Preloader
Build yor brand words on wooden blocks on black background. Marketing branding business concept

Trifecta Brand Building: Optimalisasi Customer Experience, Motion, dan Sensory untuk Dominasi Pasar Asia Tenggara

Asia Tenggara dengan jumlah populasi penduduk dan pola konsumsi yang cukup tinggi membuat benua ini menyimpan potensi menggiurkan untuk mengembangkan bisnis. Tak heran jika banyak brand internasional menerapkan branding strategy for Southeast Asia demi memperluas jangkauan pasar.. Walaupun menyimpan prospek menjanjikan, brand yang sukses di kawasan ini adalah mereka yang tahu how to build emotional connection with customers.

Walaupun kualitas produk menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan branding dari merek Anda, ternyata pasar Asia Tenggara menginginkan hal yang lebih dari hanya sekadar daya tarik visual. Kemampuan brand dalam menjalin kedekatan emosional dengan calon konsumen juga menjadi faktor penentu menjamin brand Anda diterima dengan baik oleh masyarakat Asia Tenggara. Apa saja key factors yang dapat membantu meningkatkan efektivitas brand building Anda?

Kunci Membangun Brand yang Relevan di Asia Tenggara

Berikut adalah tiga pendekatan strategis yang dapat membantu brand Anda membangun hubungan yang lebih mendalam dengan konsumen Asia Tenggara:

1. Maksimalkan CX

CX atau Customer Experience adalah salah satu pondasi paling penting bagi brand yang ingin membangun kedekatan dengan konsumennya. Designing brand experiences in Southeast Asia dimulai dari memahami bahwa CX (Customer Experience) bukan hanya soal kualitas produk, tetapi juga tentang bagaimana brand menciptakan interaksi yang bermakna dan penuh empati.  Pelayanan yang ramah dan interaksi yang personal dengan konsumen juga menjadi daya tarik utama, terlebih karena ia selaras dengan nilai ramah-tamah yang dianut sebagian besar negara di Asia Tenggara. Berikut adalah beberapa aspek krusial yang sangat berperan dalam membangun kedekatan emosional dan menciptakan CX yang memuaskan:

  • Kemudahan dan Kenyamanan Interaksi: Salah satu hal yang berpengaruh terhadap CX di kalangan masyarakat Asia Tenggara adalah proses interaksi yang seamless, baik secara online maupun offline. Brand perlu menciptakan suatu sistem yang dapat menjamin hal tersebut untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan navigasi bagi pelanggan, baik dalam bentuk alur layanan, konfigurasi aplikasi, maupun tatanan website.
  • Sentuhan Personalisasi Penuh Empati: Walaupun negara-negara Asia Tenggara terkenal dengan budaya berkelompoknya, masing-masing dari mereka merupakan individu yang unik dan memiliki preferensi yang berbeda-beda. Brand yang hendak memasuki pasar Asia Tenggara sebaiknya melakukan pendekatan pemasaran penuh dengan empati untuk memahami kebutuhan individu tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan pesan yang dipersonalisasi dan memberikan rekomendasi produk yang relevan dengan kebutuhan mereka.
  • Komunikasi yang Responsif dan Efektif: Komunikasi efektif adalah bagian penting dari brand building. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin dengan sukses memasuki pasar Asia Tenggara. Masyarakat Asia Tenggara, termasuk Indonesia sangat mengedepankan pelayanan konsumen yang responsif dan ramah. Tak hanya itu, mereka juga akan lebih menyukai brand yang mampu menanggapi keluhan dengan baik dan memberikan solusi yang kongkret untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi.

2. Hidupkan Merek Melalui Motion yang Interaktif

Sama seperti belahan negara lainnya, negara-negara di Asia Tenggara juga menikmati berbagai hiburan visual dengan gerakan (motion) yang disajikan oleh kemajuan dunia digital. Dalam branding strategy for Southeast Asia, konten visual bergerak seperti video singkat terbukti sangat efektif untuk menyampaikan pesan dan membangkitkan emosi. Elemen-elemen interaktif di dalam konten motion tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuat brand Anda menjadi lebih berkesan di kalangan konsumen di South East Asia. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan impact dari aspek motion di dalam strategi brand building:

  • Terapkan Visual Narrative yang Menarik dan Relevan dengan Masyarakat Asia Tenggara: Cerita naratif berbentuk visual menjadi salah satu solusi untuk menghidupkan brand sekaligus memberikan hiburan tersendiri bagi target audience. Anda bisa memanfaatkannya untuk menyampaikan cerita tentang kisah awal berdirinya merek serta kelebihan produk yang ditawarkan dengan cara yang dinamis dan lebih menghibur. Konsumen pun akan lebih mudah terhubung secara emosional dan mengingat brand Anda.
  • Integrasi Aspek Visual yang Mencerminkan Kebudayaan Lokal: Masyarakat Asia Tenggara memiliki sistem kebudayaan yang sangat kental yang bercampur di dalam nadi masing-masing individu. Mengintegrasikan narasi atau aspek visual dari brand dengan kebudayaan lokal, seperti batik, wayang, dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu cara untuk membuat konsumen menjadi lebih mudah mengingat dan tertarik untuk mencoba produk-produk dari brand Anda.

3. Pengalaman Sensory yang Berkesan

Bagaimana Anda bisa merepresentasikan produk yang bisa dirasakan oleh konsumen melalui 5 panca inderanya juga menjadi salah satu kunci utama dalam memaksimalkan brand building di pasar Asia Tenggara. Dengan memahami cara kerja sensory branding yang tepat, brand Anda dapat menerapkan strategi how to build emotional connection with customers secara lebih mendalam dan menciptakan pengalaman yang berkesan serta sulit dilupakan. Mereka juga akan mendapatkan persepsi yang jauh lebih baik mengenai produk atau layanan yang brand Anda tawarkan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan pendekatan brand building melalui rangsangan sensory:

    • Identifikasi Titik Sensori Utama: Untuk memberikan pengalaman sensory yang imersif, brand perlu mengidentifikasi titik sensori utama dari target audience. Anda bisa membuat daftar elemen sensori potensial, dan memprioritaskan satu atau dua elemen yang paling banyak memberikan impact.
    • Bersikap Konsisten: Untuk memberikan dampak yang maksimal, terapkan brand building melalui pengalaman sensori secara konsisten. Anda juga bisa memadukannya dengan aspek narasi visual untuk memberikan stimulasi yang lebih efektif. Jangan lupa untuk memberikan brief kepada para staf untuk mengenai elemen-elemen sensori seperti deskripsi aroma, profil suara, dan informasi yang relevan lainnya untuk menjamin konsistensi.
    • Integrasikan secara Bertahap: Dalam menerapkan pendekatan sensori, brand perlu melakukannya secara bertahap untuk menghindari overstimulasi. Pendekatan ini bisa Anda terapkan terlebih dulu di toko resmi atau flagship store sebelum meluas ke cabang-cabang toko lainnya. Perhatikan reaksi konsumen dan lakukan penyesuaian jika diperlukan.
  • Manfaatkan Teknologi: Perkembangan teknologi audio visual yang sangat pesat bisa Anda manfaatkan untuk memberikan pengalaman sensori terbaik untuk target konsumen. Salah satunya adalah penerapan teknologi Augmented Reality (AR) pada website. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan haptic feedback pada aplikasi digital untuk memberikan kesan dimensi sentuhan yang lebih imersif.
  • Ukur ROI secara Berkala: Untuk membantu mengukur efektivitas campaign dengan pendekatan sensori, pertama-tama Anda perlu menentukan aspek-aspek KPI, seperti: daya ingat konsumen terhadap brand, niat membeli, dan koneksi emosional. Untuk mempermudah proses pemantauan, Anda juga bisa menggunakan tools seperti eyes detector atau EEG sebagai cara untuk merekam proses bawah sadar target konsumen. Selain itu, terapkan juga long-term effect atau dampak jangka panjang terhadap persepsi dan loyalitas brand.

Kesimpulan

Menerapkan brand building yang efisien dan mampu membangkitkan kedekatan emosional dengan masyarakat Asia Tenggara memang menjadi tantangan yang harus dihadapi bagi para brand global yang ingin sukses memasarkan produk atau layanannya di pasar lokal. Tidak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengan digital marketing agency lokal yang tentunya memiliki knowledge mengenai keanekaragaman budaya lokal dan cara mengintegrasikannya di dalam usaha brand building Anda.

IDEOWORKS merupakan agensi pemasaran digital asal Indonesia yang mampu membantu Anda dalam memaksimalkan usaha brand building agar brand Anda dapat dikenal dan meninggalkan kesan yang bermakna di hati konsumen lokal. Tim ahli di dalam agensi ini akan memberikan insight yang sangat berguna untuk mengembangkan brand Anda ke arah yang diinginkan. Jalin kerjasama dengan menghubungi kontak yang tertera sekarang juga.

Tags

Further Reading: