Articles

05 Januari 2022

Tren-Tren Digital Marketing yang Harus Anda Kuasai Di 2022

Tahun 2022 diramalkan akan menjadi tahun yang lebih cemerlang untuk digital marketing. Keadaan pandemi yang belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat menjadikan digital marketing salah satu alat yang harus digunakan oleh semua pelaku bisnis, apapun bisnis mereka.

Awal tahun 2022 menyaksikan kebangkitan TikTok yang berkelanjutan, dan kini telah mengambil alih semua platform lain sebagai social media channel terkemuka di antara user Gen Z. Secara keseluruhan, ada banyak perkembangan baru dan menarik di dunia digital yang akan memengaruhi cara kita berkomunikasi dengan audiens. Nah, untuk membantu Anda mencerna dan menavigasi tahun depan, IDEOWORKS.id telah merinci tren digital marketing yang harus diperhatikan pada tahun 2022.

Baca Juga  3 Pendekatan Visual Kece yang Dilakukan Digital Agency

Apa Saja Tren Digital Marketing yang Akan Naik Di 2022?

  • Video Pendek Buatan Sendiri

Video pendek menekankan fast-pace di mana seorang konsumen mengonsumsi konten dan menyoroti perlunya pesan yang sederhana dan ringkas atau engaging contents yang mengajak mereka untuk berpartisipasi. Video pendek ini memungkinkan setiap orang untuk memiliki kemampuan untuk membuat video pendek yang tidak terlalu dipoles melalui handphone mereka. Konten ini menunjukkan kejujuran, behind the scene, DIY, kisah nyata, dan memiliki tampilan kasar yang justru diminati oleh konsumen yang lebih muda.

  • Real Story dan Fokus Pada Audiens

Storytelling adalah kunci dari sebuah digital marketing. Namun, ketika berbicara tentang menjual produk Anda di landscape modern, konsumen sudah bosan mendengar bagaimana Anda sebagai sebuah brand memercayai bahwa brand Anda lebih baik dari pesaing Anda. Audiens membutuhkan bukti, bagaimana Anda memenuhi janji Anda dengan cara yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan mereka. Digital marketing Anda harus mengalihkan fokusnya ke storytelling. Jangan hanya memberitahu konsumen manfaat produk Anda atau mengapa produk Anda lebih unggul. Anda harus menunjukkannya melalui cerita dan testimonial bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu memecahkan masalah mereka. 

  • Privacy, Transparansi dan Membangun Kepercayaan

Google mengumumkan update dari pembatasan cookie pihak ketiga pada tahun 2023. Ini berarti banyak digital marketing dan advertising yang perlu mengevaluasi kembali strateginya. Tapi ini bukan akhir dari data-driven digital marketing. Ini bahkan bukan akhir dari targeted advertising. Sisi positifnya adalah ini menjadi era baru kepercayaan dan transparansi antara perusahaan dan konsumen. Berkomunikasi dengan pelanggan tentang data apa yang Anda kumpulkan dan untuk alasan apa. Jangan kumpulkan data apapun di luar apa yang Anda butuhkan dan tuliskan dalam terms & condition yang sudah disampaikan kepada konsumen.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top