artificial Intelligence (AI) dalam Digital Marketing

AI memiliki kemampuan untuk menganalisis lebih banyak data, lebih cepat, daripada yang kita lakukan sebagai manusia. AI dapat mengambil kumpulan data besar yang ada untuk menganalisis riwayat pembelian dan perilaku pelanggan. Gunakan AI untuk memprediksi langkah pelanggan Anda Penargetan semacam ini akan menghasilkan tingkat konversi yang tinggi dan perasaan bahwa Anda memahami pelanggan Anda dan kebutuhan mereka tanpa mengganggu atau membebani mereka dengan penargetan yang tidak relevan.

Itu lah tren-tren digital marketing yang harus Anda perhatikan. Anda dapat menggunakan jasa full service digital agency seperti IDEOWORKS.id untuk ini. IDEOWORKS.id sebagai sebuah full service digital agency dapat membantu Anda terus terbarui dengan tren-tren seperti ini. Full service digital agency kemudian dapat mengaplikasikannya langsung sehingga Anda tidak perlu bingung. Full service digital agency mengerti dengan baik tren digital marketing yang akan muncul, dan tentunya sebuah full service digital agency akan memberikan Anda strategi digital marketing terbaik untuk brand Anda. IDEOWORKS.id siap membantu Anda, jadi jangan tunggu untuk menghubungi kami!

Let’s talk about your brand