Preloader
2 woman looking at a phone

4 Tips Content Marketing Interaktif untuk Tingkatkan Engagement

Sistem interactive content terus berkembang dan menjadi salah satu strategi paling berpengaruh dalam content marketing. Dengan konsep ini, audiens dapat merasakan pengalaman yang lebih imersif, seolah berinteraksi langsung dengan brand layaknya komunikasi antar manusia. Dukungan teknologi digital yang semakin canggih turut mempercepat evolusi konten interaktif, memungkinkan brand menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan engaging.

Lantas, seperti apa cara membuat content yang bersifat interactive dan mampu meningkatkan engagement?

Audiens Menyukai Content yang Dapat Diakses di Semua Gadget

Untuk membuat interactive content, diperlukan banyak elemen yang mendukungnya, mulai dari desain website hingga content di dalamnya, semuanya juga harus responsif ketika audiens mengaksesnya. Konsep ini sebenarnya sudah diterapkan sejak dahulu dan bukan merupakan hal baru. 

Meski demikian, seiring perkembangan zaman dan teknologi, penting untuk disadari bahwa audiens masa kini sangat menyukai website dan content yang dapat diakses dengan nyaman di semua perangkat, yaitu laptop, tablet dan smartphone. Mereka memprioritaskan kenyamanan ini. 

Maka, apapun isi content tersebut, jika tampilannya nyaman, serta mudah diakses, audiens pasti akan menyukainya. Namun, lebih dari itu, untuk membuat interactive content, Anda perlu menggunakan ide-ide segar yang dapat menarik audiens untuk benar-benar berinteraksi dengan content Anda.

Mari kita lihat tips membuat interactive content berikut ini:

Tips Membuat Interactive Content untuk “Berbicara” dengan Audiens

Tidak hanya memperhatikan desain website, tapi untuk membuat content yang interactive sehingga dapat mengajak audiens untuk berinteraksi secara langsung, Anda juga dapat menerapkan beberapa ide content berikut ini:

  1. Memberikan Survei

Anda dapat memberikan survei interaktif sebagai cara efektif untuk mengumpulkan data konsumen sekaligus meningkatkan engagement. Buatlah pertanyaan yang personal dan relevan agar audiens lebih tertarik untuk berpartisipasi. Sebagai bentuk apresiasi, tawarkan reward menarik bagi mereka yang menyelesaikan survei hingga akhir. 

Ada banyak ide reward tersebut. Reward dapat berupa voucher belanja, diskon, kupon undian berhadiah dan masih banyak lagi. Pemberian reward menjadi bentuk apresiasi terhadap partisipan karena telah meluangkan waktunya yang berharga. 

Lebih dari itu, reward dapat menjadi motivasi audiens untuk ikut mengikuti survei. Ketika reward diberikan, maka besar kemungkinan partisipan akan merespon. Lantas, partisipan akan mengikuti survei dan menjawab pertanyaan hingga selesai. Dengan strategi ini, Anda tidak hanya mendapatkan insight berharga tentang audiens, tetapi juga membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka. 

  1. Mengadakan Campaign Game

Anda juga dapat mengadakan campaign melalui user-generated content. Caranya yaitu dengan memberikan game dan hadiah. Gamification dapat menjadi ide yang sangat menarik karena melibatkan elemen permainan game, seperti poin dan challenge sebagai contoh.

Pada dasarnya, tujuan campaign berupa game adalah menciptakan koneksi yang mendalam dengan audiens. Melalui game, Anda dapat mempromosikan brand dengan cara yang berbeda, tidak tradisional seperti sekadar menampilkan iklan saja.

Berdasarkan hasil studi yang disebutkan dalam Rhapsody Media, gamification adalah strategi yang efektif karena dapat menyentuh sisi psikologis manusia. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa campaign dengan cara memberikan game, dapat meningkatkan engagement dengan customer hingga 48%.

  1. Live Video untuk Berinteraksi

Saatnya menciptakan pengalaman interaktif bagi audiens dengan menghadirkan live video. Melalui live video, brand Anda dapat berkomunikasi secara real-time, membangun engagement lebih kuat, dan menciptakan hubungan yang lebih personal dengan audiens. Live video adalah strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan trust, brand awareness, dan keterlibatan audiens secara langsung

Jadwalkan waktu untuk live video di akun social media brand Anda. Untuk idenya, Anda dapat menampilkan barang yang sedang laris terjual, membuat demo untuk fitur produk, juga berinteraksi dengan customer secara real-time

Dengan begitu, Anda dapat menyampaikan pesan sekaligus promosi kepada audiens, dengan cara yang engaging melalui live video real-time. Sebab, audiens dapat langsung berkomentar, mengajukan pertanyaan dan mendapat jawabannya dari Anda.

  1. Membuat Decision Trees

Salah satu tips content marketing yang interaktif adalah membuat interactive video dengan decision trees. Konsepnya adalah role play dengan cara membuat video yang memuat content seperti bercerita, kemudian audiens menjadi user yang berperan sebagai tokoh utama dalam cerita tersebut.

Nanti user akan diberi pertanyaan dan pilihan jawaban dalam skema yang berbentuk seperti alur. Alur tersebut akan terus mengarah sampai ke hasil akhir, sesuai dengan setiap jawaban yang dipilih oleh user. Saat menyelesaikan decision trees, user juga dapat mengulang menjawab pertanyaan yang tadinya dijawab atau dipilih dengan salah.

Pada umumnya, decision trees memberikan pertanyaan hanya dengan dua pilihan jawaban, misalnya “ya dan tidak”, “setuju dan tidak setuju”, dan sebagainya. Setiap pilihan akan mengarah ke pertanyaan selanjutnya yang berbeda untuk tiap jawaban. Salah satu manfaat decision trees ini adalah mengklasifikasikan customer berdasarkan kategorinya, seperti umur, hobi, minat dan masih banyak lagi.

Pentingnya Storytelling untuk Menyentuh Emosi Audiens

Selain menggunakan jenis content yang tepat, salah satu poin yang paling penting dalam interactive content adalah storytelling. Storytelling dapat menjadi cara yang efektif untuk membuat audiens memahami pesan yang disampaikan, melalui teknologi interactive, khususnya dalam sebuah content

Storytelling berarti Anda menyampaikan ide dan pesan di dalam content dengan cara seperti bercerita. Content yang terkesan seperti bercerita, dapat membuat audiens merasa lebih emosional. Audiens ak

an terbawa suasana content tersebut dan melakukan aksi tindakan sesuai dengan apa yang diinstruksikan di dalam content.

Dapatkan Ide Interactive Content Bersama IDEOWORKS

Buat content interactive Anda sekarang juga bersama IDEOWORKS. Dapatkan ide-ide brilian untuk content marketing Anda sehingga menjadikannya efektif dalam menciptakan engagement dengan audiens. IDEOWORKS.id siap membantu Anda untuk mengoptimalkan content marketing brand Anda. Hubungi kontak yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tags

Further Reading: