Articles

08 June 2020

10 Langkah untuk Bangkit dari Krisis Bisnis

Dengan krisis di seluruh dunia selama beberapa bulan terakhir, pendapatan bisnis dalam kerugian sehingga spending lebih sedikit. Namun, harapan akan menjadi lebih baik memotivasi bisnis untuk terus berjalan.

Satu tugas besar yang bisa Anda mulai kerjakan adalah digital marketing. Sisanya, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengganti kerugian yang disebabkan oleh masa lockdown atau social distancing?

Mari cari tahu.

1. Beradaptasi dengan Perilaku Social Distancing Pelanggan

Selama masa lockdown, ada dua kategori orang:

  • Mereka yang tinggal di rumah.
  • Pekerja penting yang menempatkan diri dalam bahaya.

Hanya dari kategori ini, Anda bisa menangkap simpulan apa yang dibutuhkan kedua tipe masing-masing. Dengan persona pelanggan yang terperinci, Anda dapat memperoleh lebih banyak insights tentang keinginan mereka.

Satu demi satu, negara-negara mencabut status lockdown. Namun, masih terlalu dini untuk menganggap krisis sudah berakhir. Kami bukannya mengajak pesimis, tapi mari bermain aman dan anggap tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Bagaimana ini akan mempengaruhi pekerjaan Anda?

Jika Anda menjalankan toko e-commerce, pastikan stok Anda selalu tersedia. Hampir semua orang berbelanja online sekarang. Jadi, pantau stok Anda sebelum kosong.

Jika pekerjaan Anda melibatkan pengajaran, misalnya instruktur fitness, Anda mungkin memerlukan peralatan untuk merekam video dan software video editing. Mungkin juga Anda perlu mengunggahnya di YouTube atau situs lain pilihan Anda.

Simpulannya, persiapkan semua yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda di rumah.

2. Tinjau kembali Strategi Spending Anda

Bagaimana menghindari kebangkrutan ketika karantina meredam bisnis? Salah satu caranya adalah dengan memikirkan kembali pengaturan anggaran. Bagaimana bisa memotong biaya dan menghabiskan lebih sedikit dari biasanya?

  • Habiskan lebih sedikit untuk iklan.
  • Lipat gandakan promosi gratis.
  • Hentikan kegiatan yang tidak menghasilkan keuntungan.
  • Gunakan kembali konten lama dan viral yang masih bermanfaat.

Cara lain adalah membuat diri Anda lebih 'murah' dan lebih menarik bagi pelanggan melalui diskon dan penawaran khusus.

3. Jangkau Pasar Internasional

Banyak negara memiliki pasar yang lebih optimis daripada yang lain selama krisis. Peluang terbaik Anda untuk bertahan mungkin menjual ke pasar yang spend more. Bagian yang sulit adalah menemukan tempat-tempat dengan demand tinggi.

Namun, itu mudah dilakukan dengan SEO.

Buka Google Trends

Masukkan istilah yang menggambarkan produk Anda. Dari Google Trends, periksa bagaimana trennya menurut wilayah, dalam skala dari 0 hingga 100. Negara-negara dengan jumlah tinggi akan menjadi kandidat yang baik

Bagaimana dengan traffic dari situs web yang sudah didapatkan selama ini? Ada baiknya memeriksa sumber mana yang dapat dibuat lebih baik dengan SEO yang tepat lokasi. Anda dapat menemukan data ini di Google Analytics. Setelah memutuskan negara mana yang akan ditargetkan, Anda perlu bermitra dengan seseorang yang tinggal di sana untuk membantu Anda menerjemahkan konten.

4. Temukan Tools untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja Anda

Moto kesuksesan yang terkenal adalah "work smart, not work hard."

Jika dapat menemukan cara untuk menghasilkan hasil dengan lebih sedikit usaha dan dalam waktu yang lebih singkat, Anda akan memiliki lebih banyak untuk diberikan pada tugas lain.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan software yang dapat membantu Anda melakukan pekerjaan Anda lebih cepat atau bahkan mengautomatisasi sepenuhnya.

Kemungkinan besar ada banyak pilihan tools untuk niche pasar Anda. Bantu memilih yang terbaik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

  • Toolsapa yang saat ini Anda gunakan?
  • Apakah ada alternatif yang unggul? Jika harganya lebih mahal daripada yang Anda gunakan, apakah laba akan sepadan?
  • Apakah proses kerja Anda memiliki langkah-langkah yang tidak Anda lakukan dengan tool? Jika ada, bisakah sebenarnya menggunakan tools?
  • Bisakah Anda mengubah langkah apa pun dalam proses kerja Anda untuk menghasilkan hasil yang lebih baik, dengan menggunakan tools?

Misalnya, memeriksa peringkat situs adalah langkah yang diperlukan untuk setiap bisnis online. Anda dapat melakukannya dengan tools dan membuatnya otomatis. Jadi, Anda hanya perlu membaca laporan.

5. Percepat Loading Situs Web Anda

Dari sudut pandang teknis, layanan online yang bagus adalah situs web yang fast-loading saat pelanggan menggunakannya.

Ada 2 hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk meningkatkan UX Anda:

  1. Temukan & Perbaiki Kesalahan Teknis

Tidak ada yang namanya kesalahan minor. Satu gambar yang broken saja dapat membuat halaman menjadi tidak berguna. Terutama bila Anda menggunakan gambar itu untuk menunjukkan produk Anda.

Biasakan untuk menjalankan audit teknis setidaknya sekali seminggu. Segera perbaiki kesalahan yang Anda temukan. Agar lebih teratur, instal tools audit untuk memindai situs web Anda secara otomatis.

  1. Jadikan Situs Anda Mobile-Friendly

Smartphone bersaing dengan PC desktop dalam mendapatkan traffic sehingga situs web Anda harus sepenuhnya kompatibel dengan semua jenis platform.

Praktik terbaik termasuk menerapkan desain responsif dan memaksimalkan kecepatan loading situs Anda. Periksa status mobile-friendly halaman situs Anda dengan tools digital marketing.

6. Jadikan User Experience (UX) di Situs Anda Lebih Mudah untuk Pengguna Baru

Pengalaman pengguna atau user experience lebih dari sekadar seberapa baik situs bekerja.  Faktor terpenting dari semuanya adalah kualitas layanan pelanggan.

Semakin dekat pengguna Anda ke bagian bawah sales funnel, semakin baik. Maka itu, situs web Anda perlu mengakomodasi pengunjung.

Apa yang dibutuhkan pelanggan potensial dari situs Anda?

  • Desain yang intuitif.Bagilah konten Anda menjadi bagian-bagian yang jelas. Artinya,  pengguna langsung mengetahui bagian ini  berarti apa dan di mana menemukan semua yang mereka butuhkan.
  • Jawab cepat. Tulis uraian teperinci tentang produk Anda. Sediakan sarana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, misalnya melalui live chatdan FAQ.
  • Sediakan banyak pilihan produk. Pelanggan suka pilihan. Jika Anda membangun situs e-commerce, pastikan untuk menampilkan produk lain di bagian "you might also like", "recently viewed", dan sebagainya.

Section Customers Who Bought This Item Also Bought - Best Buy (segmentify.com)
  • Informasi kontak Anda. Tampilkan di beranda Anda atau yang terpisah.
  • Testimonial jujur ​​tentang produk Anda. Anda bisa melihat bagaimana marketplacemendorong pembeli untuk meninggalkan ulasan di lapak penjual. Dengan maksud yang sama, permudahlah pengguna untuk meninggalkan komentar/feedback
  • Proses check-out sederhana. Semakin sedikit mengklik dan scroll, semakin baik.

7. Terapkan Fitur untuk Mengubah Pengguna Baru Menjadi Leads

Membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda tidak selalu cukup. Tetap proaktif dengan menggunakan fitur-fitur ini.

  • Memulai obrolan terlebih dahulu.
  • Widget panggilan balik.
  • Munculkan Exit-Intent Popup.
  • Cantumkan benefit sebelum Call to Action.
  • Kirim email dan pesan telepon kepada pengguna.

Retargeting untuk mengingatkan mereka tentang situs Anda.

8. Tingkatkan Google Ranking

Pertama-tama, periksa peringkat situs Anda untuk mengevaluasi situasi Anda saat ini.

Masukkan kata kunci Anda ke tool SEO analytic, seperti SEMrush, Ahrefs, atau WebCEO. Jika Anda mendominasi Google Page 1, bagus! Tapi jika tidak, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan page rank?

  1. Saring meta tag dan konten di situs Anda agar lebih cocok dan memuaskan maksud pencarian pengguna.
  2. Bangun backlinkdari situs berotoritas tinggi yang niche-nya relevan dengan Anda.
  3. Optimalkan struktur linkdi situs Anda untuk mengarahkan otoritas tautan, dari laman otoritas-tinggi ke laman otoritas-rendah. Gunakan tools yang memberikan analisis Page Authority.

Pemeringkatan situs terus berubah. Karena itu, cek peringkat situs Anda setidaknya sebulan sekali. Jika Anda melihat penurunan peringkat di salah satu kata kunci, cari tahu penyebabnya.

9. Optimalkan Pencarian Suara

Voice search berfungsi dengan baik saat belanja online.

Oleh karena itu, langkah pertama dalam SEO voice search adalah menggunakan pertanyaan dalam bahasa yang digunakan sehari-hari untuk mengoptimalkan situs Anda.

  • Pilih pertanyaan Anda dari longtail keyword dengan volume pencarian tinggi.
  • Sertakan FAQ di halaman produk Anda dan tulis jawaban mendetail.
  • Jika Anda memiliki tutorial dan instruksi step-by-step, tulislah dengan bullet listdan poin.
  • Gunakan data terstruktur untuk menentukan bagian konten Anda yang relevan dengan permintaan pengguna.

Perhatikan bahwa pencarian suara cenderung memilih hasil peringkat tertinggi. Semakin sukses halaman Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan dipilih.

10. Tingkatkan CTR Anda

Tahukah Anda, apa yang lebih baik daripada merebut posisi teratas sekaligus mengundang lebih banyak pengunjung? Jawabannya, membuat search snippet Anda menarik bagi target audiens.

Kunci untuk meningkatkan click-through rate Anda adalah menggunakan teks dan visual yang menarik perhatian. Namun, lain medium lain cara.

  • Snippet Google SERP. Batasi jumlah karakter dalam judul, deskripsi, dan URL search snippets Gunakan markup skema pada halaman Anda untuk menambahkan elemen baru ke snippets.
  • Media sosial.Jangan hanya posting teks. Tambahkan gambar dan video.  Selain itu, buat pengguna terlibat dengan Anda--ajukan pertanyaan atau pancing diskusi--dan balas komentar mereka.
  • Situs web Anda.Gunakan generator heat map untuk melihat apa yang dilakukan pengguna di halaman Anda. Jika mereka tidak scroll down cukup jauh atau mengabaikan CTA Anda, bisa jadi Anda perlu mendesain ulang halaman tersebut.

Selain itu, meningkatkan posisi peringkat halaman target akan sangat membantu mendapatkan lebih banyak klik.

Adapun yang harus dilakukan ketika meningkatkan CTR adalah periksa peringkat halaman di SERP #1 Google atas kata kunci pilihan Anda dan analisis mereka secara menyeluruh, termasuk search snippet-nya. Cari tahu apa yang membuat peringkat mereka sangat baik.

Untuk membangkitkan bisnis Anda dari kemerosotan, Anda harus tetap melihat kesempatan untuk memperdalam relasi dengan pelanggan Anda. Itu sebabnya IDEOWORKS.id menjadi advertising agency yang akan mengoptimalkan bisnis online Anda dan menghubungkan Anda kepada pelanggan potensial.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150